Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
sampingan-black-logotype
Tips Dalam Menjalankan Visual Merchandising
Taris Adani

Tips Dalam Menjalankan Visual Merchandising

Taris Adani
Tips Dalam Menjalankan Visual Merchandising

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Visual merchandising terbukti penting dalam menarik perhatian pelanggan. Dengan tampilan yang menarik, retail bisa membuat konsumen membelanjakan uang di toko.

Tidak mengherankan, banyak retail yang ingin menerapkan visual merchandising. Namun, menjalankannya tanpa pemahaman mengenai cara melakukannya dengan tepat juga akan salah. Oleh sebab itu, tahu persis langkah-langkah dalam visual merchandising akan berguna.

Berikut ini beberapa tips mudah dalam menjalankan visual merchandising.

Atur Sesuai Pelanggan

Esensi visual merchandising ialah merata produk atau tampilannya secara artistik untuk menarik perhatian pelanggan. Namun, agar tidak hanya indah secara visual tapi kurang efektif, peretail harus mengaturnya sesuai dengan karakter pelanggannya.

Coba posisikan diri sebagai pelanggan. Bayangkan apa yang diinginkan dalam tata letak ataupun tampilan produk yang diinginkan. Lalu terapkan dalam perencanaan visual merchandising. Sebagai contoh, jika pelanggannya adalah kaum muda, tampilan dan penataan produk yang dinamis dengan warna cerah akan lebih relevan.

Oleh sebab itu, awali visual merchandising dengan pemahaman yang tepat mengenai pelanggan. Kenali dan temukan kebiasaan serta kegemarannya. Beranjak dari situlah, penataan toko dan tampilannya bisa dilakukan dengan baik.

Buat Presentasi Produk yang Menarik

Presentasi produk sering menjadi penentu keputusan berbelanja. Produk dengan tampilan yang menarik akan lebih berpeluang dibeli dibanding yang tidak. Oleh karenanya, pastikan presentasi produk dirancang semenarik mungkin.

Optimalkan penggunaan warna, foto, maupun grafis yang tepat. Hal ini bisa dijalankan dengan diskusi antara tim kreatif dan tim pemasaran untuk menghadirkan presentasi produk yang paling cocok untuk pelanggan.

Tata Ruangan Untuk Memaksimalkan Tampilan Produk

Visual merchandising tidak bisa lepas dari penataan ruangan toko. Atur sedemikian rupa untuk memaksimalkan tampilan produk supaya mampu menarik perhatian pelanggan.

Prinsip pertama dalam menata ruangan yang baik diawali dari pemberian fokus ke salah satu produk unggulan. Maka, perlu sekali dilakukan pembuatan daftar produknya sesuai tingkat prioritas dan berbagai kategori yang sudah dipertimbangkan.  

Berbekal data tersebut, tampilan produk maupun tata letak toko baru bisa ditata. Sangat disarankan untuk menampilkan produk terbaik di bagian depan. Lalu, produk yang paling laku bisa ada di tengah toko. 

Selanjutnya pikirkan posisi produk secara mendalam. Silakan menatanya sesuai dengan konsep dan kegunaan produk. Misalnya jika produk berkelas premium, maka penatan desainnya juga harus menunjukkan kelas produk tersebut.

Disarankan pula untuk memaksimalkan pencahayaan, warna, maupun suasana toko. Jika ingin menonjolkan satu produk, sorotan cahaya ke sana yang lebih terang bisa menjadi cara. Lalu, deretan warna di sekitarnya pun mendukung agar produk tersebut terlihat yang utama.

Pastikan Tampilan Mampu Memberi Ajakan

Pastikan penataan tampilan atau desain mampu memberi ajakan. Tidak perlu dengan teks panjang, pelanggan seharusnya bisa tahu apa yang ditawarkan dari warna dan gambar saja.

Hal ini vital karena keputusan berbelanja yang dihadirkan pelanggan sangat cepat. Sejenak setelah melihat produk, bisa jadi mereka akan segera memutuskan untuk membelinya atau tidak.

Oleh sebab itu, kemampuan tampilan untuk bercerita sangat vital. Desainlah penampilan atau penataannya seperti sebuah ajakan. Di sini kreativitas sangat berperan. 

Pikirkan bagaimana panca indra pelanggan yang lain ikut tertarik. Bisa jadi elemen lain seperti suara, sentuhan, rasa, atau bahkan bau akan mampu menambah tampilan atau penataan semakin menarik. Kombinasikan hal-hal tersebut dengan cerdik. 

Misalnya lantunan musik yang disesuaikan dengan jenis produk yang dijual perlu diperdengarkan di toko. Hal itu bisa akan memberikan pengalaman pelanggan yang unik. 

Visual merchandising merupakan salah satu strategi pemasaran retail yang cukup efektif. Paham cara pelaksanaannya dengan tepat akan sangat mendukung perkembangan bisnis. Cobalah untuk menerapkannya dengan menghadirkan ide kreatif untuk memuaskan pelanggan.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555