Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Penyedia Layanan Market Research
Ryan Dwi Putra

Ingin Merasakan Jadi Penyedia Layanan Market Research? Simak Caranya!

Ryan Dwi Putra
Penyedia Layanan Market Research

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Penyedia Layanan Market Research kini jadi prospek usaha yang menggiurkan karena banyak perusahaan yang rela merogoh kocek jutaan rupiah menyewa jasa ini untuk melakukan riset pasar untuk kemajuan bisnisnya.

Penyedia Layanan Market Research, Apa Itu?

Penyedia Layanan Market Research 1

Setiap pebisnis pasti pengen punya usaha yang berkembang dengan baik dan mampu bertahan lama. Gimana sih sebuah bisnis bisa bertahan lama? Salah satu kuncinya ada pada kepuasan para pembeli.

Pembeli yang sudah merasa puas dengan produk yang dimiliki, tak usah diragukan lagi. Lantaran bakal balik lagi, dan lagi, sampai akhirnya menjadi pelanggan setia. Bisa jadi kelak pembeli itu akan merekomendasikan produk yang sudah dicobanya kepada teman yang lain. Kalo udah gini, tanpa perlu repot promosi, produk sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Supaya para pebisnis tahu produk apa yang paling diminati oleh pelanggan, biasanya melakukan riset pasar dengan menyewa perusahaan penyedia layanan market research. Perusahaan ini nih, yang nantinya akan melakukan riset tentang kondisi pasar yang berhubungan dengan produk sehingga kalian dapat mengetahui apakah produknya berhasil memenuhi harapan dan kebutuhan pasar.

Perhatikan 4 Hal ini untuk Jadi Penyedia Layanan Market Research

Penyedia Layanan Market Research 2

Jasa penyedia layanan market research sangat dibutuhkan, loh! Gak semua orang mampu melakukan riset pasar sendiri jadi biasanya mereka bersedia merogoh kocek jutaan rupiah untuk menyewa jasa dari perusahaan ini. Kalau kalian berminat untuk mendirikan usaha jasa yang berprospek cerah ini, maka wajib perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Penyedia Layanan Market Research Harus Punya Metode yang Up to Date

Kalau ingin menjalankan usaha jasa penyedia layanan market research maka kalian harus paham dan memiliki bermacam-macam metode riset pasar yang selalu up to date agar hasil risetnya akurat. Harusnya metode riset yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan klien. Kalian juga bisa mengkombinasikan beberapa model riset untuk mendapatkan hasil yang mendalam.

(Baca juga: Contoh Market Research Ini Dijamin Bikin Plan Usaha Sukses Kemudian Hari)

2. Penyedia Layanan Market Research Harus Punya Metode yang Beragam

Sebagai penyedia layanan market research kalian harus punya metode beragam yang dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan klien. Simak beberapa metode yang biasa digunakan untuk riset pasar:

3. Riset Langsung ke Target Pasar

Istilah kerennya adalah Riset Primer. Kalian melakukan riset ini dengan cara mengumpulkan data secara langsung dari target pasar untuk mengetahui kondisi pasar saat itu. Cara yang dilakukan untuk mendapatkan data adalah:

a. Melakukan Survei

Survei ini bisa dilakukan dengan memberi daftar pertanyaan kepada banyak orang. Kalian dapat memperoleh jumlah sampel yang lebih banyak sehingga mendapatkan data yang lebih beragam.

b. Melakukan Wawancara

Proses wawancara bisa kalian lakukan secara langsung alias bertatap muka, namun bisa juga melalui telepon, video call, atau sejenisnya.

c. Mengisi Kuisioner

Metode ini hampir sama dengan survei, hanya kalau survei ditujukan untuk mengambil sampel dari banyak orang, sedangkan kuesioner adalah metode riset dengan para pelanggan sebagai sampelnya.

d. Berdiskusi Secara Kelompok  

Sebagai peserta diskusinya kalian bisa mengambil sampel para pelanggan yang potensial. Tujuannya untuk mendapatkan feedback atas produk yang sedang diriset.

4. Riset Sekunder

Riset yang kalian lakukan berdasarkan data yang diperoleh dari laporan atau hasil publikasi yang sudah diterbitkan secara umum. Tujuan riset ini untuk analisa dari data yang sudah ada dan nantinya dijadikan pertimbangan untuk menentukan strategi pemasaran.

Penyedia Layanan Market Research, Laba Besar dengan Modal Minim

Penyedia Layanan Market Research 3

Tidak salah kalau kalian memilih untuk menggeluti bisnis di bidang riset pasar. Usaha jasa ini sedang booming seiring dengan pertumbuhan usaha di Indonesia yang terus mengalami peningkatan, baik usaha skala menengah maupun skala besar.

Kalian cuma butuh modal awal berupa kemampuan dan keahlian dalam mengolah data. Oh ya, jangan lupakan kebutuhan akan perangkat teknologi yang mumpuni untuk mengolah data. Selain dari dua hal tersebut, kalian tidak membutuhkan biaya operasional lain seperti transportasi dan akomodasi karena biaya-biaya tersebut dapat kalian masukan ke dalam kontrak kerjasama dengan klien.

Mau tahu berapa keuntungan sebagai penyedia layanan market research? Beberapa perusahaan mengaku memiliki omset hingga ratusan juta rupiah per bulan, dan memiliki keuntungan mencapai lima puluh persen dari omset yang didapat.

Luar biasa ya? Hanya dengan modal kecil, tapi memiliki prospek meraih untung yang sangat besar tentu sangat menarik minat. Segera persiapkan diri jika berminat untuk membuka usaha jasa ini. 

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555