Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Manfaat outsourcing saat pandemi
Admin

Manfaat Outsourcing Bagi Bisnis Semakin Terasa Saat Pandemi

Admin
Manfaat outsourcing saat pandemi

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Pandemi memukul perekonomian dengan dahsyat. Bisnis dalam kondisi tertekan. Oleh sebab itu, pelaku usaha harus jeli dalam menjaga laju perusahaan. Salah satu yang dapat dimanfaatkan adalah outsourcing atau alih daya. Manfaat outsourcing bagi bisnis terlalu sayang untuk dilewatkan.

Outsourcing merupakan tindakan dari perusahaan untuk menyerahkan beberapa aktivitasnya kepada pihak luar. Hal ini sering dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan maupun mendukung tujuan dan sasaran kegiatan bisnis.

Dalam outsourcing, ada pihak luar berupa penyedia alih daya yang diberi wewenang oleh perusahaan. Mereka memperoleh hak dan kewajiban untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan kontrak kerja.

Saat kondisi ekonomi tengah sulit seperti sekarang, manfaat outsourcing bagi bisnis akan semakin terasa. Berikut ini beberapa keuntungan bagi pelaku usaha jika mau memanfaatkan layanan alih daya. 

Menjaga dan Meningkatkan Produktivitas Kerja

Manfaat outsourcing akan terasa sekali jika membutuhkan dukungan tenaga kerja untuk menjaga produktivitas. Dengan tenaga alih daya, pelaku usaha bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu menambah karyawan secara permanen.

Tenaga alih daya bisa digunakan sesuai kebutuhan. Katakanlah ada sebuah proyek yang menuntut tambahan tenaga kerja. Saat itulah pelaku usaha bisa memanfaatkan penyedia outsourcing untuk memberikan tenaga kerja guna menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Berkat itu, produktivitas kerja tetap akan terjaga. Perusahaan pun hanya mengeluarkan biaya karyawan sesuai dengan kebutuhan saja.

Menghemat Biaya

Dalam masa pandemi, efisiensi biaya wajib dilakukan. Pada tahun 2021, ekonomi masih diprediksi belum sepenuhnya. Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini baru mencapai 3 persen.

Oleh karena itu, penghematan di semua lini sangat diperlukan. Salah satunya di sektor biaya karyawan. Biasanya ini sering menjadi komponen biaya perusahaan yang cukup tinggi.

Terkait hal tersebut, outsourcing akan menunjukkan manfaat besarnya. Memanfaatkan layanan alih daya memungkinkan perusahaan menghemat biaya karyawan dan segala komponen yang mengikutinya. 

Memanfaatkan tenaga alih daya hanya dilakukan sesuai kebutuhan. Artinya biaya hanya akan dikeluarkan ketika ada pekerjaan yang harus dilakukan. 

Ketika sudah selesai, tidak ada lagi biaya yang membebani. Dalam kondisi resesi seperti sekarang, efisiensi biaya seperti ini sangat bermanfaat.

Menguasai Skill Dengan Cepat

Penguasaan sebuah skill dengan cepat juga menjadi salah satu manfaat outsourcing bagi bisnis. Menguasai aneka jenis kemampuan sangat penting bagi kemajuan sebuah perusahaan. Pelaku usaha bisa mendapatkannya dengan mudah melalui pemanfaatan layanan tenaga kerja alih daya.

Saat ini  layanan outsourcing mencakup berbagai sektor. Pelaku usaha hanya perlu memilih mana yang diperlukan untuk mendukung bisnis. Tenaga kerja cakap dengan kemampuan yang dibutuhkan akan segera didapatkan dengan cepat.

Hal ini lebih praktis dibandingkan dengan merekrut karyawan baru. Pelaku usaha masih harus melakukan perekrutan, pelatihan, hingga memantau kinerjanya. Semua itu bisa memakan waktu, biaya, dan energi besar. Padahal, outsourcing bisa menjadi solusi yang efektif.

Meningkatkan Kemampuan Karyawan Tetap

Outsourcing ternyata juga memberi manfaat besar bagi perkembangan kemampuan karyawan tetap. Hal ini kerap tidak disangka sama sekali.

Biasanya pemanfaatan outsourcing akan membuat karyawan tetap memiliki waktu dan kesempatan untuk fokus ke bidang bisnis utama perusahaan. Saat itu, mereka dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya ketika menjalankan aneka pekerjaan strategis perusahaan. Berkat itu, kemampuan karyawan akan meningkat. 

Jika hal tersebut terjadi, perusahaan akan menikmati manfaatnya. Persaingan bisnis akan dapat dimenangi dengan tim yang memiliki kapabilitas tinggi.

Akhir pandemi belum bisa diprediksi. Kondisi ekonomi pasti belum membaik sepenuhnya. Pemanfaatan tenaga kerja alih daya harus mulai dipikirkan oleh pelaku bisnis. Manfaat outsourcing bagi bisnis terbukti besar. Jika membutuhkan jasa karyawan outsource, Sampingan bisa menyediakan karyawan yang dibutuhkan dengan waktu lebih cepat dan lebih hemat. Hubungi team sales kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555