Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
sop karyawan restoran
Maria Britta

Mengenal Pengertian, Fungsi, dan Contoh SOP Karyawan Restoran

Maria Britta
sop karyawan restoran

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Pengertian SOP Karyawan Restoran

Manajemen karyawan dalam sebuah bisnis restoran menjadi sebuah poin penting yang harus dilakukan. Manajemen ini dilakukan untuk mengatur performa pegawai restoran agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Salah satu caranya adalah lewat pembuatan SOP karyawan restoran. 

Hal pertama yang perlu dipahami adalah pengertian dari SOP itu sendiri. SOP merupakan Standar Operasional Prosedur yang bisa diartikan sebagai sebuah pedoman aktivitas karyawan.

SOP ini merupakan dokumen yang berisikan peraturan serta standar kerja yang harus dipatuhi oleh semua karyawan. Sifatnya terikat dan tidak bisa diubah tanpa pertimbangan yang matang.


Fungsi SOP Karyawan Restoran

SOP dianggap sebagai salah satu dokumen penting di lingkungan kerja. Bahkan dokumen ini wajib ada demi memastikan berjalannya operasional di suatu lingkungan kerja.

Penyusunan SOP perlu dilakukan sebaik mungkin untuk menjaga performa kerja dan kedisiplinan karyawan. Berikut adalah beberapa fungsi SOP yang penting untuk dipahami.


1. Pedoman Kerja

SOP akan menjadi sebuah pedoman kerja bagi karyawan. Lewat adanya SOP, karyawan jadi paham apa saja tugas yang harus mereka jalankan.

Pedoman ini menjadi petunjuk yang akan mempermudah karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka secara efektif. Karyawan baru juga akan lebih mudah menguasai tugas yang harus diselesaikan berkat adanya SOP.


Baca juga: Kiat Praktis Mengangkat Kinerja Pelayan di Restoran


2. Informasi Kendala Kerja

Selalu ada kemungkinan terjadi kendala di lapangan saat bekerja. Pegawai restoran bisa saja menemui kendala tak terduga setiap saat. Jika terjadi kendala, maka karyawan bisa kembali lagi melihat SOP yang berlaku.

Solusi dari kendala yang ditemui bisa diambil dari SOP yang sudah ada. Jadi tidak akan ada perdebatan untuk mencari solusi atas suatu kendala yang terjadi karena sudah diatur dalam SOP.


3. Pengendali Disiplin Karyawan

SOP akan menjadi sebuah alat untuk mengendalikan sikap disiplin karyawan. Disiplin memang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Jika ada SOP maka karyawan secara otomatis akan mengikuti SOP tersebut. Secara tidak langsung mereka akan bersikap disiplin mengikuti aturan yang ada dan bekerja sesuai dengan keinginan sekaligus ekspektasi dari bos.


4. Dasar Hukum Lingkungan Kerja

SOP akan menjadi sebuah dasar hukum dalam suatu lingkungan kerja. Di dalam dokumen ini termuat aturan-aturan dasar yang berlaku bagi karyawan maupun atasan.

Jika terjadi pelanggaran di lapangan, maka bisa dikembalikan lagi pada SOP yang berlaku. Karyawan juga bisa mengetahui sendiri apabila mereka telah melakukan kesalahan atau pelanggaran berkat adanya SOP. 


5. Pengendali Kesalahan Kerja

Keberadaan SOP akan membantu meminimalkan terjadinya kesalahan kerja di lapangan. Aktivitas dan cara kerja karyawan akan diatur lewat SOP tersebut sehingga kesalahan akan semakin jarang ditemukan.

Selama mengikuti SOP dengan baik, maka karyawan tidak akan membuat banyak kesalahan. Semakin sedikit kesalahan yang terjadi maka akan semakin efektif performa kerja yang mereka tampilkan.


Baca juga: Manfaat Pelaporan Online Bagi Bisnis


Contoh SOP Karyawan Restoran

Setiap restoran perlu mengeluarkan SOP yang jelas sebagai pedoman kerja karyawannya. Berikut adalah contoh SOP yang berlaku bagi pegawai restoran.


SOP Restoran Suka Makan – Pelayan


Latar Belakang

Memberi pedoman mengenai kebijakan, alur, dan prosedur pelayanan yang berhubungan langsung dengan konsumen restoran.


Tujuan

Memastikan pelayanan konsumen berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan dari pihak restoran serta menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan di bidang pelayanan konsumen.


Prosedur akan dimulai sejak proses:

  1. Penyambutan konsumen
  2. Penerimaan pesanan
  3. Penyampaian kepada tim produksi
  4. Pelayanan produk kepada konsumen
  5. Pelayanan pembayaran tagihan konsumen


Satuan Kerja yang Terlibat

  1. Bagian Produksi
  2. Bagian Kasir


Prosedur Pelaksanaan

  1. Tamu datang diberi sambutan selamat datang dan diberikan rekomendasi meja sesuai dengan jumlah tamu. 
  2. Pemberian informasi mengenai ketersediaan menu yang masih bisa dipesan oleh konsumen.
  3. Mencatat pesanan konsumen secara detail.
  4. Menyerahkan pesanan konsumen ke pihak produksi.
  5. Menyajikan makanan kepada konsumen sesuai dengan pesanan.
  6. Memeriksa apakah ada menu pesanan yang belum diterima konsumen.
  7. Melayani proses pembayaran tagihan konsumen.
  8. Memberikan penawaran produk tambahan untuk dibawa pulang konsumen.
  9. Mengucapkan terima kasih kepada konsumen.
  10. Membersihkan meja yang sudah selesai dipakai oleh konsumen.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai SOP karyawan restoran. Tenaga kerja yang berkualitas tentu akan mengikuti SOP dengan sebaik mungkin. Karakter tenaga kerja seperti ini bisa didapatkan di penyalur tenaga kerja Sampingan. Kunjungi sampingan.co.id untuk mendapat informasi lengkap seputar ketersediaan tenaga kerja berbagai bidang.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555