Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Fungsi Market Research untuk Perusahaan
Ryan Dwi Putra

Pahami Pentingnya Fungsi Market Research untuk Perusahaan

Ryan Dwi Putra
Fungsi Market Research untuk Perusahaan

LIKE

1+

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Ada banyak sekali fungsi market research untuk perusahaan, yang nyatanya punya banyak fungsi untuk evaluasi perusahaan, pemahaman produk, memprediksi jangka panjang, dan kontrol kinerja.

Kepoin Yuk Fungsi Market Research Untuk Perusahaan

Perusahaan itu dapat dilihat besar kecilnya dari sistem penerapan yang ada di dalamnya, semakin besar perusahaan tersebut biasanya makin terstruktur dan berstandar tinggi. Segala sistem yang ada di perusahaan itu juga pasti sudah tertata rapi dan terstruktur. Market research juga punya peran yang besar dalam majunya perusahaan.

fungsi market research banyak banget, hampir seluruh perusahaan tentu melakukan tahapan tersebut. Karena itu semua jadi hal wajib yang harus terus diperbaiki dan melakukan research kembali buat evaluasi. Biar kalian semakin paham, apa sih fungsinya. Kepoin yuk ulasan berikut ini mengenai fungsi market research untuk perusahaan dan kalian bisa ketahui sejauh mana fungsinya untuk perusahaan.

1. Bahan Data untuk Evaluasi Kinerja Perusahaan
Fungsi Market Research untuk Perusahaan 1

Namanya perusahaan tentu jangkauannya besar. Karyawan juga banyak, tentu membutuhkan evaluasi di setiap kerjanya. Karena berhubungan dengan orang banyak baik secara langsung atau nggak langsung. Dengan adanya market research, kalian bisa lihat hasil kerja selama ini dari para karyawan apakah sudah memenuhi target atau belum. Kemudian fungsi market research untuk perusahaan juga sebagai bentuk evaluasi bersama, jadi nggak cuman by persepsi satu orang aja.

Evaluasi ini mencakup artian lebih luas loh, nggak hanya terkait produk, namun juga yang berhubungan dengan semua elemennya. Dari hasil evaluasi tersebut bisa kalian jadikan patokan untuk lebih meningkatkan kerja.

Logikanya gini nih, karyawan digaji besar, tentu harus sejalan dengan input yang dihasilkan untuk perusahaan. Nah dengan adanya evaluasi, jadi kinerja karyawan secara keseluruhan bisa diukur lewat hasil market research tersebut.

2. Bahan Data Perusahaan untuk Proses Penjualan ke Target Pasar
Fungsi Market Research untuk Perusahaan 2

Jika tak kenal maka tak sayang, begitulah ungkapan yang sering didengar. Seperti halnya jika kalian nggak aktif keluar untuk menunjukan adanya produk, maka masyarakat secara umum dan target market secara khusus nggak akan mengetahui adanya produk tersebut.

Kalian harus paham kalau informasi yang dilakukan secara berulang-ulang secara nggak langsung akan berpengaruh pada penikmat informasi tersebut. Alam bawah sadarnya secara nggak langsung akan merekamnya dan suatu saat kalau butuh, jadi auto keinget sama produk kalian itu.

(Baca juga: Mengintip Bagaimana Proses Pendekatan Market Research di Indonesia)

Fungsi adanya market research  yang lain tuh, buat bahan pengetahuan pada calon market terkait produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Jadi kalau ada riset mengenai market research,  secara nggak langsung itu berguna buat edukasi atas produk lama, produk baru atau produk yang sedang pada masa uji coba pembaharuan. Istilah kerennya semacam tes ombak gitu.

Kerennya lagi, dengan adanya market research juga bisa berguna untuk bahan masukan dari apa yang diinginkan pasar sekarang ini. Misalnya nih, adanya keluhan dari target pasar. Nah itu bisa banget  dijadikan bahan evaluasi dan pemahaman bagi pihak perusahaan untuk bisa lebih baik lagi dalam melayani kebutuhan target market. Sehingga, lahirlah hubungan timbal balik antara kedua belah pihak.

3. Sebagai Bahan Prediksi
Fungsi Market Research untuk Perusahaan 3

Nyadar nggak, kalau hari yang akan datang tak ada yang tahu akan seperti apa? Untuk itu fungsi market research untuk perusahaan butuh diaplikasikan. Sejatinya kan nggak akan ada yang tahu dunia di masa depan akan seperti apa. Seperti halnya sekarang ini terjadi pandemi dunia yang nggak bisa ditebak sebelumnya. Tentu perusahaan akan cukup terpengaruh dengan adanya pandemi ini.

Nah market research yang dilakukan sifatnya hanya sebuah prediksi  yang bersifat relatif. Untuk itu hasil riset yang telah lalu senantiasa dievaluasi apakah masih memungkinkan untuk diterapkan atau nggak. Jadi kudu rajin-rajin control KPI yang ada ya.

Itulah 3 fungsi market research untuk perusahaan. Dengan adanya fungsi tersebut menjelaskan kalau peranan market research sangatlah penting dalam sebuah perusahaan dalam bidang apapun. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan dapat dijadikan contoh buat kalian yang akan mulai membangun dan memulai market research pada bidang apapun.

LIKE

1+

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
1 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555