Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
skill-yang-harus-dimiliki-sales-lapangan
Maria Britta

7 Skill Yang Harus Dimiliki Sales Lapangan, Sudahkah Anda Memilikinya?

Maria Britta
skill-yang-harus-dimiliki-sales-lapangan

LIKE

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Seorang sales lapangan memiliki target dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada para klien atau pelanggannya. Dan tentunya, agar target tersebut tercapai dengan sukses, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi.

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan seorang sales lapangan adalah skills atau kemampuan yang dimiliki.

Untuk mengetahui skills apa saja yang harus dimiliki oleh seorang sales, simak penjabarannya di bawah ini.

7 Skill yang Harus Dimiliki Sales Lapangan

1. Kemampuan membina komunikasi dengan baik

Membangun komunikasi yang baik antara sales dengan klien adalah hal yang sangat penting. Tak hanya komunikasi melalui obrolan, namun komunikasi dalam bentuk tulisan, iklan, dan juga obrolan melalui sosial media juga harus dibangun dengan baik.

Untuk mengetahui bentuk komunikasi seperti apa yang paling tepat dalam menjangkau klien, dapat Anda sesuaikan dengan tren perkembangan zaman ataupun kriteria klien Anda.

Yang pasti, selalu bangun komunikasi yang beriklim positif dan juga selalu mengedepankan profesionalisme.

2. Memberikan pelayanan yang terbaik

Seorang sales harus memastikan kebutuhan klien terpenuhi dengan baik, karena klien adalah prioritas penting untuk mencapai target.

Pastikan Anda selalu memberikan pelayanan yang terbaik serta memastikan apa yang diperlukan serta dibutuhkan oleh klien terpenuhi sesuai keinginannya. Meskipun klien Anda memiliki karakter yang berbeda-beda serta berasal dari latar yang beragam, selalu perlakukan klien dengan perilaku yang baik dan juga maksimal.

3. Kemampuan meninggalkan impresi yang baik

Hal pertama yang akan dilihat dari klien kepada seorang sales adalah kesan atau impresi yang ditinggalkan. Apakah sales tersebut berhasil menarik perhatian pelanggan atau tidak terlalu diingat.

Oleh karena itu, penting bagi seorang sales lapangan untuk menggaet calon klien dengan usaha yang terbaik sehingga dapat meninggalkan kesan yang membekas.

Dan tentunya, kesan yang ditinggalkan adalah kesan yang positif. Karena jika Anda sudah berhasil meninggalkan kesan yang positif, nantinya klien tersebut akan terus menaruh kepercayaan pada Anda dan juga mau menggunakan atau membeli produk serta jasa yang Anda tawarkan.

4. Tepat janji dan disiplin

Seorang sales memang bertugas untuk menarik perhatian calon pembeli atau klien agar mau menggunakan produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan. Namun jangan sampai dalam proses mempromosikan produk ataupun jasa tersebut, Anda malah terlalu mengobral janji palsu dan tidak dapat memenuhi kebutuhan klien nantinya.

Selain itu, ketika membuat janji dengan klien, pastikan Anda selalu on-time dan tidak ingkar janji. Tak hanya merugikan waktu yang telah diluangkan oleh klien, hal tersebut juga dapat merusak reputasi perusahaan Anda nantinya apabila Anda tidak dapat memenuhi janji dengan klien.

Maka dari itu setiap kali Anda telah menetapkan janji temu dengan klien, pastikan Anda selalu tepat waktu dan juga disiplin.

5. Mampu berpromosi secara wajar dan tidak berlebihan

Pernahkah Anda mendengar seorang sales yang mempromosikan sebuah produk dengan iming-iming yang tidak wajar? Seperti contoh, ia mengutarakan keunggulan sebuah barang secara berlebihan dan mengatakan produk tersebut berhasil terjual hingga 200 juta dalam sehari. Hal tersebut terdengar seperti omong kosong bukan?

Apabila Anda memposisikan diri sebagai seorang klien, Anda tentu akan merasa risih hingga jengkel mendengarnya. Oleh karena itu, ketika Anda mempromosikan sebuah barang ataupun jasa, pastikan kalimat promosi yang Anda gunakan memang sesuai dengan fakta dan tidak dilebih-lebihkan secara tidak wajar.

Dan hal penting lainnya, Anda tidak boleh menjatuhkan produk kompetitor ketika mencoba menyampaikan keunggulan dari produk perusahaan yang Anda promosikan.

Tetaplah bersikap profesional dan carilah cara terbaik dalam berpromosi yang baik dan juga menarik agar dapat menjual produk ataupun jasa yang ingin ditawarkan kepada klien.

6. Memiliki etika dan sopan santun yang baik

Tak hanya dalam cakupan pekerjaan seorang sales, memiliki etika dan sopan santun yang baik adalah suatu hal yang wajib dimiliki setiap orang dalam berbagai aspek kehidupan.

Memiliki etika yang baik berarti tau bagaimana caranya berperilaku yang baik sesuai dengan ketentuan norma sosial. Dan memiliki sopan santun, berarti mampu berkomunikasi secara sopan dan tidak menyakiti perasaan orang lain.

Kedua hal tersebut wajib Anda perhatikan ketika membangun hubungan dengan klien. Agar klien mau membangun hubungan profesional yang baik dengan Anda, pastikan Anda telah bersikap ramah dan bersahabat kepada klien tersebut.

7. Dapat menganalisa dan memahami keinginan klien

Yang terakhir, skill yang harus dimiliki sales lapangan adalah kemampuan menganalisa klien dan memahami hal apa yang dibutuhkannya.

Tidak semua orang mampu membaca karakter seseorang, dan apabila Anda mampu melakukannya, Anda akan dapat menjadi lebih mudah dalam melakukan pendekatan dan mengeksekusi strategi promosi terbaik yang akan diterapkan kepada seorang klien.

Sebagai contoh, Anda ingin menawarkan produk digital banking kepada orang-orang yang berkunjung di sebuah pusat perbelanjaan. Agar target Anda tepat sasaran, Anda perlu melihat terlebih dahulu apakah kira-kira orang yang ingin Anda datangi sesuai dengan target pasar produk digital banking tersebut. Jika sudah sesuai, Anda dapat melakukan pendekatan secara perlahan dan menjelaskan keunggulan dari produk tersebut yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan dari sasaran Anda.

Temukan Sales Lapangan Terbaik Melalui Sampingan

Dari tujuh skill yang harus dimiliki sales yang telah dipaparkan di atas, Anda tentu perlu memastikan apakah sales lapangan yang perusahaan Anda memiliki telah memiliki beberapa atau semua skills tersebut.

Untuk mempermudah Anda dalam menemukan sales lapangan yang sesuai, Anda bisa menemukannya melalui layanan Field Marketing Sampingan yang terdiri atas Merchandiser dan Sales Canvasser.

Mulai dari kebutuhan visual merchandising hingga survei lapangan, komunikasikan kebutuhan sales lapangan bisnis Anda kepada Sampingan.

LIKE

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

You may also like

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555