Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Dampak Besar Real Time Report Bagi Bisnis
Aprilia Kasanah

Dampak Besar Real Time Report Bagi Bisnis

Aprilia Kasanah
Dampak Besar Real Time Report Bagi Bisnis

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Kompetisi dalam memenangi persaingan dalam bisnis semakin ketat. Hanya pergerakan cepat yang akan memberikan keunggulan. Hal itulah yang membuat real time report terbukti penting.

Real time report merupakan aneka informasi yang dapat diakses secara langsung saat itu juga. Jenisnya bermacam-macam. Namun, kemampuan pelaporan data seperti ini sudah marak digunakan di berbagai bidang.

Contoh paling sederhana lihatlah sistem gratis seperti Google Analytics. Mereka sudah mampu memberikan data mengenai traffic sebuah website secara langsung. Begitu diakses, data-data yang diperlukan otomatis dapat diperoleh. Kemampuan memperoleh informasi seperti itu sangat diperlukan bagi bisnis. Jika tidak mau tertinggal, real time report harus dimiliki.

Perubahan Sangat Cepat

Agar bisa bertahan, semua jenis bisnis harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Saat ini perubahan terjadi begitu cepat. Begitu pula halnya dengan kebiasaan dan keinginan konsumen.

Dulu pelanggan cukup puas dengan layanan pada hari kerja. Sekarang, mereka ingin dilayani terus selama 24 jam. Bukan cuma itu, pelayanan yang diperoleh pun harus cepat dan mudah.

Hal inilah yang mendasari real time report sangatlah penting bagi bisnis.  Pelaku bisnis harus mampu mendeteksi perubahan yang terjadi secepat mungkin. Hanya dengan data, semuanya dapat disikapi dengan baik.

Real time report mampu menjadi pemandu bagi sebuah bisnis untuk mengetahui keinginan konsumen secara cepat. Selain itu, data-datanya bisa menjadi wawasan sebagai dasar pengambilan keputusan. Jika tidak, langkah yang diambil hanya berbasis asumsi. Tentu ini tidak akan menjamin efektivitasnya.

Aktualitas informasi yang mampu diberikan real time report juga merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Jika tidak memilikinya, bisnis akan selalu tertinggal di belakang kompetitor. Mereka pun tidak mampu mendeteksi perubahan yang terjadi. 

Akibatnya semua keputusan yang dijalankan selalu terlambat. Sudah bisa ditebak, efektivitasnya pun diragukan.

Oleh sebab itu, real time report sangat diperlukan demi kegesitan dalam menghadapi perubahan. Jika tidak, perusahaan akan selalu terlambat dalam mengambil tindakan.

Buat Dasbor Bisnis Bersama

Guna memperoleh manfaat terbaik real time report, perusahaan bisa merancang sebuah dasbor bisnis. Ini adalah kumpulan informasi dari berbagai departemen bisnis yang berada dalam satu wadah khusus. Dengan kata lain, dasbor bisnis ini merupakan kompilasi berbagai informasi yang dapat diakses secara langsung.

Sebagai gabungan data dari berbagai departemen, dasbor bisnis wajib dirancang secara simpel dan memudahkan. Tampilannya harus mendukung kemudahan pengambilan dan pembacaan datanya. Hal itu dikarenakan informasi yang diperoleh akan dijadikan basis pengambilan keputusan.

Pembuatan dasbor bisnis bersama dirasa lebih efektif dibanding membagi real time report ke berbagai departemen bisnis. Jika dibagi-bagi, data-data yang dihadirkan bisa terlalu banyak. Akhirnya pelaku bisnis bisa kesulitan untuk memilah mana informasi yang paling penting dan tepat.

Jikapun setiap departemen memiliki real time report sendiri, data di dalam dasbor bisnis bersama harus menggunakan ukuran standar yang bisa dipahami semua departemen. Hal ini demi memudahkan analisis data yang disampaikan.

Akan ada banyak manfaat yang bisa dipetik jika mau membuat dasbor bisnis real time. Inilah beberapa di antaranya:

  • Memudahkan pemantauan kinerja secara langsung.
  • Penyelarasan kegiatan semua departemen bisnis.
  • Mempermudah dalam menargetkan pelanggan.
  • Menghemat waktu pengumpulan data.
  • Mampu mengikuti perkembangan secara kontinu.
  • Meningkatkan komunikasi internal dan eksternal perusahaan.

Aneka manfaat tersebut sangat penting bagi perkembangan bisnis. Banyak hal yang akan terbantu. Pelaku bisnis harus mulai menyeriusi pembuatan dasbor bisnis bersama.

Real time report saat ini sudah menjadi keharusan. Perusahaan pantang menunda-nunda untuk memilikinya. Perubahan terjadi dengan cepat, sehingga setiap bisnis wajib mengikutinya.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555