Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Contoh Market Research
Ryan Dwi Putra

Contoh Market Research Ini Dijamin Bikin Plan Usaha Sukses Kemudian Hari

Ryan Dwi Putra
Contoh Market Research

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Market Research atau analisa pasar memiliki tujuan yang sangat penting untuk kemajuan suatu usaha. Tanpa adanya market research, usaha yang dijalankan tidak memiliki rencana dan target tepat sebagai sasaran penjualan. Lalu, apa aja sih contoh market research itu?

Contoh Market Research Paling Hits

Pernahkah terbesit dipikiran kalian, bisnis apakah yang nantinya akan digeluti dan berpotensi menjanjikan? Untuk mengetahuinya dibutuhkan paling tidak beberapa kali riset pasar, bisnis apakah yang saat ini sedang hits dan punya banyak peminat. Tidak hanya tentang macam bisnisnya, contoh market research pun sangat penting untuk diketahui. Berikut adalah beberapa contoh yang nantinya dapat kalian terapkan, lho;

1. Market Research Bisnis Pulsa
Contoh Market Research 1

Kalian tahu nggak kenapa market research bisnis pulsa akan kita kulik terlebih dahulu? Karena di masa pandemi ini, bisnis pulsa sangat dibutuhkan. Semua pekerjaan kini beralih di rumah secara online yang pastinya membutuhkan pulsa. Begitu pula dengan kegiatan sekolah yang lebih banyak daring atau secara online, mau tidak mau orang tua harus menyediakan pulsa paketan hp yang cukup banyak.

Nah, contoh market research yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengamati paketan kartu apakah yang biasanya banyak diminati. Baik dari segi harga yang murah, kuota paketan yang banyak serta punya jaringan yang stabil. Jika sudah ketemu, akan memudahkan kalian untuk membuka pasarnya.

2. Market Research Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu bentuk bisnis yang tidak ada matinya. Semua orang pastinya butuh makan. Karena itu contoh market research dikatakan paling mudah. Kalian tinggal mengamati pasar, kuliner jenis apakah yang sedang booming. Karena kini semakin banyak jenis kuliner kekinian yang digandrungi utamanya oleh anak muda.

(Baca juga: Manfaat Market Research yang Tak Boleh Dianggap Sepele)

Misalnya kalian ingin membuka kuliner kekinian tahu krispi. Amati dan cari tahu berapa modal yang dibutuhkan, dimana pangsa pasarnya yang paling potensial, cara mendapatkan bahan baku dan variasi tahu krispi yang bagaimana yang sedang digemari.

3. Market Research Bisnis Bahan Sembako
Contoh Market Research 2

Pembatasan berskala besar hingga kini tetap masih diberlakukan. Akibatnya semua kebutuhan rumah tangga lebih mudah didapatkan dengan membeli online. Salah satunya adalah kebutuhan sembako. Peluang seperti ini sebenarnya bisa kalian tangkap, lho. Sebab semakin hari semakin banyak yang membutuhkannya.

Riset pasar yang dapat kalian lakukan adalah dengan mencari tahu, bahan sembako apa saja yang paling banyak dibutuhkan saat ini. Cari tahu harga pasarnya sehingga akan lebih mudah bagi kalian untuk menentukan harga jual nantinya. Peluang pasarnya? Ibu-Ibu rumah tangga tetangga kalian adalah contoh target market paling potensial.

4. Market Research Bisnis Warung Kopi

Coba acungkan tangan siapa diantara kalian yang suka nongkrong di warung kopi? Pasti banyak ya? Zaman sekarang warung kopi semakin instagramable lho. Tidak seperti warung kopi pada umumnya. Berkat inovasi anak muda yang ingin menyediakan tempat tongkrongan yang bisa dijadikan ajang kumpul bareng teman, kini warung kopi masa kini semakin banyak pengunjungnya.

Kalian pun bisa memulai usaha ini. Untuk contoh market research yang paling mudah, bisa mendatangi warung kopi yang paling ramai. Coba amati apa saja sih yang menarik dari tempat tersebut selain rasa kopi dan fasilitas wifi tentunya. Bisa jadi karena pelayanannya yang cepat dan menu yang disajikan beragam. Bisa juga karena view warung kopinya bikin adem dan betah buat nongki-nongki lama. Yang seperti itu, yang nantinya bisa ditiru.

5. Market Research Bisnis Cafe
Contoh Market Research 3

Tidak jauh berbeda dengan warung kopi, kalian pun dapat membuka usaha cafe dengan konsep yang sama. Tidak harus besar dan mewah, cafe kecil pun tidak mengapa. Bisa disiasati dengan konsep yang lebih unik dan menarik. Menu yang bervariasi hingga hiburan musik bisa jadi keunggulan dari cafe yang kalian dirikan.

Sekarang tidak sulit lagi bukan untuk mengetahui dan membuat contoh market research yang mudah dan menguntungkan. Siapa saja bisa menjalani bisnis menjanjikan asalkan tahu bagaimana cara melakukannya dengan benar, utamanya mengenai riset pasar yang penting. Selamat mencoba!

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555