Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
remarketing
Taris Adani

Efektivitas Remarketing untuk Meningkatkan Penjualan

Taris Adani
remarketing

LIKE

+3

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Bisnis harus dijalankan dengan serius, dalam suatu bisnis, salah satu strategi marketing yang banyak dilakukan dan ini penting untuk diterapkan adalah remarketing.

Remarketing ini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan penjualan terutama dalam online marketing. 

Kita mungkin pernah merasakan remarketing ini saat berselancar ke situs web, aplikasi atau e-commerce. Kita sering melihat iklan seperti dari situs web yang sudah pernah kita kunjungi sebelumnya. 

Pemasaran ulang ini tanpa kita sadari sering muncul loh kalau kita berselancar di dunia maya. Lalu apa sih sebenarnya remarketing itu dan bagaimana manfaatnya dalam meningkatkan penjualan dalam bisnis? 

Tenang saja karena kita akan membahas semuanya disini. Jadi jangan sampai terlewatkan ya pembahasan strategi ini.


Baca juga: 5 Cara Direct Mail Marketing dan Contohnya


Apa Itu Remarketing?

Menurut Google Ads help, remarketing adalah suatu strategi dalam bisnis agar orang-orang yang pernah mengunjungi sebuah situs web, e-commerce atau aplikasi tetap terhubung.

Sederhananya remarketing itu praktik menayangkan iklan di internet kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs web, aplikasi atau e-commerce kita. 

Ini jadi seperti perusahaan kita mengikuti orang-orang di internet dengan menayangkan iklan di platform yang paling sering dipakai. 

Contohnya saja kita sebagai user sedang mengunjungi situs web travel X lalu kita lanjut mengunjungi situs-situs web lainnya.

Kemudian tiba-tiba muncul iklan dari situs web X yang tadi sudah kita kunjungi. Nah inilah yang disebut dengan remarketing. 

Saat kita mengunjungi suatu situs kita aka nada cookie anonym di browser pengguna yang berfungsi untuk melacak kunjungan situs tanpa menyimpan info seperti nama dan alamat.

Saat kita beralih ke situs lain maka cookie akan memberi tahu platform iklan saat kita mengunjungi situs lain untuk menayangkan iklannya kembali.


Baca juga: Peranan Sales Marketing dalam Bisnis Online


Manfaat dan Efektivitas

Setelah kita tahu apa yang dimaksud dengan remarketing ini selanjutnya kita akan membahas apa saja manfaat yang didapatkan dan bagaimana efektivitasnya dalam meningkatkan penjualan.

Manfaat dasar dari remarketing sebenarnya untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. 

Tapi strategi ini juga mempunyai manfaat lain dalam bisnis. Apa saja manfaat remarketing itu? penjelasannya akan dibahas di bawah ini.


1. Meningkatkan Jangkauan Target Pelanggan

Manfaat remarketing yang pertama adalah meningkatkan jangkauan untuk target pelanggan. Biasanya banyak orang yang hanya melihat web kita dan langsung keluar begitu saja. 

User seperti ini akan masuk ke dalam daftar remarketing kita dan kita bisa menampilkan iklan web kepadanya.

Iklan juga bisa muncul saat user menelusuri istilah yang terkait dengan produk atau layanan kita di Google atau mesin telusur lainnya. Dengan strategi ini kita bahkan bisa menjangkau user dari seluruh dunia.


2. Meningkatkan Relasi dengan Konsumen

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan adalah meningkatkan relasi dengan konsumen. Rata-rata user yang berinteraksi dengan situs kita belum akan melakukan pembelian langsung. Bahkan kadang lupa apa nama brand kita. 

Nah kalau user target ini masuk dalam daftar remarketing kemudian menampilkan iklan kepadanya tentu ini akan menjadi prospek yang sangat berpotensi untuk melakukan pembelian karena dia seperti diingatkan kembali dengan brand kita.

Manfaat seperti ini sangat penting bagi branding produk kita.


3. Relevansi Iklan Meningkat

Manfaat selanjutnya dari remarketing adalah relevansi iklan meningkat. Jadi kita bisa memasang iklan yang berhubungan dengan apa yang diklik user di web kita.

Misalnya saat mengunjungi web kita, salah satu user klik sebuah produk X, maka nanti iklan yang muncul saat dia berselancar di dunia maya adalah iklan produk X itu.

Dengan munculnya iklan itu rasa ingin membelinya pasti akan muncul.


Baca juga: Kelebihan Menggunakan Viral Marketing


4. Menghemat Biaya Iklan Online

Dengan remarketing ternyata bisa menghemat biaya iklan online. Ini adalah cara yang sangat hemat biaya untuk menjangkau prospek yang memenuhi syarat.

Mirip dengan iklan bayar per klik (PPC), iklan bertarget ulang hanya dikenakan biaya jika pengguna mengklik iklan kita.

Dengan menggunakan remarketing sudah pasti kita ingin hasil yang maksimal. Nah agar strategi ini dilakukan dengan maksimal maka ada tipsnya.

Membatasi frekuensi yang akan dimunculkan kepada user adalah salah satu tipsnya. 

Dalam iklan sudah pasti ada pesan yang dimaksudkan untuk user. Jika terlalu sering memunculkan iklan malah bisa dianggap spam oleh user.

Jangan lupa juga untuk selalu melakukan analisis dengan tool analytics juga dalam menganalisis performa web kita. 

Dari analisis ini kita bisa tahu mana yang bisa dimaksimalkan untuk menjaring banyak pengunjung. Sehingga proses pemasaran menjadi lebih efektif dilakukan.

Manfaat ini menjadikan program periklanan yang di-remarketing sebagai komponen berharga dari program marketing apapun yang dijalankan oleh sebuah perusahaan.

Namun menyiapkan remarketing sendiri bisa sangat rumit dan membutuhkan spesifikasi lanjutan yang disesuaikan. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tampilan online dan program remarketing, kita memerlukan profesional berpengalaman dengan pemahaman mendalam tentang jaringan iklan online utama, seperti Google, jadi pastikan untuk menjalin kerjasama.

Remarketing memang menjadi sangat penting bagi usaha peningkatan penjualan.

Agar strategi ini maksimal tentu kita harus tahu mana yang perlu dimaksimalkan dan mana yang perlu dikurangi. Itulah penjelasan singkat mengenai remarketing beserta manfaatnya. 

Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan mengenai remarketing dalam menjalankan bisnis. Karena bisnis adalah satu hal yang membutuhkan kerjasama berbagai komponen.

Semua saling terkait agar bisnis menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Tak hanya itu, bisnis yang baik dan sehat juga didukung dengan proses remarketing yang berhasil.


Bisnis Anda Perlu Menaikkan Brand Awareness?

Gunakan Crowdsource Marketing Management dari Sampingan.

Kami akan menghubungkan Anda dengan orang yang tepat untuk membantu meningkatkan performance bisnis Anda.

Tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut? Hubungi Sampingan sekarang juga!

LIKE

+3

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
3 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555