Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Mengapa SPG dan SPB Diperlukan Oleh Bisnis_
Maria Britta

Mengapa SPG dan SPB Diperlukan Oleh Bisnis?

Maria Britta
Mengapa SPG dan SPB Diperlukan Oleh Bisnis_

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Ketika tren penjualan online sedang meningkat, Sales Promotion Girl (SPG) dan Sales Promotion Boy (SPB) sering dianggap remeh. Padahal, keberadaan SPG dan SPB masih diperlukan oleh bisnis.

SPG dan SPB adalah tenaga kerja yang bertugas melakukan promosi sekaligus membantu penjualan sebuah produk atau jasa. Sebagai bagian dari tim marketing, mereka bekerja melakukan berbagai upaya untuk mendukung pemasaran.

Pekerjaan yang dijalankan SPG dan SPB sangat penting bagi bisnis. Berkat keberadaan mereka, satu merek akan dikenal oleh target pasarnya. Bahkan, bukan cuma diketahui, produk atau layanannya bisa dibeli oleh konsumen.

Oleh sebab itu, SPG dan SPB tetap berarti vital. Meski digitalisasi terjadi di mana-mana, hanya SPG dan SPB yang mampu memberikan sentuhan manusia yang disukai oleh semua pelanggan. Hal itu menjadi keunggulan utama yang penting bagi bisnis.

Akan tetapi, manfaat SPG dan SPG bukan hanya itu. Masih banyak yang lainnya, sehingga keberadaannya tetap berarti penting bagi bisnis. Ini beberapa bukti lainnya.

Mengenalkan Merek ke Khalayak

Arti penting SPG dan SPB bagi bisnis berkaitan erat dengan fungsi utamanya, yakni melakukan promosi. Mereka bisa diberi tugas untuk mengenalkan atau menjelaskan satu produk atau jasa kepada calon pelanggan.

Terkait hal ini, tugas SPG dan SPB berkaitan erat dengan komunikasi pemasaran. Mereka bisa memberi pemahaman mendalam mengenai produk atau jasa terkait fungsinya, kelebihan, cara pemakaian, ataupun manfaat yang bisa diperoleh pelanggan yang memakainya.

Singkat kata, SPG dan SPB memiliki tugas penting. Mereka melakukan pengenalan sebuah merek kepada pelanggan secara langsung. 

Pengenalan merek kepada publik memang sangat krusial. Bagaimana bisnis bisa meningkat jika tidak dikenal? Maka dari itu, pelaksanaannya sangat penting bagi bisnis. 

Hasil kerja SPG dan SPB mampu membuat khalayak mengenal satu brand. Berkat itu, calon pelanggan bisa berubah menjadi pelanggan karena tahu persis ada produk atau jasa yang mampu memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, keberadaan SPG dan SPB tetap diperlukan.

Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Pada masa kini, tren penjualan dan pemasaran online memang tengah digandrungi. Namun, bukan berarti SPG dan SPB tidak lagi penting bagi bisnis. Justru sebaliknya, keberadaannya mampu menjadi pelengkap.

Cara kerja SPG dan SPB terbilang spesial. Entah dengan perjanjian atau tidak, mereka menemui pelanggan secara langsung. Hal ini memberi kesempatan kepada bisnis untuk menjalin hubungan nyata dengan target pasarnya.

Saat itulah bisnis bisa menunjukkan sentuhan manusiawinya ke pelanggan. Kesempatan itu hendaknya dimanfaatkan untuk memberi pengalaman positif.

Ingat, biar bagaimanapun, pelanggan paling suka mendapat pelayanan personal dari manusia lain. Ini hal yang tidak dapat digantikan oleh layanan digital secanggih apa pun. Tidak heran, SPG dan SPB pantang diremehkan oleh semua jenis bisnis.

Membantu Peningkatan Penjualan

Tugas SPG dan SPB tidak berhenti sampai di aspek promosi. Mereka sering pula ditugaskan untuk mendukung penjualan. Ketika bertemu langsung dengan calon pelanggan, mereka diminta memberi dorongan atau memengaruhi supaya penjualan terjadi. Hal ini yang semakin memperkuat arti penting SPG dan SPB bagi bisnis.

Sekecil apa pun, penjualan bisa menjadi modal untuk mengembangkan bisnis. Selanjutnya target pasar yang sudah berubah menjadi pelanggan dapat terus digarap menjadi pelanggan loyal.

Perlu disadari, lebih mudah menjual barang kembali ke pelanggan lama dibanding ke pelanggan baru. Padahal, SPG dan SPB sering kali harus mencari pelanggan anyar. Alhasil, hasil pekerjaannya memang memberikan dampak besar bagi bisnis.

SPG dan SPB tetap diperlukan oleh semua jenis bisnis sampai kapan pun. Tugas perusahaan untuk membekali SPG dan SPB dengan kemampuan terbaik agar mampu menyelesaikan tugasnya secara optimal.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555