Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Keuntungan yang Bisa Didapat Dari Pekerja Sementara
Admin

Keuntungan yang Bisa Didapat Dari Pekerja Sementara

Admin
Keuntungan yang Bisa Didapat Dari Pekerja Sementara

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Kejelian untuk memanfaatkan tenaga kerja untuk mendukung produktivitas penting demi kemajuan perusahaan. Pemanfaatan pekerja sementara sering dipandang remeh. Padahal, jika dimanfaatkan dengan tepat, temporary worker menjanjikan aneka keuntungan.

Pekerja sementara berbeda dengan pekerja paruh waktu dan karyawan permanen. Mereka hanya bekerja dalam jangka waktu sesuai kesepakatan. Begitu telah selesai, hubungan kerja dengan perusahaan pun berakhir. Sedangkan pekerja paruh waktu dan permanen bekerja secara berkelanjutan untuk perusahaan dengan jam kerja yang diatur.

Sistem kerja pekerja sementara sebenarnya memberikan manfaat besar kepada perusahaan. Bukan hanya dari segi efisiensi biaya, banyak keuntungan lain yang diperoleh. Inilah aneka manfaatnya: 

Menghadirkan Keahlian Baru

Keahlian yang dimiliki sebuah perusahaan akan menentukan keberhasilan dalam memenangi kompetisi. Semakin banyak keahlian yang dimiliki, perusahaan bakal bertambah solid. Terkait hal ini, pemanfaatan pekerja sementara bisa menjadi jawaban.

Perusahaan bisa merekrut pekerja sementara dengan keahlian yang tidak dimiliki oleh karyawannya. Hal ini sangat vital jika ada sebuah pekerjaan yang memerlukan skill khusus yang tidak dimiliki perusahaan.

Katakanlah ada proyek yang memerlukan keahlian spesial. Menghadirkan pekerja sementara yang menguasainya untuk mendukung penyelesaian proyek bisa menjadi solusi terbaik. Proyek akan selesai dengan baik meski perusahaan belum memiliki kapabilitas yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

Hemat Biaya

Ini hal yang paling sering mendasari pemilihan pekerja sementara. Efisiensi biaya dapat diraih dengan pemanfaatan temporary worker. Hal tersebut dimungkinkan karena pemakaian tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. 

Para pekerja sementara didatangkan hanya ketika dibutuhkan. Ketika tidak memerlukan kemampuan dan tenaganya, jasa mereka tidak digunakan lagi.

Cara kerja seperti itu membuat biaya karyawan bisa sesuai dengan kebutuhan. Terlebih lagi tidak ada tambahan biaya terkait karyawan lainnya yang melekat ke pekerja sementara. Contohnya seperti bonus, tunjangan kesehatan, dan tunjangan cuti. Perusahaan pasti lebih hemat biaya.

Siap Pakai

Manfaat pekerja sementara secara nyata terlihat dari kemampuannya untuk langsung bekerja. Mereka memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menjalankan satu pekerjaan tertentu. Dengan kata lain, temporary worker siap pakai.

Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan. Mereka tidak perlu mencurahkan waktu dan energi untuk melakukan pelatihan terlebih dulu. Menjalankannya pasti juga akan memakan biaya yang tinggi. Oleh karenanya, penghematan dari berbagai segi dapat diperoleh dengan memanfaatkan pekerja sementara.

Namun, agar bisa menikmati manfaat tersebut, perusahaan harus jeli dalam memiliki temporary worker. Pastikan mencari yang sudah punya kapabilitas yang dibutuhkan agar benar-benar siap kerja.

Sumber Kandidat Baru

Memiliki talenta-talenta berkualitas sangat penting bagi kemajuan perusahaan. Hal itu bisa didapat dengan mudah dari pemanfaatan pekerja sementara.

Menggunakan temporary worker yang siap kerja dengan kecakapan khusus bisa diibaratkan sebagai audisi. Perusahaan bisa melihat kinerja pekerja secara nyata. Dari situ, perusahaan bisa menimbang dan memasukkan mereka ke dalam daftar kandidat karyawan baru.

Dengan demikian talent pool perusahaan bisa bertambah. Terdapat talenta-talenta yang kualitasnya telah terbukti. Ini sangat penting ketika pada akhirnya perusahaan membutuhkannya.

Tips Memilih Pekerja Sementara

Tertarik untuk memanfaatkan pekerja sementara? Agar kualitasnya terjamin, disarankan untuk menggunakan layanan penyedia tenaga kerja yang terpercaya. Hal ini akan memberi jaminan bahwa pekerja yang diperoleh benar-benar memiliki kecakapan dan keahlian yang dibutuhkan. Jadi, efektivitas kerja akan sesuai dengan harapan.

Hati-hati jika memilih mencarinya sendiri. Perusahaan harus siap melakukan seleksi dan tes untuk mengetahui kualitas dan kemampuan pekerja sementara yang diharapkan. Perusahaan belum tentu siap melakukannya dengan cepat.

Manfaat pekerja sementara sangat sayang untuk diabaikan. Perusahaan bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya ketika membutuhkan. Produktivitas kerja akan selalu terjaga.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555