Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
konsep blue ocean strategy
Maria Britta

6 Konsep Blue Ocean Strategy yang Wajib Diterapkan

Maria Britta
konsep blue ocean strategy

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Blue Ocean Strategy bisa dikatakan sebagai sebuah metode marketing yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga eksistensinya. BOP memungkinkan perusahaan menghilangkan kompetitor dalam bisnisnya tersebut.

Agar bisa berjalan sebagaimana seharusnya maka perusahaan harus menjalankan konsep Blue Ocean Strategy dalam bisnisnya tersebut.  

Konsep Blue Ocean Strategy pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2005 yang lalu oleh 2 orang profesor yang juga penulis yaitu W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.

Blue Ocean Strategy menjadi kebalikan dari strategi Red Ocean. Jika pada Red Ocean Strategy perusahaan harus berdarah-darah berebut pasar maka Blue Ocean Strategy mengajarkan bagaimana membuat pasar yang baru.

sampingan manpower



Baca juga: Gunakan Strategi ini Untuk Mengangkat Bisnis Retail


Blue Ocean Strategy untuk Mempertahankan Eksistensi

Bagaimana bisa dikatakan bahwa Blue Ocean Strategy merupakan jalan bagi perusahaan untuk mempertahankan eksistensi dan tidak tenggelam dimakan persaingan pasar? 

Ketika perusahaan mulai menerapkan Blue Ocean Strategy dengan melakukan inovasi dan terobosan pada bisnis mereka yang memungkinkan diraihnya segmen pasar yang baru maka potensi menjadi pemain utama sangat terbuka. 

Perusahaan meninggalkan pertarungan dan kompetisi pasar yang sama dengan kompetitor dan kemudian mengembangkan bisnis baru yang lebih bernilai bagi konsumen maupun perusahaan itu sendiri.

Inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut bertujuan untuk membuka peluang pasar baru sehingga yang bahkan tidak terpikirkan oleh kompetitor sebelumnya. 

Dampaknya perusahaan tidak perlu bersaing lagi dengan kompetitor malah akan menjadi pemain utama di pasar tersebut. Jika sukses maka tidak menutup kemungkinan kompetitor lama justru akan menjadi “pengikut”.

Itulah sebabnya dikatakan Blue Ocean Strategy yang dijalankan secara tepat akan menjadi kunci untuk mempertahankan eksistensi perusahaan bahkan membuatnya berkembang pesat serta memimpin pasar.


6 Konsep dalam Blue Ocean Strategy

Semua kondisi yang dijelaskan di atas bisa terwujud jika perusahaan mau melakukan konsep dalam Blue Ocean Strategy secara tepat. Apa sajakah konsep di dalam Blue Ocean Strategy tersebut?


1. Lakukan Rekonstruksi pada Batasan-batasan Pasar

Perusahaan harus berani untuk melakukan dan mengambil langkah berani melampaui ruang industri yang sudah ada.

Mungkin selama ini sebenarnya perusahaan telah berpikir mengenai inovasi dan terobosan baru dalam bisnis namun belum ada keberanian untuk menindaklanjuti.

Ketika tingkat persaingan pasar semakin berat dan membuat bisnis berdarah-darah seperti yang digambarkan dalam strategi red ocean maka inilah saatnya berubah.

Terdapat setidaknya 6 jenis pendekatan yang bisa dilakukan untuk melakukan rekonstruksi pasar saat akan menerapkan Blue Ocean Strategy. Anda harus mengamati:

  • Beberapa jenis industri atau bisnis alternatif
  • Kelompok yang strategis untuk industri
  • Rantai konsumen atau pembeli yang ada
  • Daya tarik fungsional dan emosional pada pembeli
  • Waktu


2. Fokuskan pada Gambaran yang Besar, Jangan Terpaku pada Angka

Konsep kedua ini berfungsi untuk mengurangi risiko perencanaan investasi perusahaan yang hanya akan menghasilkan strategi “red ocean” saja.

Jauhkan dulu perencanaan yang hanya sekedar terbatas pada dokumen saja dan fokuslah pada bagaimana strategi untuk melakukannya.

Kembangkan perencanaan strategis yang akan menghasilkan inovasi nilai dan terobosan pada produk. Kemudian lakukan komunikasi dan terapkan strategi tersebut secara efektif.


Baca juga: Strategi Untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan


3. Buat Jangkauan Melampaui Besarnya Permintaan

Jangan hanya berpuas diri dengan pencapaian perusahaan yang sebatas hanya melayani sebesar apa yang diminta dan dibutuhkan oleh konsumen ataupun pasar saja.

Di sinilah kunci untuk bisa melakukan inovasi nilai pada produk karena adanya keinginan untuk melampaui apa yang diminta konsumen. Untuk bisa melakukannya gunakan 2 prinsip berikut ini :

  • Fokuslah pada konsumen yang ada
  • Ciptakan dorongan atau motivasi untuk mempertajam segmentasi pasar agar bisa bisa mengakomodasikan perbedaan pada pembeli.


4. Menjalankan Rangkaian Strategis dengan Benar

Untuk membangun Blue Ocean Strategy dengan benar maka perusahaan harus melakukan perencanaan strategi dalam rangkaian utilitas konsumen atau pembeli, biaya, harga dan pengadopsiannya.

Gunakan rekomendasi Kim dan Mauborgne untuk mengetahui peta manfaat bagi pembeli, yaitu :

  • Pembelian
  • Pengiriman
  • Penggunaan
  • Pelengkap 
  • Perawatan 
  • Pembuangan


Selain itu gunakan juga 6 lapisan manfaat industri, yaitu:

  • Produktivitas konsumen
  • Kesederhanaan
  • Kenyamanan
  • Risiko
  • Keceriaan dan citra
  • Kelemahan terhadap lingkungan


Selanjutnya lakukan studi secara mendalam pada kedua parameter tersebut lalu susun secara tabulatif berdasarkan faktor yang mempunyai hambatan terbesar bagi perusahaan. 


5. Atasi Hambatan Utama yang Ada pada Organisasi

Dalam organisasi dalam hal ini adalah perusahaan itu sendiri juga terdapat hambatan-hambatan yang bisa menghalangi kemajuannya.

Atasi dulu hal apa saja yang menjadi hambatan utama di dalam perusahaan.

Secara umum terdapat sekurangnya 4 jenis hambatan yang biasanya menghalangi langkah strategis perusahaan, yaitu :

  • Kognitif
  • Sumber daya 
  • Politik 
  • Motivasi


Keempat hambatan tersebut saling terkait satu dengan lainnya.


6. Buat Integrasi Eksekusi Dalam Strategi

Konsep terakhir dalam Blue Ocean Strategy adalah tentang bagaimana pengaruh yang bisa timbul sebagai akibat dari langkah strategis yang dijalankan oleh perusahaan.

Menurut Kim dan Mauborgne bahwa dari 108 perusahaan yang menerapkan Blue Ocean Strategy telah memberikan dampak tertentu pada perusahaan.


Kalahkan Kompetitor Anda bersama Sampingan

Itulah konsep Blue Ocean Strategy yang perlu Anda ketahui untuk mengembangkan bisnis. Selain menerapkan strategi bisnis seperti blue ocean strategy, Anda juga bisa mempercayakan pengembangan bisnis kepada Sampingan.co.id.

Kami memiliki penawaran yang sangat baik seputar pengelolaan panel online, survey produk, evaluasi periklanan dan lainnya. Anda juga bisa mendapatkan penawaran pekerja terbaik dari kami. Entah pekerja half time ataupun full time, semua bisa Anda dapatkan dengan kualitas terbaik.

Hubungi Sampinan sekarang!

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555