Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Kiat Untuk Memastikan Outsourcing Berjalan Lancar
Admin

Kiat Untuk Memastikan Outsourcing Berjalan Lancar

Admin
Kiat Untuk Memastikan Outsourcing Berjalan Lancar

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Pemanfaatan outsourcing bermanfaat besar bagi bisnis. Jika dirancang dengan baik, tenaga kerja alih daya akan membantu dalam menjaga produktivitas. Oleh karena itu, pastikan proses outsourcing berjalan lancar.

Selama ini masih ada yang ragu terhadap pemanfaatan tenaga kerja alih daya. Outsourcing dikhawatirkan tidak akan mampu menjawab kebutuhan. 

Padahal, kekhawatiran tersebut tidak beralasan. Memanfaatkan tenaga kerja alih daya bisa memberikan berbagai keuntungan, mulai dari memperoleh pekerja terlatih, hemat biaya, hingga pemanfaatan yang sesuai kebutuhan.

Namun, agar outsourcing berjalan lancar, pelaku usaha memang harus mempersiapkannya dengan baik. Berikut ini langkah yang dapat diambil supaya pemanfaatan outsourcing mampu mendukung produktivitas.

Menjelaskan Cakupan Kerja Dengan Jelas

Supaya outsourcing berjalan lancar, definisikan cakupan kerja secara jelas. Anda merupakan pihak yang paling mengetahui tujuan dari pemanfaatan tenaga kerja alih daya. Jadi, Anda perlu memaparkannya ke penyedia outsourcing dengan baik.

Namun, sebelum melakukannya, Anda harus menentukan apa target yang ingin diraih. Lalu, pikirkan aneka solusi yang memungkinkan untuk meraih tujuan tersebut. Jika sudah menemukannya, barulah Anda menjelaskan ke penyedia outsourcing

Paparkan secara gamblang. Lebih baik lagi jika bisa ditulis secara rinci. Hal ini akan mempermudah penyedia outsourcing untuk memberikan layanan sesuai kebutuhan.

Pertimbangkan Penyedia Outsourcing

Hal ini sangat krusial. Pertimbangkan berbagai kondisi pihak penyedia outsourcing sebelum menentukan pilihan. Anda harus melakukan riset untuk mengetahui secara pasti.

Terdapat sejumlah faktor yang harus dijadikan pertimbangan. Anda harus melihat pengalaman kerja penyedia outsourcing. Perhatikan portofolio dan catatan kinerjanya selama ini. 

Cari tahu pula reputasi yang dimiliki. Jika bereputasi kerja positif, maka pihak tersebut layak dipertimbangkan.

Lalu, cermati skill yang ditawarkan. Apakah pihak penyedia outsourcing memiliki kemampuan teknik yang dibutuhkan untuk meraih target Anda? 

Mempertimbangkan penguasaan teknologi juga tidak kalah penting. Jika penyedia memiliki terobosan baru yang memungkinkan pekerjaan lebih efektif, maka hal tersebut akan sangat membantu.

Salah satu penyedia layanan tenaga kerja yang memiliki jaringan luas dan didukung oleh teknologi adalah Sampingan. Teknologi yang dimiliki Sampingan membuat proses perekrutan tenaga kerja sementara menjadi lebih cepat dan lebih hemat.

Hitung Bujet yang Disiapkan

Anda perlu menghitung bujet yang disiapkan untuk pengadaan tenaga kerja alih daya. Biaya akan menentukan kualitas layanan yang akan diperoleh. Maka, lebih baik untuk melakukan perhitungan secara masak.

Setelah menemukan angka pasti, Anda bisa mendiskusikannya dengan penyedia outsourcing. Mereka perlu tahu agar bisa memberikan layanan sesuai dengan bujet yang diberikan.

Dari situ Anda mulai bisa menentukan apakah ada kesesuaian antara bujet dan layanan yang akan didapat. Jika sesuai keinginan, maka pemanfaatan outsourcing bisa segera dilakukan.

Lindungi Data dan Kekayaan Intelektual

Memanfaatkan layanan outsourcing berarti memasukkan pihak luar ke dalam internal perusahaan. Maka, Anda perlu mempersiapkan proteksi khusus supaya data dan kekayaan intelektual yang dimiliki tetap aman.

Anda bisa secara aktif melakukan perlindungan. Caranya dengan membatasi akses ke tenaga alih daya. Selain itu, Anda dapat pula membuat perjanjian tentang kerahasiaan dengan penyedia outsourcing. Hal ini memberikan garansi dari segi hukum.

Perhatikan pula langkah pengamanan yang ditawarkan oleh pihak penyedia. Jika mereka mampu memberi jaminan yang memadai, maka Anda akan lebih tenang.

Rancang Metode Kerja yang Pas

Ada baiknya untuk duduk bersama dengan penyedia outsourcing untuk merancang metode kerja yang pas. Anda bisa memaparkan sistem yang diinginkan. Lalu, diskusikan dengan penyedia alih daya untuk mengetahui kemungkinan pelaksanaannya.

Temukan metode terbaik yang sesuai dengan keinginan dan mampu diakomodasi oleh penyedia outsourcing. Hal ini vital karena tenaga kerja alih daya yang akan melaksanakan pekerjaan. Sudah seharusnya mereka mampu menjalankan metode kerja yang dipilih.

Disarankan untuk membuat metode kerja yang lincah dan fleksibel, dalam artian bisa berubah mengikuti kebutuhan dengan mudah. Jika mampu meramunya, maka proses kerja dijamin akan berjalan baik.

Lakukan beberapa hal tersebut supaya proses outsourcing berjalan lancar. Dengan demikian, pemanfaatan tenaga kerja alih daya akan mendukung produktivitas.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555