Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Market Research Agency Indonesia
Ryan Dwi Putra

Asyiknya Pekerjaan Market Research Agency Indonesia

Ryan Dwi Putra
Market Research Agency Indonesia

LIKE

1+

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Asal kalian tahu aja ya, menjadi periset di Market Research Agency Indonesia beneran asyik, kalian bisa bertemu banyak orang, kerjanya sambil jalan-jalan gratis, dan digaji lagi!

Apa yang Dilakukan Market Research Agency Indonesia?

Market Research Agency Indonesia 1

Masyarakat mungkin masih awam saat mendengar istilah Market Research Agency. Padahal sudah banyak pebisnis yang memakai jasa perusahaan ini untuk meningkatkan usahanya loh. Sebenarnya pekerjaan apa sih yang dilakukan oleh Market Research Agency Indonesia?

Jadi begini, pebisnis yang hendak memasarkan produknya pasti punya berbagai pertanyaan di dalam pikirannya. Produk apa yang mau dijual? Bagaimana bentuk dan kemasannya supaya menarik? Produk apa yang paling laris? Gimana cara nge iklannya biar menarik minat pembeli?

Semua pertanyaan ini harus diambil keputusannya. Supaya keputusan yang diambil gak ngawur, maka diperlukan informasi yang akurat tentang kondisi pasar, selera pasar, hingga daya beli konsumen.

Nah, di sini kemudian pebisnis akan menyewa jasa Market Research Agency Indonesia untuk mengumpulkan data akurat tentang kondisi pasar dan konsumen. Periset memperoleh data dari berbagai metode seperti survei, kuesioner, ngobrol dengan konsumen, tes produk, dan forum diskusi. Data ini nantinya akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, jadi keputusan yang diambil gak bakal ngawur.

Pekerjaan Sebagai Periset di Market Research Agency Indonesia

Bila sudah mengetahui garis besar perusahaannya, maka kalian tentu mulai ngeh dengan pekerjaan sebagai periset di Market Research Agency Indonesia. Tugas periset adalah meneliti kondisi pasar yang datanya bisa dianalisa oleh klien untuk menentukan jenis produk yang akan dihasilkan.

Udah kebayang pentingnya pekerjaan ini? Periset mengolah data yang dibutuhkan oleh klien berdasarkan hasil wawancara maupun survei terhadap pelanggan. Periset bahkan bisa menjadi penasehat bagi pebisnis dalam hal pengambilan keputusan untuk produk yang akan dihasilkan.

Bekerja sebagai periset di Market Research Agency sangat menyenangkan. Simak beberapa hal asyik yang bisa diperoleh saat kalian bekerja di bidang ini.

1. Bertemu Banyak Orang
Market Research Agency Indonesia 2

Sebagai periset kalian akan selalu bertemu dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi. Bukan tidak mungkin kalian akan dilibatkan dalam meeting untuk membahas proses pembuatan produk oleh para kepala bagian hingga dewan direksi karena periset dianggap sebagai juru bicara dari para konsumen.

(Baca juga: Pahami Beberapa Klasifikasi Market Research untuk Kebutuhan Bisnis)

Sering bertemu dan berinteraksi dengan para petinggi ini akan membuat kalian belajar banyak mengenai strategi pengambilan keputusan, yang akhirnya sangat baik untuk pengembangan kepribadian kalian.

2. Mempunyai Kesempatan Bekerjasama dengan Merek Terkenal

Kalian tentu tidak pernah membayangkan akan bekerjasama membangun merek terkenal. Perusahaan dengan merek terkenal selalu mengambil keputusan berdasarkan data. Karena analisa data yang akuratlah maka produk mereka menjadi laris dan terkenal. Dengan menjadi periset, kalian mempunyai kesempatan untuk bekerjasama dengan mereka dalam proses pengembangan produk yang sering kalian lihat selama ini.

3. Bisa Jalan-jalan Gratis
Market Research Agency Indonesia

Dengan menjadi periset di Market Research Agency Indonesia kalian mempunyai kesempatan untuk jalan-jalan gratis lho! Apabila klien yang ditangani mempunyai cakupan nasional, maka tugas kalian sebagai periset tentu harus menyajikan data kondisi pasar dan perilaku konsumen secara nasional. Tugas ini menuntut melakukan perjalanan ke luar kota untuk mengumpulkan data.

Asyik banget, kan? Kalian bisa jalan-jalan sambil bekerja. Bahkan kalau cakupan klien hingga ke luar negeri, maka bukan tidak mungkin kalian harus melakukan proses pengumpulan data di negara tersebut. Kalian tidak perlu memikirkan biaya transportasi dan akomodasi karena semua telah ditanggung oleh perusahaan klien pengguna jasa.

3. Jam Kerja yang Fleksibel

Hal menguntungkan lain adalah kalian tidak terikat dengan gaya kerja yang formal. Bekerja sebagai periset di agensi biasanya memiliki gaya kerja yang fleksibel, tidak terikat jam kerja dan lokasi kerja. Terserah kalian mau kerja pagi, siang, atau malam, atau mau kerja di rumah, di lapangan bola, atau di warkop, yang penting pekerjaan selesai sesuai deadline yang telah ditentukan.

Demikianlah beberapa keuntungan bekerja sebagai periset. Untuk menjadi seorang periset ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain kalian harus menyenangi angka dan statistik, suka berinteraksi dengan orang lain, menyukai dunia marketing, dan punya rasa ingin tahu yang besar.

Sebagai periset di Market Research Agency Indonesia kalian harus mempunyai kemampuan melakukan analisa yang bagus. Kalian juga harus mampu berkomunikasi dengan baik karena sebagai periset harus mampu menjelaskan data kepada klien. Jadi, apakah kalian tertarik dengan profesi ini?

LIKE

1+

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
1 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555