tugas-dan-skill-staff-logistik
Sampingan Business

Pekerjaan Staff Logistik: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Sampingan Business
tugas-dan-skill-staff-logistik

Subscribe to our
newsletter!

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur lorem.

Sampingan — Berbicara mengenai manajemen logistik tentunya tidak terlepas dari pembahasan supply chain management (SCM). Penerapan supply chain management pada manajemen logistik memiliki dampak positif bagi perusahaan, yaitu meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan.

Kegiatan logistik yang dimaksud diantaranya adalah warehouse management atau pergudangan, distribusi barang, pengangkutan barang, hingga pengelolaan pesanan. 

Lantas, apa itu logistik dan staff logistik? Apa saja tugas staff logistik dan skill yang harus dimiliki? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Apa itu Pekerjaan Logistik dan Staff Logistik?

Saat ini penerapan ilmu logistik sangat dibutuhkan dalam kegiatan bisnis. Hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang semakin kompleks seperti produktivitas barang yang dihasilkan perusahaan hingga bagaimana penyalurannya dan penyimpanannya. Pengelolaan produk tersebut memerlukan penanganan khusus melalui manajemen dan distribusi logistik yang tepat.

Apa saja yang termasuk proses logistik? Tentunya dari segi fasilitas dan transportasi layanan yang masing-masing terdiri dari satu pabrik produksi dengan gudang yang terhubung dan juga target pasar tempat para konsumen berada. Dengan adanya proses logistik, penyampain barang dalam keadaan aman, jumlah yang sesuai serta waktu yang tepat dapat terlaksana dengan baik. Dengan demikian, barang bisa sampai pada lokasi yang dibutuhkan konsumen dengan jumlah biaya yang rendah.

Dapat dikatakan bahwa staff logistik adalah orang yang mengatur ketersediaan barang di perusahaan sampai barang sampai di tangan konsumen dengan baik di waktu yang tepat dan dengan biaya terendah.

Apa Tugas dan Peran Staff Logistik?

Staff logistik dikenal dengan pekerjaan yang berkaitan dengan keluar masuknya barang. Selain mengurus gudang, biasanya staff logistik bertugas untuk mengerjakan tugas lainnya sehingga pekerjaan ini cukup krusial untuk memenuhi permintaan pasar.

Berikut beberapa tugas dan peran staff logistik:

  1. Pendistribusian dan penyimpanan inventaris barang baik dari dan ke gudang
  2. Menentukan lokasi pergudangan
  3. Menentukan perencanaan sistem logistik perusahaan
  4. Pelaksana, pengendalian dan penyimpanan barang
  5. Pendistribusian produk sampai ke tangan konsumen
  6. Pelayanan dan juga informasi data inventaris gudang

Skill Apa yang Dibutuhkan Oleh Staff Logistik?

Seperti yang sudah dijelaskan, manajemen logistik sangat erat hubungannya dengan supply chain management sehingga peran staff logistik sangatlah vital. Setiap perusahaan pastinya mengandalkan manajemen logistik sehingga perpindahan barang bisa terlaksana dengan aman dan menguntungkan untuk bisnis. 

Oleh karena itu, staff logistik dibutuhkan dalam setiap perusahaan. Untuk skill apa saja yang dibutuhkan staff logistik juga tidak main-main karena pekerjaan ini membutuhkan kinerja yang baik.

Berikut beberapa skills yang dibutuhkan oleh staff logistik:

1. Skill Penyelesaian Perselisihan

Di dalam bisnis tentunya potensi perselisihan sangat besar, khususnya di sektor logistik. Hal ini dikarenakan diperlukan banyak pihak dalam pekerjaan tersebut. Sehingga sangat diperlukan staff logistik dengan kemampuan yang baik dalam menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi.

Kemampuan mediasi juga diperlukan. Selain itu keluwesan dalam bekerja sama dengan berbagai pihak seperti klien, tim legal hingga tim bisnis juga diperlukan. Dengan skill ini tentunya akan meminimalkan kerugian dan meningkatkan produktivitas logistik.

2. Perencanaan dan Eksekusi

Sektor logistik selalu dihantui dengan masa-masa sibuk. Oleh karena itu staff logistik memerlukan skill perencanaan yang kuat sehingga tetap bisa produktif di masa sibuk. Dengan skill tersebut, maka seorang staff logistik mengetahui tentang prioritas kerja dan manajemen kerja. 

3. Pengembangan Proses Kerja

Sektor logistik sangatlah dinamis, tuntutan didalamnya berubah-ubah seiring dengan beban kerja yang ada. Oleh karenanya, seorang staff logistik harus mampu mengembangkan proses kerja agar lebih efisien. Dengan begitu maka pelaku bisnis akan melihat bagaimana staff logistik mampu dalam skill penghematan biaya, produktivitas, dan kondusifnya proses kerja.

4. Pemodelan Transportasi

Logistik memerlukan transportasi yang efektif agar barang sampai di tangan konsumen dengan aman dan dengan biaya termurah. Staff logistik dituntut untuk merencanakan rute yang efisien sehingga hal ini akan mendukung efisiensi pekerjaan logistik.

5. Optimalisasi Tata Letak Gedung

Gudang sangat erat hubungannya dengan logistik karena berkaitan dengan penyimpanan barang. Seorang staff logistik dituntut untuk memilih tata letak gudang yang baik. Selain itu, pemodelan dan pemahaman alur kerja pergudangan juga diperlukan.

6. Penguasaan WMS

Dalam bisnis, teknologi juga tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Apalagi dalam sektor logistik, keberadaan Warehouse Management System merupakan suatu bentuk nyata. Oleh karena itu, staff logistik harus menguasainya.

WMS memudahkan pengelolaan barang di gudang, melacak stok, mengetahui posisi barang dan lainnya. Hal ini akan membantu proses logistik secara maksimal.

Digital Staffing Platform Sampingan Sebagai Solusi Staff Logistik Perusahaan

Apabila perusahaan Anda bergerak di bidang produk, tentu Anda akan membutuhkan bantuan para pekerja gudang ataupun staf logistik guna memastikan proses pencatatan inventaris dan hal-hal terkaitnya berjalan dengan lancar. Namun, untuk menemukan pekerja yang tepat dan cekatan terbilang cukup sulit pada saat ini.

Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, Sampingan Business hadir dengan Digital Staffing Platform-nya. Melalui Digital Staffing Platform Sampingan, perusahaan Anda dapat memiliki staff logistik andal yang telah dilatih dan diseleksi secara ketat.

Tak hanya itu, melalui layanan yang tersedia di Sampingan Business, Anda juga dapat memantau performa pekerja mulai dari absensinya hingga sistem penggajian untuk pekerja.

Dapatkan informasi lebih lanjut seputar layanan Digital Staffing Platform dengan berbicara langsung dengan tim kami di link ini.

Baca juga: Serba Serbi Manajemen Logistik Pada Perusahaan

LIKE

[wp_ulike]

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
[Sassy_Social_Share]
Views
Likes

Tags:

You may also like

Ready to enhance your staffing?

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.