Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Work Management System and Software
Yosifebi Ramadhani

Fitur-fitur Work Management System yang Bakal Jadi Tren

Yosifebi Ramadhani
Work Management System and Software

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Work Management System nggak hanya dibutuhkan untuk perusahaan berskala besar, usaha skala kecil juga harus punya software ini untuk menunjang percepatan kegiatan usaha.

Manajemen Faktur

Biarpun usaha online kalian masih tergolong mikro, penting banget loh punya sebuah Work Management System yang dapat mendukung aktifitas usaha. Kalau untuk usaha kecil tentunya gak perlu pakai software yang ruwet bin njelimet. Akan tetapi minimal harus mempunyai beberapa fitur penting, antara lain manajemen faktur.

Enaknya punya manajemen faktur, kalian gak usah repot lagi ngetik perincian barang, harga, dan lain-lain secara manual di program office karena fitur ini sudah memiliki templat dengan model yang bisa dipilih sesuai dengan bidang usahamu.

Fitur manajemen faktur yang terdapat pada Work Management System and Software dapat mengelola riwayat transaksi, dan yang lebih keren lagi kalian bisa mengirim faktur ke pelanggan lewat email karena sistem ini terintegrasi dengan email. Pelanggan juga bisa diingatkan tentang tagihan yang sudah jatuh tempo. You can say goodbye to courier!

Manajemen Biaya
Work Management System Software 1

Setiap biaya yang keluar untuk aktifitas usaha kalian wajib dicatat loh ya. Hal ini untuk memastikan biaya yang keluar sudah sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Daripada kalian berlelah-lelah menulis di buku catatan, gunakan Work Management System untuk mencatatnya.

Di fitur ini, kalian bisa membuat perencanaan, pembelanjaan, sampai analisa untung-ruginya. Mudah banget, belanja pun jadi lebih terencana, hemat, dan efisien kan? Umumnya lagi, software ini sudah berisi variabel lain misalnya manajemen waktu, sistem penggajian, hingga manajemen tenaga kerja. Kalau sudah begini, kalian bisa mengkategorikan biaya yang keluar, mengetahui besarnya biaya yang sudah dikeluarkan, dan melacak jumlah biaya yang belum terbayarkan.

Kalian harus tahu juga, kalau menggunakan fitur Work Management System and Software, kalian bisa banget memantau jumlah tenaga kerja yang sesungguhnya dibutuhkan. Kalau ternyata setelah dianalisa, usaha ini hanya butuh satu orang saja untuk melakukan kegiatan pengepakan dan pengiriman, pastinya gak perlu menggaji dua orang, bukan? Artinya kalian sudah melakukan penghematan dan efisiensi biaya tenaga kerja. Keren kan?

Pengelolaan Stok Barang
Work Management System Software 2

Kalau kalian mencatat stok secara manual, yakin deh pasti pernah ngerasain yang namanya kehilangan barang. Di daftar stok ada, tapi barangnya tak tampak secuil pun. Seluruh isi gudang sudah diubek-ubek, tetap saja gak ketemu. Setelah perang emosi, badan berpeluh-peluh, baru sadar kalo barang itu sudah laku dan lupa dicatat di kartu stok. Rasanya pingin ngunyah cabe rawit sekilo ya? Makanya kalian wajib menggunakan Work Management System untuk memudahkan pekerjaan.

(Baca juga: Manfaat Worker Management System Untuk Pelaku Usaha)

Fitur pengelolaan stok barang dalam software ini berguna untuk mendapatkan jumlah stok barang secara langsung karena datanya selalu up to date secara real time. Kalian bisa mengetahui stok barang tipe apa yang kosong.

Bukan cuma stok barang yang kosong, kalian bahkan bisa tahu barang apa yang paling cepat pergerakannya (fast-moving), lambat bergerak (slow-moving), bahkan nggak bergerak sama sekali (dead-stock). Informasi ini penting banget, supaya kalian bisa mengetahui arah pergerakan bisnis selanjutnya.

Manajemen Laporan Keuangan
Work Management System Software 3

Kalau kalian menggunakan software untuk mengerjakan laporan keuangan, tentu akan menghasilkan data yang lebih akurat. Apabila saat ini melakukan input, maka pada hari ini juga kalian sudah bisa mendapatkan laporan tentang posisi dana tunai yang dimiliki, posisi stok, hingga laporan untung ruginya.

Keuntungannya apa sih? Kalian langsung dapat menentukan strategi apa yang bisa dilakukan untuk langkah bisnis selanjutnya.

Kalian bisa mengatur penjadwalan laporan keuangan mulai dari harian, bulanan, hingga tahunan. Jadi kalian gak usah bolak-balik bikin laporan, karena setiap data yang diinput akan tersimpan dan terakumulasi dan ditampilkan sesuai waktu yang telah dijadwalkan.

Sangat praktis dan efisien ya? Maka dari itu, nggak ada ruginya kalau kalian mulai memikirkan penggunaan software untuk memudahkan pekerjaan.

Demikianlah ulasan mengenai Work Management System and Software yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kalian dalam menjalankan usaha. Ingat ya, disiplin dan taat pada administrative bisa ngebantu usaha kalian lebih berkembang lagi. Semangat.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555