Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
macam riset pasar
Taris Adani

Ketahui Macam-Macam Riset Pasar untuk Bisnis

Taris Adani
macam riset pasar

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Dalam menjalankan bisnis dengan baik, tidak hanya membutuhkan modal dan produk berkualitas saja.

Anda perlu mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan pasar dan memahami alasan mereka membeli suatu produk.

Untuk itu diperlukan riset pasar dalam menjalankan bisnis yang baik. Ada macam-macam riset pasar yang bisa Anda gunakan untuk bisnis. 

Jika Anda belum mengetahui apa itu riset pasar, dalam definisinya riset pasar adalah upaya mengumpulkan dan menganalisis data yang berkaitan dengan target pasar.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, idealnya perusahaan tersebut perlu mengetahui kebutuhan seperti apa yang diinginkan konsumennya.

Serta memahami perilaku membeli dan alasan mereka membeli produk Anda juga penting untuk meningkatkan angka penjualan produk. 

Peran riset pasar yang begitu penting membuat proses pelaksanaannya memakan waktu yang cukup panjang.

Dimulai dari siapa target pasar Anda, produk seperti apa yang mereka inginkan, dan faktor apa saja yang mempengaruhi mereka melakukan pembelian produk.

Kali ini akan membahas tentang macam-macam riset pasar untuk memperlancar bisnis, berikut ulasan selengkapnya!


Baca juga: Why Market Research is Vital for Strategic Decision-making

sampingan solutions


Macam-Macam Market Research

Pada dasarnya riset pasar dibagi menjadi dua jenis utama yaitu riset pasar primer dan riset pasar sekunder. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai macam-macam riset pasar:


1. Riset Pasar Primer

Merupakan penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan melibatkan konsumen secara langsung untuk mendapatkan hasil penelitian.

Contohnya dengan menggunakan jasa riset pasar dari kami Sampingan.co.id yang dengan sepenuh hati membantu Anda menjalankan bisnis dengan baik.

Riset pasar primer juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan informasi dasar yang dikumpulkan, berikut jenis-jenisnya:


a. Riset Kuantitatif

Riset kuantitatif ini dilakukan untuk mendapatkan data-data berupa angka. Jadi suatu penerapan riset ini bertujuan untuk mengetahui trend penggunaan produk.

Mulai dari jenis produk, harga, ukuran, hingga desain. Contohnya, Anda memiliki bisnis di bidang furniture. 

Anda dapat melakukan riset tentang warna furniture kesukaan konsumen. Desain seperti apa yang mereka sukai dengan begitu Anda dapat memproduksi furniture dengan desain dan warna yang umumnya disukai target pasar Anda.


b. Riset Kualitatif

Riset pasar kualitatif dilakukan untuk mendapatkan hasil penelitian yang bersifat deskriptif dari konsumen.

Informasi yang akan didapatkan dapat berupa opini, perasaan, pengalaman, dan alasan mereka melakukan pembelian terhadap produk Anda. 

Contohnya saat produk buatan Anda memiliki kualitas yang bagus namun kurang diminati oleh konsumen. Anda dapat menanyakan alasan apa yang membuat mereka enggan membeli produk Anda.

Bisa jadi karena harganya yang terlalu mahal atau desain yang diterapkan ketinggalan zaman.

Secara umum beberapa penelitian yang termasuk dalam riset pasar primer adalah survei online, kuesioner, observasi, dan FGD (Focus Group Discussion).


Baca juga: Manfaat Market Research yang Tak Boleh Dianggap Sepele


2. Riset Pasar Sekunder

Selanjutnya jenis riset pasar sekunder tidak melibatkan konsumen dalam proses penelitiannya. Melainkan menggunakan data riset dari pihak lain.

Namun riset ini dinilai lebih efisien meskipun hasil dan kualitas datanya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Proses pelaksanaan riset pasar sekunder biasanya dilakukan dengan membaca berbagai artikel, statistik pasar, dan riset trend. 

Anda dapat mencapai sumber riset melalui lembaga pemerintah, media, atau dapat juga menggunakan data-data yang dirilis oleh kompetitor Anda.

Beberapa contoh dari riset pasar sekunder adalah ketika Anda menggunakan media sosial untuk mempelajari dan mengetahui tentang perilaku konsumtif para konsumen Anda. 

Atau Anda menemukan data dari sebuah unggahan artikel dari sebuah situs riset yang berkaitan dengan bidang bisnis Anda.

Misalnya artikel berjudul “Hasil Riset Pasar untuk Trend Produk Skincare di Tahun 2021”. Artikel berjudul seperti itu dapat digunakan sebagai sumber riset pasar sekunder untuk bisnis Anda.


Riset Pasar? Sampingan bisa bantu Bisnis Anda

Dalam menjalankan suatu bisnis tentunya tidak semudah yang dipikirkan orang. Tentunya Anda harus merencanakan semua strategi termasuk melakukan macam-macam riset pasar tersebut dengan sangat matang.

Tidak hanya bermodal kerja keras dalam merencanakan dan menjalankan sebuah strategi bisnis Anda juga membutuhkan pengetahuan dan tenaga handal untuk menanganinya.

Jika Anda membutuhkan konsultasi bisnis dan mencari pekerja untuk bisnis Anda, Sampingan.co.id adalah solusinya.

Sampingan dapat membantu Anda melakukan survei produk, pengelolaan panel online, evaluasi periklanan, hingga riset pelanggan.

Tingkatkan kualitas bisnis melalui penawaran kami yang beragam dari riset pengembangan produk hingga perencanaan dan strategi brand.

Hubungi Sampingan sekarang!

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555