Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
manfaat market research
Ryan Dwi Putra

Manfaat Market Research yang Tak Boleh Dianggap Sepele

Ryan Dwi Putra
manfaat market research

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Ada banyak manfaat market research yang bisa dirasakan para pengusaha. Di antaranya adalah hasil penjualan yang baik, target pasar yang lebih tepat, resiko usaha yang bisa diantisipasi, dan penetapan harga produk yang sesuai.

Memahami Pentingnya Market Research

manfaat market research 1

Tahu nggak? Kalau semua informasi terkait pengembangan produk dan cara membuatnya a didapatkan dari manfaat market research lho. Hal-hal yang sebelumnya gelap karena kurangnya informasi dari pelaku pasar, pasar yang dituju, produk yang tepat sasaran, serta kualitas yang diharapkan merupakan hasil perjuangan para periset. Keren kan?

Sebenarnya nih ya bisa kok jika dana kurang melakukan market research sendiri. Market research sendiri hasilnya lebih dapat dipercaya. Karena apa, karena kita akan melakukannya dengan maksimal dibandingkan menggunakan jasa abal-abal yang ada kita malah mengalami kerugian yang lebih gede lho. Bisa jadi bisnis jalan di tempat. Kalau pun maju kok ya kaya keong. Atau jangan-jangan malah hidup segan mati pun tak mau. Iyuuhh..jangan sampe deh.

Emang segitu pentingkah manfaat market research? Ya dong. Ga percaya? Lihat tuh perusahaan-perusahaan besar yang masih berjaya sampai saat ini. Riset pasarnya gak nanggung-nanggung lho. Ya emang kita gak bisa juga meniru plek-plek dana market research yang mereka keluarkan. Tapi, hal ini tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita. Pintar-pintar saja mengaturnya.

Contoh simpelnya market research itu adalah ketika kita akan menjual camilan. Nah targetnya siapa sih. Umpama anak sekolah dekat rumah. Perhatikan lingkungannya ya. Berbeda lingkungan pasti akan berbeda juga tipe makanan yang disukai. Untuk anak-anak dari sekolah mahal tentu lebih menekankan pada kebersihan dan kebutuhan gizi, selain rasanya. Harga yang dipatok tidak masalah di atas rata-rata asalnya terjamin kebersihan dan tingkat gizinya.

(Baca juga: Ini Dia Metode Market Research Akurat yang Bisa Kalian Coba)

Sedangkan bila berada di lingkungan rata-rata penduduk Indonesia, yang paling dipentingkan anak-anak adalah jajanan murah yang mengenyangkan untuk jam-jam sarapan. Ketika agak siang, makanan yang menarik dilihat. Tentu masih dengan harga murah. Kebutuhan gizi dan kebersihan disini tidak terlalu menjadi perhatian. Kalau ngotot pasang harga mahal dengan standar gizi yang bagus, ya siap-siap bila dagangannya hanya dibeli satu dua anak.

7 Manfaat Market Research Dalam Bisnis Dan Dunia Penjualan

Oke sekarang kita masuk nih ke manfaat market research ya. Ada 7 manfaat utama nih ya yang membuktikan pentingnya market research. Bila kalian sedang merintis bisnis atau mungkin sudah memiliki bisnis namun sedang dalam tahap pengembangan, nah ini penting banget. Bila serius menangani dan menerapkan hasilnya, maka kemungkinan besar bisnis akan sukses.

1. Mengenal Berbagai Peluang di Pasar

Percaya deh banyak pebisnis yang gak ngeh dengan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan. Seringkali malah salah mengenali padahal produk atau layanan yang akan ditawarkan malah tidak sesuai dengan pasar yang ada.

2. Masalah Bisa Diidentifikasi dengan Tepat
manfaat market research 2

Permasalahan yang gak diidentifikasi dengan tepat bisa merusak perencanaan pengembangan bisnis lho. Makanya harus akurat sekali.

3. Mengetahui Reputasi

Mau tau reputasi yang kita miliki ya salah satunya dengan mengambil manfaat market research ini. Setelah mendapatkan tingkatkan dan lakukan treatment khusus agar reputasi yang sesuai dengan yang didapatkan.

4. Membangun Tren

Nah ini dengan riset pasar yang tepat sangat memungkinkan pebisnis melakukan terobosan-terobosan baru yang bahkan bila didalami lagi akan dapat menciptakan tren baru.

5. Mengenali Cara Berkomunikasi yang Tepat ke Konsumen
manfaat market research 3

Pebisnis dapat merumuskan cara berkomunikasi yang tepat berdasarkan hasil riset pasar yang dilakukan. Hal-hal yang disukai dan dihindari oleh target pasar kita itu akan terungkap ketika telah melaksanakan riset pasar.

6. Meminimalisir Resiko

Dengan adanya informasi berdasarkan market research maka pebisnis dapat dengan mudah memutuskan sesuatu berdasarkan resiko terkecil. Sehingga kerugian dapat ditekan seminimal mungkin.

Biarpun banyak sekali manfaat market research ini tapi kalau dalam pelaksanaannya gak sesuai standar yo bakal ambyar rek. Maka, pilihlah lembaga riset yang kompeten di bidangnya dan profesional. Biasanya lembaga yang kompeten namun memiliki standar harga yang tidak terlalu tinggi seperti ini banyak dikenal dari mulut ke mulut.  Jangan malu dan segan mencari informasi sesuai dengan budget yang dimiliki yaa.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555