Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
viral marketing
Taris Adani

Jangkau Pelanggan Lebih Luas dengan Viral Marketing

Taris Adani
viral marketing

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Di zaman sekarang sebuah bisnis apapun pasti membutuhkan strategi untuk memasarkan produk-produknya. Salah satunya dengan menggunakan strategi viral marketing yang sedang populer saat ini di kalangan pelaku bisnis.

Strategi pemasaran dengan metode tradisional mungkin juga bisa mendongkrak penjualan produk. 

Namun menggunakan perkembangan teknologi sebagai sarana strategi marketing juga tidak ada salahnya. Selain lebih mudah dan praktis, strategi viral marketing juga terbilang lebih efektif untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan.

Agar Anda mengetahui lebih banyak lagi tentang strategi pemasaran satu ini, Anda dapat menyimak penjelasan berikut hingga akhir!


Apa yang dimaksud dengan Viral Marketing?

Viral marketing merupakan strategi pemasaran dengan membuat sebuah iklan yang viral, tersebar lebih cepat dalam waktu yang singkat.

Berbeda dengan jenis strategi pemasaran lainnya, strategi ini mengandalkan para audiens sebagai penyebaran iklan ke orang lain. Strategi ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar saja. 

Tapi juga digunakan oleh perusahaan atau bisnis rintisan yang baru berkembang. Penyebaran yang cepat dan mudah membuat media sosial kerap kali digunakan sebagai media untuk menjalankan strategi pemasaran ini.

Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan media offline yang diantaranya seperti televisi, surat kabar, majalah, billboard dan lain-lain.


Baca juga: Bagaimana Cara Menganalisis Pasar dengan Benar?


Apa Kelebihan Viral Marketing?

Selain menawarkan kemudahan dan kepraktisan, strategi viral marketing memiliki kelebihan jika dibandingkan jenis strategi pemasaran lainnya. Berikut ini beberapa kelebihannya:

1. Dapat Menekan Anggaran Marketing

Menggunakan strategi pemasaran ini sangat menguntungkan untuk Anda, apalagi jika budget untuk beriklan yang dimiliki terbilang terbatas.

Namun pada dasarnya biaya dari strategi pemasaran ini berbeda-beda karena tergantung dari media yang digunakan dan jenis iklan yang dibuat.


2. Meningkatkan Kepopuleran Produk di Mata Masyarakat

Kebanyakan pelaku bisnis menyukai strategi ini karena mudah, praktis, hemat, dan cepat dalam mendongkrak suatu jenis produk. Dengan membuat konten iklan yang viral akan membuat produk Anda cepat dikenal oleh masyarakat.

Membuat konten iklan yang viral memang terasa gampang-gampang susah. Namun Anda dapat mempelajari terlebih dulu cara-cara membuat konten iklan yang dapat menarik perhatian masyarakat.


3. Berkesempatan diliput Berbagai Media

Jika konten iklan Anda berhasil viral di kalangan masyarakat. Pasti akan membuat para media dengan suka rela meliput konten Anda.

Hal ini menjadi kesempatan bagus untuk mendongkrak popularitas produk Anda tanpa perlu mengeluarkan anggaran tambahan untuk masuk di pemberitaan media.


Bagaimana Cara Kerja Viral Marketing?

Jika Anda masih bingung dan tidak mengerti cara kerja dari strategi pemasaran ini. Jadi hal pertama yang dikerjakan yaitu membuat konten iklan yang menarik entah itu lucu atau memiliki pesan khusus yang dapat menarik perhatian audiens.

Dengan rasa ketertarikan yang dirasakan oleh audiens tersebut membuat mereka ingin menyebarkan atau membagikan konten iklan Anda ke teman, kerabat, atau pengikut media sosialnya. 

Hal tersebut akan terjadi berulang-ulang ketika orang lain yang melihat konten iklan Anda yang disebarkan oleh audiens dan ingin membagikannya kembali ke banyak orang.

Dengan begitu konten iklan Anda akan menyebar luas dengan lebih cepat tanpa perlu menghabiskan banyak budget untuk memperluas promosi. 

Meskipun secara gambarannya strategi ini cukup mudah, namun dalam membuat konten iklan yang mengena di hati audiens akan terasa cukup sulit dan butuh proses yang panjang dan tidak serta merta terjadi begitu saja.

Jadi hal utama yang menjadi kunci utamanya yaitu konten iklan yang menarik perhatian banyak audiens.


Baca juga: Strategi Menarik Pelanggan dengan User Acquisition


Bagaimana Memaksimalkan Strategi Viral marketing?

Sebelum Anda merencanakan untuk menggunakan strategi pemasaran ini. Sebaiknya ketahui cara memaksimalkannya agar strategi ini dapat berjalan sesuai keinginan dengan cara berikut:

1. Tentukan Target Audiens dan Media yang Tepat

Tidak semua hal yang disengaja dapat menjadi viral tanpa melakukan usaha. Maka dari itu Anda harus melakukan berbagai usaha sebelum membuat konten iklan yang akan diviralkan.

Salah satunya dengan menentukan target audiens yang sesuai dengan produk dan konten Anda. 

Selain itu juga gunakan media yang tepat untuk membuat konten iklan tersebut menjadi viral. Saat banyak media yang dapat digunakan secara gratis diantaranya Instagram, Facebook, YouTube dan lain-lain.


2. Gunakan Tools Social Media Analytics

Untuk mengetahui konten seperti apa yang disukai oleh audiens, Anda perlu menggunakan tools social media analytics. Dengan begitu Anda dapat membuat konten yang memiliki banyak peminatnya.


3. Buatlah Konten dengan Kesan Emosional yang Berkualitas

Selanjutnya Anda perlu mencari ide konten yang menarik dengan menciptakan emosional yang kuat.

Buatlah konten tersebut saat dibaca atau ditonton dapat menimbulkan rasa senang, haru, kagum agar mereka tertarik membagikannya.


Itulah pengertian viral marketing dan penerapannya. Beberapa cara mengoptimalkan strategi viral marketing tersebut dapat Anda terapkan saat merencanakan menggunakan strategi ini.

Semoga penjelasan dan tips di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam membangun bisnis menjadi lebih berkembang.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555