serba-serbi-manajemen-logistik
Sampingan Business

Serba Serbi Manajemen Logistik Pada Perusahaan

Sampingan Business
serba-serbi-manajemen-logistik

Subscribe to our
newsletter!

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur lorem.

Sampingan — Berbicara mengenai bisnis, tentunya manajemen logistik menjadi salah satu hal yang harus diketahui. Pengertian manajemen logistik adalah sebuah penerapan pada berbagai prinsip manajemen dalam aktivitas logistik untuk menggerakan personil dan barang agar bisa dilakukan secara lebih efisien dan lebih efektif sehingga perusahaan skala kecil dan besar terus maju dan berkembang.

Dengan manajemen logistik yang baik maka semua proses perencanaan, pelaksanaan, dan berbagai informasi suatu titik konsumsi bisa memenuhi kebutuhan para konsumen. Kesimpulan mengenai manajemen logistik adalah semua aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan logistik sebuah bisnis.

Fungsi Manajemen Logistik

Manajemen logistik memiliki berbagai fungsi yang sangat penting untuk semua hal yang terjadi dalam bisnis. Berikut beberapa fungsi manajemen logistik dalam bisnis:

1. Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan

Dalam hal perencanaan dan pemenuhan kebutuhan, fungsi manajemen logistik adalah sebagai perencanaan dan penentu keperluan dari setiap program organisasi yang meliputi analisa produk, skala prioritas dan juga ketersediaan produk.

Aktivitas perencanaan juga harus memperhatikan anggaran yang disediakan oleh perusahaan, faktor ketersediaan dan juga kemudahan dalam mengakses suatu barang.

2. Fungsi Pengadaan

Fokus penting yang harus diperhatikan dalam manajemen logistik diantaranya adalah pengadaan barang. Jika terjadi ketidaksesuaian anggaran, nantinya akan mengalami kesulitan dalam mengubah perencanaan sehingga pihak manajemen logistik harus melakukan improvisasi dalam mengelola kegiatan logistik dengan perubahan budget yang terbatas.

3. Penganggaran

Salah satu fungsi penganggaran dalam manajemen logistik adalah untuk memastikan apakah kebutuhan pengadaan barang sudah sesuai dengan anggaran perusahaan. Jika tidak sesuai, maka harus dilakukan perubahan pada perencanaannya.

4. Penyimpanan dan Penyaluran

Fungsi lain manajemen logistik dalam menyimpan dan menyalurkan adalah mengetahui produk barang mana yang sudah diperoleh pada tempat yang memang sudah seharusnya. Sehingga barang tersebut bisa disalurkan ke pihak lain sesuai dengan SOP Perusahaan.

5. Pemeliharaan

Fungsi lainnya adalah pemeliharaan barang yang berguna untuk memastikan produk barang yang tersimpan aman dan tidak cepat rusak.

6. Penghapusan

Fungsi manajemen logistik lainnya adalah berupa aktivitas penghapusan untuk memisahkan barang yang sudah rusak atau tidak layak, memperbaikinya atau menggantinya dengan yang sesuai.

7. Pengendalian

Manajemen logistik berguna juga dalam pengendalian yang dilakukan oleh seorang manajer logistik dengan tujuan memastikan seluruh fungsi logistik bisa dilakukan sesuai harapan.

Manfaat Manajemen Logistik

Manajemen logistik yang baik dan teratur akan mendatangkan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan. Berikut beberapa manfaat manajemen logistik yang bisa Anda dapatkan:

1. Persediaan

Dengan manajemen logistik yang baik maka ketersediaan barang bisa diatur sehingga kegiatan operasional perusahaan bisa lancar.

2. Transportasi

Dalam aktivitas logistik diperlukan alat transportasi sehingga perusahaan dapat menerapkan manajemen logistik yang baik dan memastikan proses penyaluran barang berjalan dengan lancar.

3. Fasilitas

Fasilitas logistik sangat diperlukan agar semua aktivitas logistik berjalan lancar. Perusahaan dengan manajemen logistik yang baik mengetahui fasilitas yang diperlukan untuk mendukung aktivitasnya.

4. Layanan

Manajemen logistik yang baik akan memperhatikan layanan yang tidak hanya berfokus pada konsumen saja tetapi juga supplier.

5. Manajemen dan Administrasi

Dalam sebuah aktivitas manajemen tentunya harus didukung dengan administrasi sehingga setiap kegiatan bisa tercatat dengan baik dan teratur sehingga seluruh informasi bisa ditemukan dengan mudah.

6. Pemecahan Masalah

Dalam proses penyediaan barang pasti akan ada saja masalah, sehingga dengan manajemen logistik yang baik maka setiap masalah bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

7. Kepercayaan dari Konsumen

Kepercayaan konsumen akan dirasakan ketika perusahaan memberikan pelayanan yang baik, seperti dalam hal penyampaian informasi, ketepatan waktu dan pelayanan yang baik.

Apa Perbedaan Manajemen Aset dan Manajemen Logistik?

Manajemen aset adalah proses yang berkaitan dengan praktis teknis, keuangan dan juga manajemen. Jika dijabarkan, manajemen aset adalah pengambilan sebuah keputusan dan penerapannya harus sesuai dengan perolehan, penggunaan dan distribusi aset dalam perusahaan.

Tidak hanya itu, manajemen aset juga bertujuan untuk mempertahankan dan mengoperasikan aset secara ekonomi melalui akuisisi, pembuatan, operasi, pemeliharaan hingga penghapusan sehingga tujuan bisa tercapai.

Sedangkan manajemen logistik, bertujuan untuk membantu perusahaan mengurangi biaya dan meningkatkan layanan kepada pelanggan. Manajemen logistik tentunya sangat penting dalam Supply Chain Management yang digunakan dalam memenuhi permintaan pelanggan dalam proses perencanaan, keefisienan dan juga keefektifan aliran dan penyimpanan barang.

Nah, itulah beberapa pengertian mengenai manajemen logistik, manfaat dan juga fungsinya. Berbeda dengan manajemen aset, manajemen logistik lebih berfokus pada Supply Chain Management sehingga semua barang bisa terpenuhi dan sampai dengan baik untuk konsumen.

Meningkatkan Efektifitas Manajemen Logistik dengan Staf Logistik Berkualitas

Tentunya untuk memastikan manajemen logistik sesuai dengan yang sudah dijabarkan, diperlukan staf berkualitas dengan sistem staffing yang komprehensif. Untuk mengoptimalisasi pengelolaan staf gudang guna menunjang kelancaran manajemen logistik, perusahan dapat menggunakan platform Digital Staffing dari Sampingan Business. 

Dengan Sampingan Business, perusahaan Anda akan dipermudah dari segi pengelolaan staff baik itu staff logistik maupun staff gudang. Adapun pengelolaan yang dimaksud terdiri dari mengelola kinerja staff, absensi, dan juga penggajian pekerja sesuai dengan regulasi daerah.

Melalui Sampingan Business, perusahaan dapat menghemat waktu dan lebih fokus ke aspek lain seperti penyusunan strategi bisnis. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim Sampingan Business melalui link ini.

Baca juga: Tantangan Utama yang Sering Dihadapi Logistik

LIKE

[wp_ulike]

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
[Sassy_Social_Share]
Views
Likes

Tags:

You may also like

Ready to enhance your staffing?

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.