Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Jenis on demand worker
Ryan Dwi Putra

Berbagai Jenis On Demand Worker yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Ryan Dwi Putra
Jenis on demand worker

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Adanya dampak dari fenomena gig economy memunculkan berbagai  jenis on demand worker yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan yang pastinya bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar loh.

Adanya fenomena gig economy, juga turut memunculkan adanya on demand worker atau pekerja yang hanya dibutuhkan saja. Pekerjaan semacam ini menawarkan berbagai kemudahan dan fleksibilitas yang tinggi, sehingga bisa dilakukan di rumah. Tentu saja banyak yang menaruh minat pada jenis pekerjaan ini.

Jenis On Demand Worker yang Harus Kalian Ketahui

Jika kalian berminat, inilah beberapa jenis pekerjaan one demand worker yang bisa dicoba.

1. Sebagai Penulis
Jenis on demand worker 1

Tahu gak! semua orang bisa jadi penulis, tapi tidak semua orang bisa jadi penulis berkualitas. Artinya kalian  harus bisa membuat konten yang bagus dan punya kualitas. Sejak pandemi Covid 19, dunia blogging seakan meledak dan disukai oleh banyak orang. Nah, dari sini kalian bisa memulai jadi penulis artikel lepas. Tentu saja bisa dilakukan dari rumah.

Yang kalian butuhkan untuk jadi penulis adalah keterampilan menulis yang baik, sistematis, dan rapi. Tidak perlu khawatir untuk memulainya. Cari saja di beberapa platform untuk mengambil job artikel. Seperti Sribulancer.

2. Membuka Jasa Desain Grafis

Kalian suka menggambar? Tepat sekali, kalian bisa mencoba jenis on demand worker  desain grafis. Kalian bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan menggambar. Ada yang bilang kalau  penghasilan seorang desain grafis internasional sangatlah besar. Bahkan ada yang mengatakan sebesar satu miliar per tahunnya. Wow, bayaran yang begitu fantastik. Tertarik mencoba jasa desain grafis?

(Baca juga: Kerja Santai Dari Rumah? Gampang, Jadi Pekerja On Demand Jakarta Aja)

3. Kursus Online

Kalau Jenis on demand worker ini tidak perlu bakat khusus. Karena pekerjaan ini cocok bagi kalian yang suka mengajar sewaktu kuliah. Teruskan saja setelah lulus kuliah. Meskipun banyak yang meremehkan tapi kalian bisa menghasilkan uang lewat kursus online. Sistemnya hampir sama dengan kursus biasa. Yang berbeda, kalian harus membuat materi dalam bentuk video. Kemudian diakses melalui internet. Beres kan!

4. Jasa Mengelola Online Shop
Jenis on demand worker 2

Zaman sekarang tidak ada yang tidak tahu tentang online shop. Yang malas keluar rumah akan terbantu karena adanya online shop. Kalian hanya perlu pilih gambar, klik, transfer, sampai dech barangnya. Tapi pernahkah kalian berpikir bagaimana mereka bisa menghandle toko online yang begitu besar.

Di sini jasa pengelola dan pemasaran dibutuhkan. Jika online shop tersebut kecil,  pemasaran dagangannya bisa dilakukan oleh pemilik toko sendiri. Lain halnya jika online shop tersebut besar yang memiliki tingkat penjualan tinggi. Harus ada beberapa bagian admin yang menangani pekerjaan online shop tersebut. Nah, disinilah jenis on demand worker jasa mengelola dan pemasaran dipakai.

Ini gambaran umum tanggung jawab jasa pengelola adalah membangun kesadaran brand, membuat dan membagikan konten, meningkatkan traffic ke website melalui media sosial, dan berinteraksi dengan follower.

5. Jasa Editor

Kalian tahu bahwa bayaran jenis on demand worker ini lumayan menarik, lo! Ya benar, jasa editor sebenarnya memiliki penghasilan yang luar biasa. Ada dua jenis bayaran jasa editor, ada yang dihitung berdasarkan proyek yang dikerjakan dan ada pula yang dibayar bulanan.

Pekerjaan editor sebenarnya mudah, kalian harus tahu EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Umumnya pekerjaan editor terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah editor tetap, artinya kalian akan diminta datang ke kantor untuk briefing sewaktu-waktu. Kedua adalah editor tidak tetap, artinya kegiatan pengeditan bisa dilakukan secara online dari rumah dan hasilnya dikirim melalui email.

6. Menjual Foto
Jenis on demand worker 3

Ada berita bahagia bagi kalian yang suka foto-foto. Sekarang hobi kalian bisa menghasilkan uang lho! Daripada menyimpan banyak file foto di hard disk atau social media, kalian bisa menjualnya di beberapa situs fotografi. Untuk komisinya  tergantung pada pembeli.

Lagipula kalian tidak perlu merogoh kocek dalam untuk mendapatkan foto terbaik. Karena sudah banyak beredar di pasaran kamera foto yang memiliki kualitas baik dengan harga bersahabat. Kalian juga bisa memakai kamera handphone dan tentu saja ada teknik tersendiri untuk mendapatkan foto terbaik.

7. Asisten Virtual

Untuk pekerjaan ini cakupannya begitu luas. Pada dasarnya hanya melayani satu klien saja, namun pekerjaannya bisa bervariasi. Seperti penulis, desain grafis, riset, editing, copywriting, dan lain sebagainya. Untuk pembayaran biasanya dibayarkan per jam dan bergantung pada spesialisasinya.

Sudah lihat kan beberapa jenis on demand worker di atas. Sekarang pilih pekerjaan yang sesuai dengan kalian di rumah? Apapun jenis pekerjaannya, melakukan perencanaan dengan baik dan menyeluruh. Agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

You may also like

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555