Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
jasa-kurir-sebagai-solusi-masa-pandemi
Yosifebi Ramadhani

Jasa Kurir, Solusi Adaptasi Masyarakat di Tengah Pandemi

Yosifebi Ramadhani
jasa-kurir-sebagai-solusi-masa-pandemi

LIKE

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Sampingan — Pandemi COVID-19 memberikan banyak perubahan terhadap berbagai lanskap kehidupan. Mulai dari sektor kesehatan, edukasional, hingga ekonomi dalam skala lokal maupun global telah terdampak akan situasi pandemi tersebut.

Berbagai adaptasi yang berujung pada terbentuknya regulasi pun bermunculan dan menjadi haluan bagi masyarakat untuk menjalankan kesehariannya.

Di Indonesia, pemerintah setempat menerapkan kebijakan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna menghindari dan menekan lonjakan angka penyebaran virus COVID-19.

Dampak kebijakan tersebut dapat terlihat jelas pada berbagai sektor dan situasi yang tengah melanda di masyarakat, termasuk jasa kurir.

Jasa kurir merupakan bidang yang vital dalam kegiatan kirim-mengirim produk, apalagi kebutuhan akan jasa kurir sejalan dengan perkembangan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja hingga memesan santapan kuliner.

Tidak mengherankan apabila jasa kurir telah mendapatkan sorotan di dunia bisnis saat ini, sehingga perusahaan-perusahaan mulai mempertimbangkan kehadiran jasa kurir di dalam kebutuhan operasionalnya maupun sebagai ekspansi pelayanan yang dapat diberikan.

Akan tetapi, tidaklah mudah untuk memutuskan pertimbangan tersebut di tengah situasi pandemi COVID-19 ini.

Meski demikian, beberapa pemahaman terkait apa itu jasa kurir, alasan yang melatari pertumbuhan jasa kurir meningkat, hingga suka duka harian jasa kurir dapat dijadikan sebagai referensi untuk mempertimbangkan keputusan terhadap keperluan alih daya jasa kurir pada suatu bisnis.

Pengertian Jasa Kurir

Berdasarkan laman situs KBBI, jasa berarti ‘perbuatan yang memberikan segala sesuatu yang diperlukan orang lain; layanan; servis’, sementara kurir adalah ‘utusan yang menyampaikan sesuatu yang penting dengan cepat’.

Sederhananya, jasa kurir adalah layanan atau servis pengantaran barang dari satu titik ke titik lain. Jasa kurir dapat digunakan untuk mengantar berbagai jenis dan kapasitas barang dengan beragam pilihan transportasi.

Kenapa Jasa Kurir Semakin Meningkat?

apa-itu-jasa-kurir

Perkembangan jasa kurir tidaklah singkat, namun pertumbuhannya kian hari kian meningkat. Baik itu kebutuhan harian masyarakat maupun operasional bisnis turut serta memengaruhinya.

Ditambah lagi, kepuasan pelanggan menjadi faktor penting yang memengaruhi berkembangnya jasa kurir: ketepatan dan kecepatan.

Misalnya, pelanggan tidak lagi harus berlama-lama mengantre di bawah terik matahari untuk menyantap sajian makanan. Dengan menggunakan jasa kurir dan bantuan teknologi terkini, pelanggan hanya butuh sekali “klik” untuk memangkas jarak tempuh dan waktu. Lalu, dapat segera menikmati setiap santapannya dengan rasa puas.

Namun, simulasi peristiwa tersebut terlalu general. Bagaimana jika situasinya diadaptasikan dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini?

Hasilnya tidaklah jauh berbeda, bahkan kemunculan pandemi COVID-19 telah meningkatkan pertumbuhan sektor logistik atau jasa kurir. 

Berdasarkan artikel yang dilansir dari Business Insight, sektor logistik telah mengalami pertumbuhan yang signifikan hingga 30% secara nasional akibat pandemi COVID-19.

Hal tersebut terjadi karena aktivitas masyarakat yang menyesuaikan situasi di tengah pandemi dan regulasi; yang semula bertatap muka dan bertransaksi secara konvensional, kini berubah menjadi serba online dan berjarak.

Sekalipun sesuatu yang bersifat krusial di dalam dunia bisnis—seperti menandatangani berkas perjanjian kerja sama atau paraf laporan—beralih ke bentuk digital. Jika pun diperlukan pengiriman berkas fisik, umumnya akan dibantu dengan menggunakan jasa kurir.

Dengan kata lain, kehadiran jasa kurir bukanlah sekadar kebutuhan alternatif semata, melainkan juga sebagai solusi.

Dinamika Jasa Kurir selama Pandemi

Jasa kurir memang penting pada masa PPKM, tetapi perkembangannya memiliki dinamika tersendiri.

Tingginya permintaan pasar mengundang bermacam risiko yang dapat terjadi. Salah satunya ialah kecelakaan kerja.

Setiap kurir memiliki target pengirimannya masing-masing dengan keterbatasan waktu yang ada, sehingga mengharuskan kurir untuk berpacu dengan waktu.

Belum lagi jika menyoalkan kondisi geografis dan infrastruktur yang masih terbatas. Kondisi jalanan yang terjal, tidak memadai, atau alamat yang sulit dicapai dapat menghambat operasional kurir.

Agar mengatasi hal tersebut, dapat diterapkan pengelolaan atau manajemen yang baik.

Berikut ini terdapat beberapa saran agar jasa kurir berjalan secara optimal, antara lain:

1. Memonitor kinerja karyawan jasa kurir

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengawasi kinerja karyawan jasa kurir secara real-time. Penggunaan teknologi akan membantu perusahaan jasa kurir dalam memantau aktivitas kerja dan barang yang dikirim. Contohnya, perusahaan jasa kurir dapat menggunakan GPS tracker.

2. Perlindungan kecelakaan kerja

Pemberian asuransi kepada para karyawan jasa kurir maupun terhadap produk yang dikirim dapat menjadi solusi atas risiko kerja. Hal ini tidak hanya berdampak baik bagi karyawan kerja dan perusahaan, melainkan juga bagi pelanggan. Citra kepedulian dibangun melalui jaminan perlindungan terhadap barang yang dinanti-nantikan pelanggan, sehingga pelanggan akan merasa lebih tenang dan senang.

3. Dukungan Produktivitas

Manajemen jasa kurir yang baik akan berdampak baik juga terhadap produktivitasnya. Sarana informasi, komunikasi, upah yang memadai, hingga fasilitas perawatan kendaraan pengiriman dapat meningkatkan produktivitas jasa kurir secara optimal.

Setelah melakukan pembahasan sekilas tentang jasa kurir, kembali dipertanyakan: Perlukah melakukan alih daya jasa kurir pengiriman?

Jika melihat potensi jasa kurir di dalam skala pertumbuhan bisnis dan kebutuhan selama pandemi, tentu hal tersebut patut sebagai solusi yang direkomendasikan. Meski begitu, Anda dapat menyimak selengkapnya di artikel Perlukah Melakukan Alih Daya Kurir Pengiriman? berikut.

Jasa Kurir dari Sampingan Business

Sampingan mengerti bahwa merekrut dan mengelola kurir yang andal tidaklah mudah. Diperlukan ketelitian dalam memilih staf yang berkualitas dan mengelola kurir yang tidak jarang berjumlah banyak dan beroperasi di banyak titik. Oleh karena itu, Sampingan Business menawarkan jasa kurir yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas logistik Anda. Jasa kurir yang disediakan Sampingan Business sudah melalui proses seleksi dan pelatihan yang ketat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim Sampingan Business melalui link ini.

Baca juga: Bagaimana Pengiriman Ke Pelanggan Dapat Dipercepat?

LIKE

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
1 Likes

Related Topics:

You may also like

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555