Courier-Blog
Ramadhika Tetuko Putro

Tips dan Trik Menjadi Kurir Andal dan Tepercaya

Ramadhika Tetuko Putro
Courier-Blog

Subscribe to our
newsletter!

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur lorem.

Sampingan — Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, banyak sekali orang yang melakukan jual beli dengan memanfaatkan internet. Seperti berjualan di marketplace, Facebook dan Instagram. Oleh karena itu, jasa ekspedisi sangat dibutuhkan saat ini. Hal ini dikarenakan pengiriman akan jauh lebih mudah dengan menggunakan ekspedisi.

Profesi kurir terkesan mudah dilakukan dan sederhana, tetapi seorang kurir harus memiliki ketelitian dan banyak tenaga sehingga barang bisa sampai dengan aman di tangan konsumen. Berikut penjelasan apa itu kurir, tanggung jawab kurir hingga tips dan trik menjadi kurir yang terpercaya.

Apa Itu Kurir?

Kurir adalah orang yang bertugas mengirim barang secara langsung. Pekerjaan kurir sendiri sudah ada sejak jaman dahulu, di mana ada orang yang bertugas menyampaikan pesan atau barang. 

Bagi masyarakat Indonesia, kurir adalah pekerjaan untuk mengantarkan barang dan biasanya dilakukan dengan menggunakan sepeda, motor, atau mobil. Saat ini kurir menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati dikarenakan kebiasaan orang untuk belanja online semakin meningkat.

Pekerjaan kurir juga memiliki banyak keuntungan, salah satunya bekerja bisa jauh lebih fleksibel. Hal ini harus bersamaan dengan tanggung jawab dan tugas yang harus diselesaikan oleh kurir itu sendiri.

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir

Meskipun banyak orang yang menganggap profesi kurir terkesan sederhana dan mudah dilakukan, profesi ini membutuhkan ketelitian dan tenaga sehingga barang bisa sampai tujuan dengan aman. 

Pekerjaan kurir dimulai dari mengambil paket yang masuk, ke kantor, dan mengantarkannya ke penerima. Lalu seorang kurir harus memastikan bahwa konsumen menerima pesanannya tepat waktu, mengecek data dengan dokumen yang disediakan terhadap paket dan lainnya. Berikut tugas dan tanggung jawab menjadi kurir:

  1. Melakukan pengiriman barang ke alamat penerima yang sudah tercatat
  2. Melakukan pendataan status pengiriman barang agar bisa dipantau oleh konsumen dan penjual
  3. Memastikan barang dalam keadaan aman hingga sampai di tempat tujuan
  4. Menjalankan pengiriman sesuai SOP perusahaan
  5. Menjaga data pengirim dan juga penerima barang
  6. Menerima pembayaran dan transaksi COD
  7. Menyetorkan data dan laporan rekap pengiriman kepada perusahaan

Tips dan Trik Menjadi Kurir yang Terpercaya

Seperti yang sudah dijelaskan, profesi kurir membutuhkan skill ketelitian yang tinggi dan tenaga yang banyak. Nah, berikut beberapa kriteria untuk menjadi kurir:

1. Memahami peta dan familiar dengan banyak lokasi

Salah satu hal terpenting dalam profesi kurir adalah mampu membaca peta atau alamat. Selain itu, kurir harus menyukai aktivitas lapangan atau luar ruangan sehingga bekerja bisa lebih nyaman. Selain itu, seorang kurir harus mampu memahami informasi alamat tujuan dan familiar dengan banyak lokasi pada suatu wilayah kota sehingga mempermudah pekerjaan pengiriman.

2. Disiplin dan teliti

Kurir harus mampu menjalankan pekerjaan dengan optimal dan disiplin. Sifat disiplin seorang kurir sangat penting karena akan mempengaruhi produktivitas pengiriman dalam sehari. Jika kurir semakin disiplin, maka target akan tercapai dan barang yang dikirim semakin banyak dalam sehari.

3. Memiliki kendaraan pribadi

Menjadi kurir tentunya membutuhkan fasilitas penunjang, salah satunya kendaraan pribadi dan lengkap dengan surat-suratnya. Kendaraan yang kamu miliki harus selalu dalam keadaan siap digunakan dan performanya juga baik sehingga tidak menghambat proses pengiriman barang.

Nah, apa tips untuk menjadi kurir yang terpercaya dan sukses? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Ramah

Seorang kurir harus memiliki sikap yang ramah walaupun lelah seharian menguras tenaga untuk mengirimkan banyak paket. Hal ini adalah hal utama yang harus dilakukan oleh kurir. Biasanya sikap ramah sudah masuk dalam SOP perusahaan terkait ketika bertemu dengan penerima barang. Sikap ini diantaranya ada murah senyum dan sopan saat menyerahkan barang pada penerima.

2. Teliti

Sifat teliti juga harus dimiliki oleh kurir karena dengan begitu, kurir bisa memastikan barang sampai pada penerima yang tepat, baik dengan cara menanyakan nama penerima dengan raman dan sopan. Selain itu, sikap ini juga sangat berguna ketika kurir melakukan pengiriman barang COD. Kurir harus memastikan uang yang dibayarkan pembeli sudah tepat dan sesuai dengan struk dan label pengiriman.

3. Jujur

Sifat lainnya yang harus dimiliki oleh kurir adalah jujur. Kurir harus mengedepankan sikap profesional, jujur dan service oriented. Kurir yang jujur akan memastikan barang yang dibawa sampai pada penerima dalam kondisi aman.

4. Tanggung jawab

Sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan akan membuat seorang kurir lebih mudah dalam menjalankan tugas sebagai kurir yang profesional. Sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan akan membantu dalam menyelesaikan banyak target dengan lebih efektif.

5. Cekatan

Menjalani profesi kurir dibutuhkan sikap cekatan dan menghargai waktu. Biasanya profesi kurir terdapat shift atau jam kerja 8 hingga 10 jam setiap harinya. Oleh karena itu seorang kurir harus mengoptimalkan jam kerja yang tersedia untuk mengirimkan barang-barang pada penerima dengan aman.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai apa itu kurir dan beberapa tugas dan tanggung jawab sebagai kurir.

Jika tertarik untuk mencari pekerjaan kurir, kamu bisa download aplikasi Sampingan. Lewat aplikasi Sampingan, kamu dapat mencari berbagai jenis pekerjaan dengan pilihan lokasi sesuai dengan preferensi dan langsung melamar ke pekerjaan tersebut. Tidak hanya pekerjaan part time, Sampingan juga menawarkan pekerjaan full time. Semua lowongan pekerjaan yang tersedia di aplikasi Sampingan telah diverifikasi oleh tim Sampingan. Lebih dari 1 juta pencari kerja di Indonesia sudah menggunakan aplikasi Sampingan. Download aplikasi Sampingan di Google Play Store lewat link ini.

Baca juga: Perlukah Melakukan Alih Daya Pengiriman?

LIKE

[wp_ulike]

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
[Sassy_Social_Share]
Views
Likes

Tags:

You may also like

Ready to enhance your staffing?

Rectangle 27

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.