Industry-fnb-jobtype-pi04wxoexl4lt3o0c815dqg6ud4lp8jmkfjh82uy0q
Ramadhika Tetuko Putro

Part Time: Pengertian, Jenis-jenis, Tips Mencarinya, dan Perbedaannya dengan Full Time

Ramadhika Tetuko Putro
Industry-fnb-jobtype-pi04wxoexl4lt3o0c815dqg6ud4lp8jmkfjh82uy0q

Subscribe to our
newsletter!

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur lorem.

Mau mencari pendapatan tambahan tapi kamu masih kuliah atau sekolah? Nah, kamu bisa mencoba untuk kerja part time. Dalam dunia kerja memang banyak tipe pekerjaan, mulai dari pegawai tetap, pegawai kontrak, pekerja paruh waktu atau part time, hingga freelance. Sebenarnya seperti apa sih kerja part time itu? Yuk, simak pengertiannya, jenis-jenis pekerjaan, hingga tips mencari kerja part time berikut ini.

Apa itu part time?

Part time adalah salah satu jenis pekerjaan yang memiliki jam kerja fleksibel atau setengah dari jam kerja normal. Secara kontrak, pekerja part time umumnya bersifat sementara dan tidak memiliki kontrak kerja seperti karyawan tetap atau karyawan kontrak di kantor. Kamu bisa langsung membuat kesepakatan dengan orang atau perusahaan yang memberikan pekerjaan, misalnya terkait upah dan fasilitas yang mungkin akan didapatkan.

FYI, untuk upah atau gaji, biasanya gaji pekerja part time dihitung dengan harian atau gaji per hari dan diakumulasi berdasarkan jumlah hari pegawai tersebut bekerja.

Perbedaan part time dan full time

Secara umum, perbedaan antara part time dan full time terletak pada durasi jam kerja yang harus dilakukan. Pekerjaan part time biasanya tidak mengharuskan kamu untuk bekerja 9 to 5 seperti pekerjaan full time pada umumnya. Apabila pekerjaan full time menghabiskan waktu sekitar 40 jam per minggu atau 8 jam per hari di kantor, pekerja part time biasanya hanya membutuhkan sekitar 3-5 jam saja per hari.

Selain jam kerja, perbedaan lainnya adalah pada upah dan fasilitas yang diberikan. Ketentuannya dapat berbeda-beda tergantung perusahaan. Namun, karyawan part time biasanya mendapat upah sesuai jumlah jam kerja yang dijalani.

Jenis-jenis kerja part time

Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang dapat kamu lakukan secara part time. Berikut adalah beberapa referensinya.

1. Fotografer

Hobi fotografi? Bekerja sebagai part time fotografer juga bisa memberikan penghasilan yang tidak sedikit. Ada banyak pilihan fotografer yang bisa kamu coba, seperti fotografer pernikahan, studio, prewedding, ulang tahun, dan acara lainnya. Waktu bekerjanya pun bisa kamu sesuaikan dengan kesanggupan.

2. Penulis atau content writer

Punya kemampuan menulis? Ada banyak sekali situs atau website yang mau membayar hasil tulisanmu, lho. Bayaran yang bisa kamu dapatkan juga tidak sedikit. Terlebih jika kamu sudah memiliki portofolio yang bagus, per artikelnya bisa dihargai mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

3. Guru les

Menjadi guru les tidak hanya bisa dilakukan bagi yang sudah lulus kuliah saja, lho. Bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa juga bisa bekerja part time sebagai guru privat. Ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan, mulai dari menjadi guru privat musik, bahasa asing, pelajaran sekolah, guru ngaji, baca tulis, olahraga, dan sebagainya. Bayaran yang akan kamu dapatkan dihitung per jam, lho.

4. Desain grafis

Punya bakat desain atau menggambar? Gunakan bakat kamu ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari membuka jasa desain grafis. Kamu bisa mulai di beberapa platform online dan menempatkan portofolio sebagai contoh pekerjaan sekaligus keunggulan untuk menarik minat klien.

5. Barista

Bisnis kopi masih banyak diminati, terutama di kalangan anak muda. Tak heran, profesi barista pun semakin banyak dibutuhkan oleh berbagai kedai kopi. Apabila kamu punya pengetahuan tentang kopi dan ingin belajar menjadi barista handal, tak ada salahnya untuk melamar sebagai part time di kafe atau kedai kopi.

6. MC atau penyiar radio

Suka berbicara di depan orang? Nah, artinya kamu punya bakat menjadi MC atau penyiar radio, lho. Berbicara di depan umum memang tidak mudah dan kamu membutuhkan keterampilan khusus. Apabila kamu terbiasa untuk tampil di depan publik dan membawakan sebuah acara, kamu bisa bekerja sebagai part time MC atau penyiar radio.

7. Penerjemah

Tidak banyak orang yang menguasai banyak bahasa asing. Apabila kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, maka manfaatkan kemampuanmu ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai penerjemah.

Tips dan cara mencari kerja part time

Bagi kamu yang baru mencari pekerjaan part time, kamu bisa mulai dari melihat berbagai lowongan online di website pencarian kerja. Salah satu website yang terpercaya dan selalu update dengan lowongan terkini adalah Sampingan. Sampingan adalah perusahaan teknologi yang menyediakan suatu platform bagi para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasinya.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial pribadi seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga LinkedIn. Kamu bisa mulai meng-upload portofolio dan menawarkan jasamu sebagai pekerja part time.

LIKE

[wp_ulike]

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
[Sassy_Social_Share]
Views
Likes

Tags:

You may also like

Ready to enhance your staffing?

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.