Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
sales promoter
Maria Britta

10 Skill Ini Wajib Dimiliki oleh Sales Promoter Kalau Mau Sukses

Maria Britta
sales promoter

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Sales promoter merupakan salah satu pekerjaan yang menjadi ujung tombak sukses tidaknya suatu produk atau jasa. Bahkan, termasuk dalam bekerja sama dengan mitra, agen atau klien B2B.


Sales Promoter Wajib Punya 10 Skill Ini

Agar strategi sales dapat tercapai dengan mudah, sepuluh skill ini wajib dimiliki bagi seorang promoter.

1. Memiliki Komunikasi yang Interaktif dengan Mitra atau Calon Mitra

Seorang sales promotor harus bisa berkomunikasi dengan baik dan interaktif. Bahkan, anda harus bisa membangun komunikasi yang menarik dengan mitra bisnis anda.

Sebagai seorang sales, anda juga harus paham dengan produk atau jasa yang anda kelola. 

Jadi, anda bisa mempresentasikan pada mitra anda. Tidak hanya produk saja, anda juga harus bisa mempresentasikan strategi dan metode bisnis yang akan digunakan.


Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Sales Management Ini


2. Mampu Menganalisa Prospek Bisnis

Anda juga harus bisa menganalisa prospek bisnis. Ini bisa anda lakukan dengan membuat format semacam analisis SWOT terlebih dahulu.

Analisis ini terdiri dari seperti apa kekuatan atau kelebihan produk (strength), kelemahan produk (weakness), kesempatan (opportunities) dan tindakan (treatment).

Buatlah format seperti ini untuk melihat sejauh mana selera mitra bisnis untuk bekerja sama dengan anda. 


3. Mampu Memperkirakan Target dari Analisa yang Didapatkan

Anda perlu tahu bahwa setiap hari anda perlu melakukan analisa. Setelah melakukan analisa, anda harus mempersiapkan perkiraan target selanjutnya.

Mitra apa saja yang perlu anda hubungi dan apa saja yang akan didiskusikan. Untuk mencari list mitra dengan mudah, pilih beberapa aplikasi terlebih dahulu.


Baca juga: Tipe-Tipe Sales Report untuk Usaha Retail


4. Mengetahui Teknologi Secara Sederhana

Teknologi menjadi hal penting yang harus dimiliki bagi seorang sales promotor. Salah skill teknologi yang harus dimiliki adalah kemampuan memecahkan kode, misalnya saja dalam membuat HTML.

Dengan sedikit ilmu programming yang anda miliki, anda bisa mengedit iklan anda mulai dari links dan juga gambar produk.


5. Memahami Ilmu tentang SEO

Mayoritas perusahaan dan bisnis di zaman sekarang telah menggunakan SEO. Ilmu-ilmu yang dipelajari dalam SEO antara lain seperti keyword, tagar (tags). Ini dapat mempengaruhi klien B2B untuk mencari informasi terkait tags pada website tertentu. 

SEO memang sangat diperlukan bagi setiap bisnis produk dan jasa. Untuk mencari SEO yang mudah, anda dapat gunakan aplikasi tertentu untuk menganalisa keyword mana yang paling banyak peminatnya.


6. Gigih untuk Terus Belajar 

Meskipun menjadi sales yang profesional, tetapi ilmu tidak akan pernah berhenti, Anda harus mau belajar terus-menerus karena ilmu bisnis akan berkembang terus-menerus sesuai zamannya.

Jangan pernah putus asa untuk belajar hal baru. Dengan bertemu banyak mitra, anda pasti juga akan belajar banyak bidang. Selain itu, anda juga bisa belajar berempati dengan latar belakang mitra bisnis yang berbeda-beda.


7. Memiliki Kemampuan dalam Menciptakan Sistem Otomatis

Ciptakan sistem secara otomatis dengan mitra bisnis. Agar bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan terstruktur, buatlah flowchart terlebih dahulu. Sebelum berkomunikasi dengan mitra, anda harus pandai memprediksi bagaimana selera mitra. 

Sistem otomatis juga bisa anda buat melalui email marketing, tag dan keyword sosial media serta caption yang menarik dalam konten Instagram.

8. Dapat Mengoperasikan Software yang Berkaitan dengan Dokumen Kerja

Selain dapat berkomunikasi baik secara langsung maupun online, anda juga harus tahu tentang bagaimana cara membuat dokumen kerja.

Untuk mendapatkan analisa data dengan mudah, anda juga harus dapat membuat tabel yang melibatkan tentang jenis produk yang dipromosikan, mitra bisnis mana yang akan dituju. 

Untuk membuat list mitra dan reseller, anda tak perlu susah payah. Banyak aplikasi yang menyediakan penggunaan fungsi seperti ini. 


9. Mengikuti Perkembangan Zaman

Sales promotor juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Tak dipungkiri bahwa peminta bisnis anda bisa saja datang dari kalangan remaja. Di zaman sekarang ini banyak anak muda yang menjajal alih profesi menjadi partner atau reseller dalam produk dan jasa.


10. Membuat Konten Semenarik dan Seunik Mungkin

Seperti halnya selebgram dan influencer, anda juga bisa memanfaatkan konten sebagai media sales anda. Manfaatkan semua aplikasi yang ada di ponsel pintar anda termasuk TikTok dan aplikasi lainnya.

Jangan terlalu formal! Anda bisa berikan selipan konten komedi, meme, dan info menghibur lainnya.

Yuk, mulai sekarang jadi sales promotor yang profesional.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555