panduan-manajemen-gudang
Sampingan Business

Panduan Manajemen Gudang untuk Bisnis Logistik

Sampingan Business
panduan-manajemen-gudang

Subscribe to our
newsletter!

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur lorem.

Sampingan — Manajemen gudang adalah pengelolaan dari berbagai aktivitas yang saling berhubungan untuk penyimpanan barang sementara. Manajemen gudang juga biasa dikenal dengan sebutan warehouse management.

Lancarnya manajemen gudang dapat mempengaruhi kelancaran operasi logistik dan bisnis secara keseluruhan. Untuk memastikan segala operasi tersebut berjalan dengan sempurna, berikut panduan manajemen gudang yang dapat berguna untuk bisnis logistik Anda.

Sistem Manajemen Gudang

Di dalam manajemen gudang, penyimpanan barang sementara di gudang terbagi menjadi tiga bagian. Ketiganya adalah penerimaan barang dari supplier, handling barang dan juga pengeluaran barang ke tujuan lokasi produksi. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait dengan sistem manajemen gudang, berikut penjelasan lebih rincinya:

1. Kegiatan Administrasi

Administrasi adalah salah satu kegiatan dalam manajemen gudang yang mengatur seluruh pengeluaran dan juga pemasukan dana dalam perusahaan. Dengan pencatatan tersebut tentunya akan memudahkan pengembangan perusahaan yang berkaitan dengan manajemen warehouse.

2. Penerimaan Barang

Kegiatan penerimaan barang ini diatur untuk memetakan besaran dana dari produk yang diperoleh oleh perusahaan.

3. Penyimpanan Barang

Barang yang sudah masuk dalam gudang harus tersimpan dengan aman dari bahaya apapun di dalam gedung.

4. Pengemasan Barang

Kegiatan pengemasan barang dilakukan agar barang sampai di tangan konsumen dengan aman dan dalam keadaan baik. 

5. Pengeluaran Barang

Barang yang sudah keluar dari warehouse harus tercatat dengan detail sehingga sistem pengeluaran barang tertib dan juga efisien. Hal ini berdampak pada pengelolaan di dalam warehouse yang mudah.

Contoh Manajemen Gudang yang Baik

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam manajemen logistik, tentunya diperlukan manajemen gudang yang baik. Berikut pelaksanaan manajemen gudang yang baik serta keuntungannya:

1. Budgeting yang tepat untuk perusahaan

Salah satu hal yang diperlukan dalam manajemen gudang adalah budgeting yang tepat sehingga menghindarkan pengeluaran yang tidak penting bagi perusahaan. Dengan manajemen gudang yang tepat, maka perusahaan akan langsung dapat mengelola kemungkinan besaran dana maksimal yang dibutuhkan selama proses produksi.

2. Manajemen gudang yang sesuai

Banyak perusahan besar yang sukses karena menggunakan manajemen gudang yang tepat. Tidak hanya mudah, manajemen gudang ini dijalankan dengan metode yang berkesinambungan sehingga perusahaan besar bisa bekerja sama.

3. Pengaturan dan perkembangan bisnis yang tepat

Keterampilan tim logistik dalam manajemen gudang sangat dibutuhkan. Manajemen gudang mendukung peran perusahaan agar bisa menjalankan perkembangan dan pengaturan bisnis yang baik melalui proses supply chain management yang tepat.

Memilih Sistem Manajemen Gudang yang Tepat

Salah satu sistem manajemen gudang adalah Warehouse Management System (WMS) yang sebagian besar berperan dalam proses pergudangan. Sistem WMS ini mengotomatisasikan dan mendigitalkan berbagai proses sehingga sangat memudahkan.

Dengan sistem yang otomatis tentunya perusahaan bisa memastikan semuanya agar lebih terorganisir, terlacak dan juga terdokumentasi dengan baik. WMS juga akan mengurangi human error sehingga pekerjaan jauh lebih optimal.

Nah, berikut ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dari sebuah sistem WMS:

  • Kemampuan organisir gudang: WMS akan membantu mempercepat penomoran, pelabelan, penyimpanan, pengambilan, hingga pengepakan dan proses pengiriman barang.
  • Integrasi barcode scanner: teknologi ini akan meminimalkan kebutuhan kertas dan memaksimalkan akurasi pengambilan dan pengepakan barang. Cukup menggunakan pemindai seluler dan kemudian diintegrasikan dengan barcode scanner.
  • Kemudahan dalam pengelolaan seluruh cabang gudang yang tersebar di berbagai lokasi.
  • Kemudahan dalam menggunakan WMS yang merupakan platform sederhana yang bisa dioperasikan dengan mudah oleh penggunanya.
  • Bisa integrasi dengan sistem otomatis lainnya sehingga memungkinkan perusahaan mengintegrasikannya dengan sistem lain untuk mencapai hasil yang maksimal.
  • Pelaporan yang real time sehingga bisa memudahkan setiap orang untuk melacak informasi saat itu juga dan mencatat berbagai aktivitas di gudang seperti keluar masuknya barang, persediaan barang dan lainnya.

Platform Pengaturan Tenaga Kerja Gudang dari Sampingan Business

Manajemen gudang melibatkan banyak komponen seperti operasional bisnis pada umumnya. Diperlukan staf-staf andal untuk memastikan aktivitas manajemen gudang berjalan dengan lancar.

Selain itu, diperlukan pula software yang user-friendly yang dapat membantu Anda mengatur staf-staf gudang, sehingga kelancaran manajemen gudang secara keseluruhan tetap terjaga. Dan Sampingan Business dapat mewujudkan hal tersebut.

Melalui Sampingan Business, Anda dapat merekrut staf gudang yang andal dan berpengalaman. Selain perekrutan, Anda juga dapat menggunakan platform Sampingan Business untuk mengelola kinerja, absensi, dan juga penggajian pekerja sesuai dengan regulasi daerah. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim Sampingan Business melalui link ini.

Nah, itulah panduan manajemen gudang yang kompleks dan memerlukan strategi serta implementasi solusi otomatis agar kegiatan logistik menjadi jauh lebih sederhana. Pada dasarnya manajemen logistik harus memiliki tata letak gudang yang baik, manajemen stok barang yang efisien, evaluasi performa gudang dan juga penggunaan WMS yang tepat.

Dengan menjalankan semua tips di atas secara konsisten, maka perusahaan akan memiliki manajemen gudang yang maksimal, efisien, akurat dan tentunya menguntungkan.

Baca juga: Cara Merekrut Staff Gudang Berkualitas untuk Perusahaan

LIKE

[wp_ulike]

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
[Sassy_Social_Share]
Views
Likes

Tags:

You may also like

Ready to enhance your staffing?

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.