Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
sales-canvasser
Yosifebi Ramadhani

Apa Itu Sales Canvasser dan Perannya dalam Kesuksesan Bisnis

Yosifebi Ramadhani
sales-canvasser

LIKE

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Sampingan — Kesuksesan penjualan produk tidak terjadi dengan sendirinya. Pencapaian tersebut tentu dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah peran seorang sales canvasser.

Para pemilik bisnis kerap mengandalkan sales canvasser dalam meraup laba keuntungan melalui penjualan produk. Tentu, hal itu disebabkan oleh ranah kerja seorang sales canvasser yang berada di garda terdepan. Sederhananya, merekalah yang melakukan interaksi secara langsung dengan para konsumen dan menjadi salah satu entry point pemasukan suatu unit bisnis.

Sehingga kehadiran sales canvasser termasuk vital bagi para business owner.

Dengan mengenal lebih lanjut sales canvasser dan mengetahui cara kerja hingga skillset yang diperlukan, pemilik bisnis dapat lebih memberdayakan peran sales canvasser dalam meningkatkan performa penjualan produk.

Simak pembahasan selengkapnya mengenai sales canvasser berikut ini.

Pengertian Sales Canvasser

pengertian-sales-canvasser

Sales canvasser atau dikenal juga sebagai sales kanvas adalah seorang sales (penjual) yang bertugas untuk mengenalkan dan menawarkan produk kepada pelanggan/konsumen secara langsung. Singkatnya, orang tersebut memiliki tanggung jawab yang berorientasikan pada penjualan.

Tidak terbatas juga objek dagangnya pada produk barang—baik itu fast-moving consumer goods maupun slow moving consumer goods—saja, melainkan juga meluas ke bentuk jasa.

Berkembang dari sebuah teknik canvassing atau teknik penawaran langsung penjualan kepada pelanggan/konsumen, istilah sales canvasser mulai dikenal dan disukai banyak orang dalam topik kewirausahaan atau bisnis akan efektivitasnya.

Aktivitas yang dilakukan seorang sales canvasser memiliki efektivitas dalam mendekati calon pelanggan/konsumen karena adanya interaksi tatap muka dan terjalinnya komunikasi dua arah. Door-to-door atau kunjungan langsung ke pelanggan tanpa dijadwalkan janji temu menjadi cara umum pendekatannya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa sales canvasser melakukan kegiatan penjualannya di tempat publik, seperti mal atau area event tertentu.

Fungsi Sales Canvasser Untuk Bisnis

Sales canvasser memiliki peran yang tergolong signifikan dalam meningkatkan dan melancarkan penjualan.

Sebagai unit kerja garda terdepan, tugas utama sales canvasser, yakni bertindak dalam mengenalkan dan menawarkan produk kepada calon pelanggan/konsumen secara langsung. Memberikan informasi seputar produk yang dibutuhkan calon pelanggan/konsumen sampai dengan meyakinkan kebutuhan tersebut secara persuasif yang berakhir pada terjadinya transaksi jual-beli.

Tindakan tersebut pun tidak terbatas pada satu upaya saja. Apalagi mengingat era serba digital saat ini. Sales canvasser juga dapat melakukan pendekatan melalui berbagai media. Misalnya, email dan telepon.

Selain itu, fungsi sales canvasser pun termasuk dalam menjangkau lebih banyak pelanggan dan konsumen.

Cara Kerja Sales Canvasser

Langkah kerja seorang sales canvasser dapat bervariasi dan bisa saja akan munculnya temuan cara baru. Namun, biasanya langkah kerja sales kanvas disusun berdasarkan skema seperti berikut ini.

1. Perencanaan

Guna lebih memudahkan strategi penjualan canvassing yang tepat sasaran, penyaringan pasar dapat dijadikan langkah awalan.

Melihat lingkungan, memprediksi kebutuhan, dan memahami buyer persona calon pelanggan/konsumen perlu dilakukan, sehingga menghasilkan pasar yang tersegmentasi dan lebih memperbesar potensi penjualan.

2. Pendekatan dan Penawaran

Tahapan pendekatan dan penawaran akan mengawali proses jual-beli.

Hal ini pun bukan semata untuk mengenalkan produk jualan saja, tetapi juga dapat menjadi cara jitu untuk mengenal karakteristik calon pelanggan/konsumen.

Sementara itu, langkah penyaringan pasar yang telah dilakukan akan memudahkan pendekatan dan penawaran yang sesuai.

3. Penjualan

Proses jualan memang diharapkan untuk menarik transaksi jual-beli, sehingga meyakinkan pelanggan/konsumen atas kelebihan dan manfaat produk dapat meningkatkan efisiensi upaya penjualan yang dilakukan.

Setelah itu, sales canvasser perlu menutup penjualan dalam bentuk serah terima dan keperluan administrasi lainnya.

4. Penawaran Lebih Lanjut

Jika ingin meraih loyalitas pelanggan/konsumen, treatment berupa penawaran promosi dan informasi menarik lainnya dapat diberikan. Hal ini ampuh untuk mengundang transaksi kembali.

Tips Mendapatkan Sales Canvasser yang Berkualitas

Di dunia salesman, sales canvasser membutuhkan skillset atau keahlian tertentu. Pemilik bisnis pun harus menilik lebih teliti kandidat yang tepat untuk menempati posisi tersebut.

Secara general, pemilik bisnis dapat mempertimbangkan kemampuan komunikasi dan negosiasi, serta kecakapan kandidat dalam memahami produk.

Di sisi lain, dengan memahami identitas bisnis, mengenal produk secara mendalam, dan mengetahui segmentasi pasar, pemilik bisnis juga dapat lebih menyesuaikan kandidat yang diharapkan berdasarkan kriteria tertentu.

Tentu andil sales canvasser tidak hanya melakukan penjualan saja, namun juga dapat mengoptimalkan pencapaian tertinggi suatu bisnis.

Jasa Sales Canvasser dari Sampingan Business

Peran sales canvasser sangat penting untuk membantu penjualan. Namun, memilih dan merekrut sales canvasser yang andal dan berkualitas membutuhkan proses ketat. Agar waktu dan kapasitas bisnis Anda tidak termakan dengan proses perekrutan yang rumit, Anda juga dapat merekrut sales canvasser melalui mitra bisnis yang tepercaya.

Sampingan Business menawarkan jasa sales canvasser yang sudah melalui proses seleksi dan pelatihan yang ketat. Lewat Sampingan Business, Anda dapat merekrut dan memonitor kinerja sales canvasser untuk membantu meningkatkan bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim Sampingan Business di sini.

Baca juga: Kiat untuk Menghadirkan Sales Canvasser yang Sukses

LIKE

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555