Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Cara Mengelola Pekerja Sementara Agar Berkinerja Optimal
Admin

Cara Mengelola Pekerja Sementara Agar Berkinerja Optimal

Admin
Cara Mengelola Pekerja Sementara Agar Berkinerja Optimal

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Pemanfaatan pekerja sementara untuk mendukung produktivitas sangat tepat. Namun, masih banyak pihak enggan menggunakannya. Kekhawatiran tentang pengelolaannya sering menjadi alasan. Padahal, jika ditangani dengan baik, temporary worker akan memberikan hasil optimal.

Keraguan terhadap pemanfaatan pekerja sementara berawal dari status kerja yang temporer. Loyalitas, kapabilitas, hingga keseriusan kerjanya dipertanyakan.

Hal tersebut sebenarnya tidak beralasan. Pekerja sementara pun bisa menunjukkan produktivitas tinggi. Namun, agar bisa memastikannya, perusahaan memang harus mempersiapkan pengelolaannya dengan baik.

Terdapat beberapa langkah yang perlu diambil supaya pekerja sementara berkinerja maksimal. Inilah yang harus dilakukan:

Menjelaskan Lingkup Kerja

Agar pekerja sementara berkinerja baik, perusahaan harus aktif menjelaskan cakupan kerja yang dilakukan. Jelaskan sebelum melakukan perekrutan kepada pekerjanya atau pihak penyedia tenaga kerja.

Paparkan tujuan, jenis pekerjaan, hingga apa yang diharapkan dari pekerjaan ini. Jika pernah punya pengalaman sebelumnya, bagikan kisahnya kepada penyedia tenaga kerja atau calon pekerja. Anda dapat menceritakan apa hal yang bisa ditiru maupun yang harus dihindari berdasarkan hal tersebut.

Menjelaskan secara mendetail mengenai cakupan kerja akan membuat calon tenaga kerja dan penyedia paham terhadap pekerjaan yang akan dilakukan. Mereka pun bisa mempersiapkan diri supaya bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

Semakin rinci penjelasan, hasilnya akan semakin baik. Artinya kesepahaman antara pekerja dan pihak yang mempekerjakan bertambah besar.

Integrasikan dengan Karyawan Tetap

Pekerja sementara seringkali tidak hanya bekerja sendiri. Mereka harus berinteraksi dan bekerja sama dengan karyawan tetap. Maka, agar hasil pekerjaannya baik, usahakan terdapat integrasi yang baik antara karyawan tetap dan pekerja sementara.

Hal itu bisa dimulai dengan mengkomunikasikan lingkup kerja dan peran pekerja sementara ke karyawan tetap. Lebih baik dipaparkan pula manfaat yang bakal diraih perusahaan dan tim berkat temporary worker tersebut. Dengan demikian, karyawan jadi tahu persis fungsi pekerja sementara.

Komunikasikan hal serupa kepada pekerja sementara. Jelaskan tentang nilai-nilai perusahaan dan cara kerja karyawan tetap. Yakinkan pula bahwa pekerja sementara tetap akan diperlakukan adil seperti halnya karyawan yang lain.

Komunikasi yang baik akan memudahkan proses integrasi. Jika hal tersebut bisa diraih, kolaborasi yang solid antara pekerja sementara dan karyawan tetap akan tercipta. Hasil kerja yang diberikan pun berkualitas.

Pantau Kinerja

Pemantauan kinerja pekerja sementara wajib dilakukan secara berkala. Meski semua sudah dipaparkan dengan jelas dan kolaborasi dengan karyawan lain telah tercipta, tetap saja bisa ada hambatan dan penyimpangan dari rencana sebelumnya.

Oleh karena itu, pemantauan diperlukan sebagai kontrol. Jika menemukan kekurangan dan masalah, perbaikan dan solusi bisa segera dijalankan. Sebaliknya jika mendapati semuanya berjalan baik, pekerjaan dapat terus dilakukan.

Berkat itu, hasil kerja pasti dijamin baik. Ada proses koreksi dan perbaikan di tengah jalan ketika terdapat kekurangan. Kans untuk kesalahan kerja akan diminimalkan.

Evaluasi Pekerja Sementara yang Gagal

Pekerja sementara belum tentu menghasilkan kinerja optimal sekalipun sudah diberi pemahaman dengan baik.  Oleh karenanya, jika terdapat kegagalan dalam pelaksanaan kerja, segera lakukan evaluasi. 

Cari tahu apa kesalahan yang membuat pekerjaan tidak berjalan baik. Agar tidak hanya satu sisi, gali lebih dalam penyebabnya dari berbagai pihak. Hal ini penting demi memperoleh informasi yang komprehensif. 

Pada akhirnya, informasi yang didapat bisa dijadikan pelajaran. Ke depan perusahaan bisa mengantisipasi agar kesalahan serupa tidak terulang. Hal itu akan membuat rancangan untuk pemanfaatan pekerja sementara akan lebih matang.

Melakukan berbagai hal yang dipaparkan akan membantu menjamin pekerja sementara bekerja optimal. Di lain sisi, pihak yang mempekerjakan pun lebih tenang karena telah memberikan pemahaman maksimal kepada temporary worker. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan pekerja sementara.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555