Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
sales lapangan
Taris Adani

Target Marketing Ini Bisa dilakukan oleh Sales Lapangan

Taris Adani
sales lapangan

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Untuk menjadi sales lapangan yang handal, ada beberapa tips agar target dapat terpenuhi dengan baik.

Agar target bisa dipenuhi, ada beberapa hal yang perlu dilalui. Supaya tidak lama-lama lagi, yuk kita lihat bersama-sama apa saja yang dilakukan untuk mencapai target sales.


1. Melakukan Analisa Target Penjualan Produk 

Untuk melakukan analisa, ada beberapa hal penting  yang harus dianalisa untuk mencapai target, antara lain memastikan breakdown per outlet terlebih dahulu.

Apabila target belum mencapai, itu artinya anda memperoleh total target penjualan dalam satu gelondong atau periode. Jadi, lakukan breakdown setiap periode penjualan.

Breakdown sendiri terdiri dari dua tipe antara lain jenis per produk dalam satu unit (sku) dan satuan dalam rupiah atau value. Agar lebih mudah, anda buat saja data item produk berdasarkan riwayatnya. Tekan item produk per minggunya.

sampingan solutions


2. Konsentrasi pada Rata-Rata Pareto

Anda harus berfokus pada rata-rata kejadian penjualan dalam kurun waktu tertentu. Setiap target, anda harus menghitung target rata-rata pada pareto outlet atau produk. 

Agar klien dapat dicapai dengan mudah, ketahui pareto yang dirasa lebih fleksibel dan mudah. 

Pareto yang pertama biasanya melibatkan pengaturan drop size pada tim sales yang bertujuan menghabiskan periode barang di akhir. Kedua, pareto yang mengutamakan pada peningkatan promo.


Baca juga: How to Be a Remarkable Sales Promoter?


3. Memberikan Program Promo Khusus pada Mitra 

Agar mitra bisnis bisa melihat produk anda secara langsung, mengadakan event dan pameran merupakan solusi terpenting. Ini menjadi salah satu tanggung jawab seorang sales lapangan. Pamerkan semua jenis produk dan promo dalam event atau pameran. 

Apabila produk yang anda jalankan belum terlalu besar, tidak masalah. Anda bisa membuka lapak sederhana dengan menyewa tempat satu hari aja yang dirasa ramai.

Sebelum melakukan strategi seperti ini, rencanakan program pameran dengan baik mulai dari konsep tujuan sampai target. Jenis program promosi terdiri dari out store activities, trade promo dan consumer promo. 

Beberapa langkah untuk meningkatkan promosi antara lain dimulai dari mengoptimalkan program promosi, memastikan bahwa komunikasi yang disampaikan jelas dan transparan serta memberikan laporan secara ruitin tentang progress data.

Tujuannya adalah untuk mengevaluasi target mitra bisnis penjualan.


Baca juga: Ingin Merekrut Sales Manager? Pastikan Dia Punya 6 Skill Ini


4. Membuat List Target Mitra Bisnis Supaya Target Lebih Tepat Sasaran

Tanggung jawab seorang sales lapangan yang selanjutnya adalah membuat list target yang sesuai dengan target yang dituju. Untuk menggandeng lebih banyak mitra bisnis, anda perlu membuat jadwal target mitra. Dengan begitu, anda bisa mengembangkan strategi sales secara meluas.

Tidak sulit mencari mitra-mitra ini. Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa andalkan untuk mencari mitra bisnis dengan fitur survei. Selain itu, anda juga bisa mencari jasa lain untuk mencari mitra bisnis. 


5. Pastikan Melakukan Tanggung Jawab dengan Sebaik-Baiknya

Sebagai sales lapangan anda perlu tahu bahwa kewajiban seorang sales lapangan antara lain:

  • Melaksanakan penagihan pada mitra bisnis. Ini berlaku bagi anda yang ditugaskan mengendalikan piutang pada klien B2B yang sudah menjadi pelanggan tetap.

  • Mengumpulkan informasi tentang perusahaan kompetitor. Bukan untuk menjatuhkan kompetitor tetapi untuk melihat sisi keunggulan mana yang perlu ditonjolkan dari perusahaan dan jasa Anda.

  • Melakukan promo even diskon serta promo lain dalam bekerjasama dengan mitra bisnis.

  • Lebih mengenal informasi produk dengan baik. Anda harus tahu seberapa tahu keunggulan dan daya guna produk yang anda kembangkan.

  • Memperluas produk dengan mencari mitra sebanyak-banyaknya. Anda juga bisa pergi ke tempat atau mitra lain agar mendapatkan partner bisnis yang luas.

  • Memantau setiap mitra bisnis yang sudah tergabung.

Tanggung jawab itulah yang harus dipegang teguh bagi seorang sales.


Baca juga: Mengetahui Istilah Penting dalam Sales Report


6. Menjaga Hubungan Baik dengan Mitra Bisnis 

Yang terpenting adalah tetap menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis. Untuk membina hubungan mitra bisnis, anda juga dituntut menjaga etika sesuai dengan tanggung jawab seorang sales.

Selain menjaga kesopanan dalam membina hubungan dengan mitra, anda harus melakukan kerjasama sesuai dengan SOP yang berlaku. Setiap tugas dan kerjasama pasti memiliki sistem aturan sendiri-sendiri.

Nah, jika anda seorang sales, lakukan tugas yang sudah tertulis di atas agar target penjualanmu tercapai.


Maksimalkan Bisnis Anda dengan Customer Care Terbaik dari Sampingan

Peranaan sales memang penting bagi bisnis Anda. Tapi dengan Customer Care yang andal, setiap keluhan atau pertanyaan dari customer bisa ditangani dengan sangat baik.

Sehingga customer-pun menjadi loyal dan juga dapat meningkatkan customer engagement.

Jika bisnis Anda membutuhkan Customer Care yang mampu menangani masalah customer dengan baik, Hubungi Sampingan sekarang!

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555