Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
supply demand
Maria Britta

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Supply and Demand?

Maria Britta
supply demand

LIKE

+1

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Industri bisa muncul karena adanya demand atau permintaan barang dari para konsumen. Setelah ada demand atau permintaan maka harus ada proses penawaran yang sering kita sebut supply. 

Supply and demand telah menjadi faktor penting dalam keberlangsungan suatu industri. Supply and demand juga menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan produksi. 

Bagi pelaku industri yang melakukan metode produksi make to stock maka ini akan sangat penting untuk memperkirakan berapa jumlah demand dari konsumen agar tidak ada overstock. 

Overstock sendiri bisa menimbulkan masalah misalnya gudang yang penuh, biaya penyimpanan bertambah dan jika produk tidak bisa terjual semuanya maka akan merugi. 

Lalu apakah ada faktor yang mempengaruhi supply and demand ini? Kali ini kita akan bahas apa saja faktor yang mempengaruhi supply and demand.


Baca juga: Mengenal Supply Chain Management: Tujuan, Fungsi, dan Prosesnya


Supply and Demand

Sebelum membahas faktor apa saja yang bisa mempengaruhi supply and demand, kita akan membahas pengertian dari supply and demand ini. Interaksi antara supply and demand ini akan menentukan harga suatu barang. 

Supply (penawaran) adalah banyaknya barang yang tersedia dan bisa ditawarkan oleh para penjualnya di pasar tertentu pada periode tertentu serta dengan tingkat harga tertentu.

Dalam hukum penawaran semakin tinggi harganya maka jumlah barang yang ditawarkan itu semakin banyak. 

Sebaliknya kalau harga barang semakin rendah maka jumlah barangnya semakin sedikit yang ditawarkan.

Sedangkan pengertian demand (permintaan) adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen dengan tingkat harga tertentu dan di waktu tertentu.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Supply and Demand

Dalam dunia ekonomi supply and demand memiliki peran penting. Dengan tahu apa saja faktor yang mempengaruhi supply and demand ini sangat bermanfaat untuk memperkirakan naik atau turunnya harga barang tersebut. 

Dalam pembahasan ini akan dibahas apa saja faktor yang mempengaruhi supply dan apa yang mempengaruhi demand.

Yang pertama adalah faktor yang mempengaruhi supply antara lain:


a. Harga Produk yang Berkaitan

Adanya produk yang sifatnya mirip dengan produk lain terutama barang-barang yang bisa dijadikan alternatif sedikit banyak akan mempengaruhi jumlah supply di pasaran.

Jadi harga suatu produk yang makin mahal akan menambah supply dari barang yang berkaitan dengan barang yang harganya makin mahal itu.


b. Biaya Produksi

Besarnya jumlah produksi ditentukan oleh biaya produksinya. Mahalnya biaya produksi bisa menjadi tantangan bagi perusahaan produksinya dan itu bisa mengakibatkan supply barang itu makin sedikit.


c. Teknologi

Penggunaan mesin berteknologi tinggi bisa menjadikan biaya produksi semakin sedikit. Ini bisa meningkatkan hasil produksinya. Jumlah barang yang ditawarkan bisa makin banyak di harga tertentu.


Baca juga: Bagaimana Teknologi Dapat Membantu Kinerja Pergudangan?


d. Jumlah Produsen

Makin banyak jumlah produsen maka barang yang ditawarkan juga makin banyak. Sebaliknya jika produsen makin sedikit maka jumlah barang juga makin sedikit yang ditawarkan.


e. Faktor Alam

Alam menjadi faktor signifikan yang akan mempengaruhi supply pada sektor perikanan atau pertanian.

Misalnya saja karena iklim yang buruk petani padi banyak yang gagal panen. Ini akan mengakibatkan penawaran untuk jumlah berasnya juga berkurang.

Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhi supply maka selanjutnya faktor yang mempengaruhi demand (permintaan) diantaranya sebagai berikut:


f. Harga

Permintaan konsumen akan selalu bergantung kepada harganya. Di sini konsumen cenderung membatasi untuk membeli suatu barang jika harganya sudah sangat mahal.

Jika hal ini berlangsung lama bukan tidak mungkin konsumen akan lebih memilih barang pengganti yang harganya lebih murah.


Baca juga: 4 Manfaat SKU Penting untuk Pengusaha


g. Daya Beli Konsumen

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi demand adalah daya beli konsumen.

Tingkat pendapatan masyarakat akan menentukan daya belinya. Jadi semakin tinggi tingkat pendapatannya maka makin banyak pula permintaan barangnya. 


h. Selera Konsumen

Selanjutnya ada faktor selera konsumen yang bisa mempengaruhi demand suatu barang.

Ada kalanya konsumen merubah seleranya seiring naiknya pendapatan mereka.

Mereka yang pendapatannya tinggi akan lebih membeli barang dengan kualitas yang lebih baik daripada yang biasanya dibelinya. Ini akan sangat mempengaruhi permintaan suatu barang di pasaran.


i. Jumlah Konsumen

Meningkatnya jumlah permintaan suatu barang tidak berhubungan langsung dengan bertambahnya jumlah penduduk.

Tapi secara tidak langsung ini saling mempengaruhi karena dengan bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan akan suatu barang juga akan bertambah.

Ini nantinya akan meningkatkan permintaan suatu produk akan bertambah seiring naiknya daya beli masyarakat.


j. Ekspektasi di Masa Datang

Ekspektasi masyarakat akan kondisi di masa datang bisa mempengaruhi banyaknya permintaan barang.

Apalagi dalam momen tertentu. Mereka akan lebih memilih membelinya sekarang daripada membelinya di masa datang saat harganya menjadi makin mahal.

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai supply and demand mulai dari pengertian sampai faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Kepuasan konsumen bisa tercapai jika jumlah supply and demand sesuai di pasaran sehingga perusahaan bisa meningkatkan daya saing produknya serta menambah nilai jualnya.

Semoga dengan penjelasan mengenai supply and demand ini bisa menambah pengetahuan Anda.


Butuh Karyawan Gudang Full-Time maupun Part-Time?

Sampingan menyediakan karyawan gudang seperti kurir, driver, hingga packer/handler.

Tidak hanya itu saja,

Sampingan juga membantu Anda mendapatkan tenaga kerja andal seperti Customer Service, SPG/SPB, Barista, hingga Field Sales tersedia dan siap bekerja untuk Anda dalam waktu 24 jam.

Tertarik bekerja sama dengan Kami?

Hubungi Sampingan sekarang!

LIKE

+1

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
1 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555