Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Main header
Maria Britta

Outsourcing Payroll Bakal Memberi Banyak Manfaat

Maria Britta
Main header

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Penggajian merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menyita waktu dan tenaga di setiap perusahaan. Padahal, jika mau memanfaatkan outsourcing payroll, kemudahan akan dinikmati beserta dengan banyak manfaat lainnya.

Proses penggajian tidak sesederhana yang terlihat. Terdapat banyak aspek yang terkait. Beberapa di antaranya seperti pencatatan jam kerja, perhitungan benefit, hingga memastikan semuanya berjalan sesuai aturan. Semua itu bukan perkara mudah.

Namun, masih banyak perusahaan yang berkeras menjalankannya sendiri dengan tim internal. Akibatnya, fokus tim terpecah ke sana. Tingkat konsentrasi ke bisnis utama perusahaan jadi terganggu karena harus melakukan administrasi penggajian yang merepotkan.

Padahal, hal tersebut bisa diatasi dengan mudah lewat outsourcing payroll. Kalau mau melakukannya, banyak manfaat yang bisa dipetik. Inilah beberapa contohnya.

Hemat Waktu dan Biaya

Dengan memanfaatkan outsourcing payroll, perusahaan dapat menghemat waktu dan tenaga. Menjalankan proses penggajian sangat memakan waktu dan menuntut banyak energi. Detail hal-hal yang berkaitan sangat banyak.

Oleh karenanya outsourcing payroll bisa membantu. Jika penggajian dikerjakan oleh tenaga outsource, maka karyawan di punya kesempatan untuk lebih fokus ke pekerjaan strategis perusahaan. Waktu yang hilang untuk menyelesaikan administrasi penggajian pun bisa dipangkas.

Dalam pelaksanaan, tim dari perusahaan bisa bertindak sebagai pengawas. Kalau diperlukan, mereka hanya bertemu dengan pihak outsourcing payroll pada bagian akhir pekerjaan untuk memberikan persetujuan. Ini jelas menghemat energi.

Bukan hanya itu, tanpa sadar, proses outsourcing penggajian juga mampu menghemat biaya. Hal ini terutama berlaku bagi perusahaan dalam skala kecil dan menengah.

Bayangkan jika hanya punya 30 karyawan. Lalu ada karyawan yang khusus mengerjakan penggajian. Maka, biaya untuk mereka tidak sebanding dengan hasil pekerjaan yang dihasilkan. 

Hitung saja biaya gaji, benefit, hingga kompensasi lainnya yang diberikan. Jumlahnya cenderung lebih tinggi dibanding dengan membayar tenaga outsourcing payroll. 

Menghilangkan Potensi Kesalahan

Proses administrasi penggajian bukan perkara sepele. Perhitungan detail diperlukan. Selain itu, pencatatan dari hari ke hari harus dijalankan. Jika tidak dilakukan oleh profesional, maka potensi terjadi kesalahan sungguh besar.

Pemanfaatan outsourcing payroll akan meminimalkan kesalahan terkait penggajian. Hal ini dikarenakan tim outsource merupakan profesional yang sudah memahami seluk-beluk penggajian. Seharusnya pengalaman panjang dimiliki.

Mengantisipasi kesalahan dalam penggajian sangatlah penting. Gaji merupakan hal sensitif. Jika terdapat error, karyawan bisa tidak puas. Ujungnya akan berpengaruh negatif terhadap kinerja.

Bukan hanya itu, masalah penggajian berkaitan pula dengan undang-undang dan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku. Ini perlu kompetensi tersendiri dalam pembuatan. 

Oleh sebab itu, tenaga ahli seperti outsourcing payroll sangat dibutuhkan. Dengan keahlian dan pemahaman mendalam mengenai penggajian, kesalahan aspek-aspek legal dapat dihilangkan.

Menjamin Keamanan

Penggajian merupakan proses yang sensitif. Banyak data dan aspek yang menjadi rahasia perusahaan. Maka, sudah seharusnya keamanannya ditingkatkan. 

Menggunakan tenaga outsource bisa menjadi solusi. Hal ini terkesan aneh. Banyak yang berpikir memakai karyawan internal malah bisa menjadi jaminan.

Namun, kenyataannya belum tentu seperti itu. Seloyal apa pun karyawan, potensi untuk melakukan penyimpangan pasti ada. Selain itu, terdapat kemungkinan karyawan akan pergi meninggalkan perusahaan untuk bekerja di tempat lain. Data dan informasi rahasia bisa mereka bawa.

Terkait hal ini, outsourcing payroll memperlihatkan kelebihannya. Perusahaan yang memanfaatkan tenaganya berstatus sebagai klien. Pihak alih daya pasti akan menjaga kepercayaannya sebaik mungkin dengan memastikan keamanan data. Jika tidak, mereka akan kehilangan kliennya.

Selain itu, penyedia outsourcing payroll sering sudah memiliki sistem keamanan yang mumpuni. Mereka menyiapkannya secara khusus sebagai bagian dari layanan kepada kliennya. Ini akan meningkatkan aspek keamanan terkait penggajian.

Masih berpikir menjalankan penggajian dengan karyawan internal? Melihat aneka manfaat outsourcing payroll tersebut, perusahaan seharusnya berpikir ulang.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555