Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Metode Market Research
Ryan Dwi Putra

Ini Dia Metode Market Research Akurat yang Bisa Kalian Coba

Ryan Dwi Putra
Metode Market Research

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Market research tuh semacam penelitian  yang dilakukan dalam bidang pemasaran. Untuk melengkapi penelitian digunakanlah metode market research sehingga tujuan awal dari riset bisa didapatkan dengan maksimal dan kegiatan yang dilakukan itu mencakup target pasar, pesaing, lingkungan, dan lainnya.

Kepoin Kuy Daftar Metode Market Research Paling Akurat

Perlu Kalian ketahui, dalam melakukan market research tuh dibutuhkan beberapa  metode market research.  Metode inilah yang nantinya bakal nentuin gimana langkah pemasaran selanjutnya. Jika metode yang digunakan tepat, udah pasti bisnis yang dijalankan akan sukses dikemudian hari.  Sebaliknya juga seperti itu. Jadi, metode yang digunakan nggak boleh sembarangan, lho.

Nah, berikut ini adalah beberapa metode yang wajib Kalian ketahui,

1. Interview
Metode Market Research 1

Metode research market yang pertama adalah interview. Semuanya pasti udah paham dong bagaimana metode ini dilakukan? Ya, betul sekali. Untuk mengetahui informasi pasar Kalian bisa melakukan wawancara atau interview secara langsung pada target market.

Nggak terlalu sulit kok untuk melakukan wawancara, bisa dengan bertatap muka langsung di toko atau tempat lainnya. Bisa juga melalui sambungan telepon.  Jadi, nggak ada alasan untuk mengatakan bahwa sulit untuk mencari data target market atau informasi yang lainnya.

(Baca juga: Asyiknya Pekerjaan Market Research Agency Indonesia)

2. Kuesioner

Banyak yang menganggap bahwa metode market research dengan cara wawancara mempunyai sisi yang nggak disukai. Maksudnya gini nih, kadang ada yang merasa terintimidasi saat kegiatan wawancara dilakukan dengan terbuka. Sebab itu, harus ada cara lain yang digunakan yang lebih menghormati privasi orang lain.

Cara lain yang bisa kalian gunakan  misalnya nih, untuk mengisi kuesioner melalui online. Isi kuisioner bisa tentang pertanyaan mengenai informasi yang diperlukan, atau juga hal lain yang kalian butuhkan. Agar pengumpulan data dengan menggunakan metode ini lebih optimal, kalian kudu nyiapin bingkisan buat dibagiin dan sebagai tanda ucapan makasih gitu.

3. Survey

Lanjut nih, untuk metode selanjutnya. Nah, di metode yang satu ini hampir mirip dengan kuesioner dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada para pelanggan. Bedanya tuh sampel pelanggannya lebih banyak sehingga bisa mewakili responden secara menyeluruh. Jadinya lebih lengkap gitu.

4. Observasi
Metode Market Research 2

Metode market research ini sering dihubungkan dengan ketertarikan pelanggan atau jumlah penjualan produk di berbagai market. Langkah ini tuh dianggap lebih efektif, tapi membutuhkan tenaga dan biaya yang uhuy dan melelahkan karena harus terjun langsung ke lapangan.

5. Focus Group Discussion

Kalau langkah yang ini, seru abis. Karena kalian bisa bikin grup diskusi, dimana anggota diskusi tersebut adalah responden atau pelanggan utama. Serunya lagi, selain face to face, kalian juga bisa mengarahkan pembahasan diskusi dalam grup lebih spesifik. Misalnya nih,  lebih mengarah gimana kesan ketika menggunakan produk, kritik serta saran atas produk yang dihasilkan.

Informasi yang didapat itulah yang nantinya kalian jadikan acuan buat strategi pemasaran selanjutnya. Agar peserta grup diskusi bisa memberikan informasi yang detail, biasanya diberikan sebuah imbalan sama halnya dengan kuesioner dan survey. So, siap-siap dan masukin ke budget yak.

Hal yang Harus Diingat Agar Metode Market Research Sukses Diterapkan

Metode Market Research 3

Ragam Metode market research di atas  tuh metode yang paling sering dilakukan dan yang paling mudah. Namun, buat melakukannya butuh beberapa hal agar metode tersebut sukses. Misalnya tuh bingkisan, pengalaman dan lainnya.

1. Kuasai Pemahaman Tentang Metode Tersebut

Yang perlu Kamu ingat, bahwa setiap metode market research memiliki cara yang berbeda-beda. Seperti wawancara yang harus dilakukan secara langsung atau observasi yang lebih banyak turun ke target market yang tentunya membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga. Jika paham dengan detail bagaimana metode masing-masing akan lebih mudah melakukan riset pasar ya kan?

2. Lengkapi Peralatan yang dibutuhkan

Jika interview nggak membutuhkan banyak peralatan kq, berbeda jauh dengan observasi dan kuisioner yang membutuhkan banyak peralatan. Misalnya aja nih, kuesioner yang membutuhkan banyak responden baik secara langsung atau online.

3. Jaringan Untuk Mendapatkan Koresponden

Buat ngedapetin subjek atau koresponden yang bisa dijadikan mitra  agar nerapin metode market research dibutuhkan jaringan yang cukup luas karena ini bikin lebih simple dan mudah. Kuesioner atau interview ini juga tuh, biasanya akan membutuhkan orang lebih banyak biar data yang didapat banyak juga.

Nah, sekarang udah paham dong ya? Jadinya kalau kalian memahami gimana metode market research, ini bakal memudahkan langkah Kalian dalam melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis yang direncanakan.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555