kinerja pelayan restoran
Andhika Soetalaksana

Kiat Praktis Mengangkat Kinerja Pelayan di Restoran

Andhika Soetalaksana
kinerja pelayan restoran

Subscribe to our
newsletter!

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur lorem.

Sampingan — Pelayan merupakan salah satu tenaga kerja yang vital di restoran. Performa kerjanya sangat menentukan kesuksesan bisnis. Oleh sebab itu, restoran harus mampu mengangkat kinerja pelayannya.

Dampak besar performa pelayan berasal dari kondisi natural pekerjaannya. Mereka bertemu dan berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk melayani kebutuhannya. Ketika kinerjanya tidak memuaskan, pelanggan akan merasakannya. Kondisi tersebut pasti buruk bagi tingkat kepuasan di restoran.

Oleh sebab itu, pastikan performa waitress di restoran selalu optimal. Berikut ini beberapa kiat praktis untuk mengangkat kinerja pelayan di restoran yang bisa dicoba.

Pilih Pengaturan Jadwal Kerja yang Cerdas

Restoran sering menerapkan sistem shift. Pelayan dibagi menjadi beberapa tim dengan jam kerja sesuai jadwal yang ditentukan. Hal ini boleh saja diterapkan, namun disarankan untuk cerdas dalam melakukan pengaturan jadwal kerja.

Saat membaginya perlu dilihat kinerja semua pelayan yang dimiliki. Lalu pilah antara yang berperforma baik dan yang kurang. Sesudah itu, lakukan pengaturan jadwal kerja dengan menempatkan pelayan yang berkinerja baik di jam-jam sibuk. Hal ini untuk memastikan pelayanan berjalan maksimal ketika banyak pelanggan yang datang.

Namun, komunikasikan langkah ini dengan semua pihak. Tunjukkan bahwa performa pelayan di luar jam sibuk masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan. Ini penting demi memberi rasa keadilan bagi para pelayan yang berperforma baik karena beban kerjanya lebih berat.

Ciptakan Kerja sama Tim yang Baik

Hasil kerja pelayan tidak hanya tergantung dengan dirinya sendiri. Banyak pihak lain di restoran yang berkaitan dengannya seperti staf dapur ataupun kasir. Oleh sebab itu, kerja sama tim yang baik di restoran juga perlu dipastikan supaya pelayan mampu menunjukkan kinerja yang optimal.

Latih kerja sama antarpihak di restoran secara kontinu. Buat pula sistem yang memungkinkan kolaborasi terjadi dengan mudah. Dengan demikian, produktivitas kerjanya juga tinggi.

Ketika kerja sama terjadi dengan baik, pelayan akan terbantu. Mereka lebih mudah meningkatkan kualitas kerjanya.

Lakukan Pelatihan Memadai

Sama seperti tenaga kerja lain, pelatihan yang memadai diperlukan oleh pelayan supaya mampu memperlihatkan hasil kerja yang baik. Sejumlah aspek yang terkait dengan pekerjaannya memang perlu ditingkatkan.

Terdapat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Pertama adalah pemahaman terhadap menu. Pelayan harus tahu persis apa saja menu yang disiapkan, menu yang menjadi favorit, atau menu yang direkomendasikan oleh restoran. Pelanggan pasti akan menanyakannya kepada mereka sehingga harus benar-benar paham.

Selain itu, kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain juga perlu dilatih. Pelayan selalu berhubungan dengan pelanggan. Oleh sebab itu, mereka perlu menguasai people skill dengan baik.

Bekali Dengan Teknologi yang Mempermudah Pekerjaan

Teknologi diketahui mampu mendukung performa kerja. Hal tersebut bisa diterapkan pula ke pelayanan. Saat ini sudah banyak teknologi yang bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan pelayan. Bekali mereka dengan peralatan tersebut.

Sebagai contoh penerimaan pesanan dengan menggunakan tablet yang sudah terhubung dengan sistem pemesanan di restoran. Tentu ini akan memudahkan kerja pelayan. 

Para pelayan jadi tahu persis menu yang masih tersedia atau yang disiapkan. Mereka pun bisa mengecek status pesanan sehingga dapat menginformasikannya ke pelanggan.

Bukan hanya itu, kesalahan pesanan akan diminimalkan. Akibatnya kerugian akibat salah pesan bisa ditekan. 

Beri Apresiasi 

Pelayan perlu mendapat apresiasi atas hasil kerja yang diberikan. Penghargaan atas performa kerja yang positif dibutuhkan untuk menumbuhkan rasa dihargai.

Adapun bentuk penghargaannya bisa bermacam-macam. Bonus khusus berdasarkan kinerja bisa dipilih. Namun, apresiasi secara verbal dengan memberi pujian juga dapat dilakukan. Hal itu mungkin berarti besar bagi pelayan.

Ketika merasa dihargai, pelayan akan merasa bahagia. Tenaga kerja yang bekerja dengan hati yang senang cenderung menghasilkan hasil pekerjaan yang baik. Pastikan suasana menyenangkan tersebut terus terjaga di restoran.

Pelayan merupakan garda terdepan di restoran. Kinerjanya harus selalu baik karena sangat berpengaruh terhadap bisnis.

LIKE

[wp_ulike]

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
[Sassy_Social_Share]
Views
Likes

Tags:

You may also like

Ready to enhance your staffing?

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.