Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
fungsi manpower planning
Maria Britta

Mengenal Lebih Jauh Pengertian serta Fungsi Manpower Planning

Maria Britta
fungsi manpower planning

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Manpower Poin Utama untuk Membawa Kemajuan Perusahaan

Manpower adalah tenaga kerja atau SDM yang akan terlibat di suatu organisasi maupun perusahaan. SDM ini memiliki peran penting karena akan membawa perubahan bagi perusahaan ke arah yang lebih baik.

Perkembangan dan pertumbuhan suatu perusahaan tentu juga tidak bisa terlepas dari peran SDM yang terlibat.

Pengelolaan SDM dalam suatu perusahaan juga memegang peran yang penting. Percuma saja jika jumlah SDM mencukupi namun tidak ada manajemen atau pengelolaan yang tepat.

Justru kunci kesuksesan perusahaan terletak pada manajemen SDM yang baik dan efektif. Tanggung jawab ini akan dipegang oleh departemen human resource atau HR di perusahaan.


Baca juga: Mengenal Pengertian, Fungsi, dan Contoh SOP Karyawan Restoran

sampingan manpower


Fungsi Manpower Planning

Manpower Planning memiliki fungsi penting di dalam perusahaan. Proses ini perlu dilakukan dengan cermat agar tidak ada bagian yang merugikan perusahaan maupun SDM itu sendiri.

Berikut adalah fungsi penting dari manpower planning yang perlu diketahui.


1. Meningkatkan Pengelolaan SDM

Manajemen ini tentu akan membantu meningkatkan pengelolaan SDM di perusahaan. Pihak manajemen yang terlibat memiliki peran besar untuk mengatur semua tenaga kerja.

Pengelolaan ini sangat penting untuk mengatur persebaran SDM, pembagian tugas dan tanggung jawab, penambahan serta pengurangan SDM, hingga rotasi tenaga kerja jika dibutuhkan. 


2. Memenuhi Kebutuhan secara Optimal

Adanya bagian yang mengelola SDM akan membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan secara optimal. Setiap perusahaan tentu memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung tujuan dan pencapaian mereka di setiap tahunnya.

Itulah sebabnya pemenuhan tenaga kerja setiap tahun juga akan berbeda menyesuaikan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri. 

Manajemen tenaga kerja sangat dibutuhkan agar perusahaan tidak asal membuka rekrutmen. Proses rekrutmen dan pelatihan tenaga kerja harus dilakukan berdasarkan kebutuhan dari perusahaan.

Dengan begitu tidak akan ada tenaga dan waktu terbuang. Selain itu proses rekrutmen bisa mendatangkan tenaga kerja yang akan bertugas secara efektif untuk memenuhi kebutuhan dari perusahaan.


3. Memperkirakan Angka SDM secara Tepat

Fungsi dari manajemen manpower adalah membantu menentukan angka tenaga kerja yang dibutuhkan setiap tahunnya oleh suatu perusahaan.

Perlu diketahui bahwa setiap tahun pasti akan ada perubahan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan. Hal ini harus menjadi pertimbangan penting bagi pihak HR untuk melakukan rekrutmen maupun redeployment dan redundancy.

Angka tenaga kerja dalam satu tahun tidak bisa dijadikan sebagai acuan di tahun berikutnya. Apalagi jika pertumbuhan dan pergerakan perusahaan berjalan pesat.

Pihak manajemen harus bisa mendatangkan tenaga kerja sesuai angka kebutuhan. Jika terjadi kelebihan angka tenaga kerja maka perlu dilakukan strategi yang tepat agar jumlah tersebut bisa berkurang dan tidak merugikan pihak perusahaan.


4. Mengembangkan Kualitas SDM

Manajemen tenaga kerja tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan. Lebih dari itu, langkah ini sangat menguntungkan bagi tenaga kerja itu sendiri.

Dengan adanya manajemen yang baik, maka tenaga kerja bisa bekerja dengan optimal dan efektif di perusahaan. Bayangkan jika jumlah tenaga kerja berlebihan atau overload, maka performa setiap tenaga kerja tidak bisa berjalan optimal.

Sebaliknya, saat terjadi kondisi di mana perusahaan kekurangan jumlah SDM maka tenaga kerja akan mengalami overload tugas. Hasilnya juga pasti tidak akan berdampak baik.

Setiap tenaga kerja tidak akan bisa mengoptimalkan kinerja mereka dan mendapat pencapaian baik yang menguntungkan perusahaan. Kualitas SDM tidak akan bisa berkembang tanpa adanya manajemen yang baik dari perusahaan.

Manajemen SDM juga akan sangat berperan dalam pemberian pelatihan bagi setiap tenaga kerja yang masuk ke perusahaan. Tahap ini tentu saja akan sangat membantu pengembangan kualitas SDM di perusahaan.

Jika kualitas SDM meningkat, bukan hanya perusahaan yang mendapat keuntungan tetapi juga tenaga kerja itu sendiri akan mendapat manfaatnya.


Baca juga: Alasan Setiap Perusahaan Harus Punya Contact Center Agent


5. Menghindari Terjadinya Kekosongan Jabatan

Manajemen SDM di suatu perusahaan dilakukan untuk mencegah terjadinya kekosongan jabatan. Tanpa adanya manajemen yang berjalan baik, maka bisa saja terjadi kekosongan posisi untuk jangka waktu yang lama.

Kekosongan posisi ini akan berpengaruh pada operasional suatu organisasi atau perusahaan. Namun, jika ada manajemen yang berjalan baik kondisi ini tidak akan terjadi.

Itulah fungsi penting dari manajemen SDM. Manpower adalah komponen penting dari suatu perusahaan.


Butuh Karyawan Full-Time maupun Part-Time?

Tidak hanya asal memenuhi kebutuhan dari segi angka SDM, kualitas dari SDM itu sendiri juga harus dijaga agar terus meningkat. SDM berkualitas yang Anda butuhkan bisa didapat lewat jasa penyalur tenaga kerja Sampingan.

Sampingan akan membantu Anda mendapatkan tenaga kerja andal dari berbagai bidang, mulai dari logistik, SPG/SPB, admin, maupun CS.

Hubungi Tim Sampingan sekarang!

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555