Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Pemanfaatan Geotagging Untuk Absen Online
Aprilia Kasanah

Pemanfaatan Geotagging Untuk Absen Online

Aprilia Kasanah
Pemanfaatan Geotagging Untuk Absen Online

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Kini semakin banyak perusahaan yang menerapkan absen online. Namun, jika ingin hasilnya lebih optimal, tambahkan fitur geotagging yang bermanfaat untuk melihat lokasi absen secara akurat.

Absensi merupakan salah satu indikator kinerja karyawan yang vital. Perusahaan harus mampu memantaunya dengan baik demi objektivitas penilaian kerja karyawan. 

Namun, permasalahan muncul ketika banyak karyawan yang bekerja di luar kantor. Sebagai contoh tim penjualan yang harus menemui klien atau para pekerja lapangan yang berada di berbagai lokasi berbeda

.Jenis pekerjaan yang dijalankan tidak memungkinkan mereka untuk melakukan absen di kantor. Oleh sebab itu, absen online yang berbasis geotagging bisa diterapkan sebagai metode absensi.

Memahami Geotagging

Secara ringkas, geotagging merupakan proses menambahkan penandaan geografis ke dalam sebuah objek. Proses ini memudahkan untuk menemukan informasi mengenai sebuah lokasi tertentu.

Penerapan geotagging selama ini sudah lazim dipakai untuk banyak keperluan. Paling sederhana, lihatlah titik sebuah lokasi di peta online. Areanya sudah ditandai dengan penandaan lokasi yang berbasis geotagging sehingga bisa mudah ditemukan.

Sistem geotagging bekerja dengan Global Positioning System dan perhitungan lintang atau bujur sistem koordinat. Hal inilah yang menjadi dasar penentuan posisi lokasi yang akan ditandai.

Penggunaan Geotagging Untuk Absen Online

Penandaan lokasi itu akhirnya bisa diterapkan ke dalam absen online. Seseorang akhirnya bisa melakukan absen hanya di lokasi yang ditentukan. 

Katakanlah ada seorang karyawan sebuah toko yang menjadi cabang sebuah perusahaan. Dengan menggunakan absensi berbasis geotagging, ia bisa langsung melakukan absen di tokonya. 

Absen tersebut mampu memperlihatkan bahwa si karyawan memang sudah berada di toko. Hal ini dimungkinkan karena lokasi toko sudah ditandai sebelumnya. Sistemnya membuat absen di luar area tersebut tidak bisa dilakukan.

Berkat geotagging, akurasi absensi meningkat. Karyawan terbukti sudah ada di lokasi kerja ketika melakukan absen. Pemantauan karyawan pun kian optimal.

Manfaat Absen Online Geotagging

Kemampuan memastikan lokasi ketika melakukan absensi ternyata memberi manfaat yang sangat besar. Bukan hanya memperlihatkan titik lokasi karyawan berada, namun banyak aspek lain yang ikut terdukung. Inilah beberapa di antaranya:

  • Memastikan transparansi antara karyawan dan manajer.

Terdapat bukti nyata bahwa karyawan berada di lokasi tertentu pada satu waktu.

  • Melacak pergerakan karyawan dalam jam kerja.

Perusahaan bisa mengetahui mobilitas karyawan saat bekerja. Ini membantu dalam pengawasan. 

  • Mempermudah analisis waktu kerja di satu lokasi. 

Absen online geotagging bisa menghasilkan catatan waktu yang dihabiskan di satu titik. Ini dapat menjadi bahan analisis efektivitas kerja karyawan.

  • Menghilangkan kecurangan absen.

Menggunakan absen online geotagging meminimalkan kecurangan dalam absen. Sebab, karyawan hanya bisa absen di lokasi yang sudah ditandai.

Siapa yang Harus Memanfaatkan Absen Online Geotagging?

Absen online geotagging akan memberi keuntungan besar bagi perusahaan dengan karyawan yang harus bekerja di lapangan atau tersebar di berbagai lokasi berbeda. Mereka bisa melacak pergerakan karyawan pada jam kerja sebagai cara untuk memantau kinerja dan performa. 

Bukan hanya itu, perusahaan yang memerlukan akurasi lokasi karyawan saat bekerja di luar juga perlu untuk menggunakannya. Nanti karyawan tersebut bisa melakukan absen di lokasi yang telah didaftarkan. Secara otomatis, absensi tersebut akan terhubung dengan sistem perusahaan, sehingga pelacakan kian mudah. 

Absen online berbasis geotagging mampu menjadi solusi apik bagi perusahaan yang memiliki tenaga kerja di luar kantor. Menggunakannya akan menjamin akurasi absensi yang diperlukan untuk pemantauan kinerja.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555