Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
cara-mendapatkan-customer-trust
Maulana Malik Muqorrobun

Mendapatkan dan Mempertahankan Customer Trust, Bagaimana Caranya?

Maulana Malik Muqorrobun
cara-mendapatkan-customer-trust

LIKE

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Kepercayaan dan loyalitas pelanggan adalah hal penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis. Namun pada kenyataannya, sulit untuk membangun sebuah kepercayaan dan loyalitas jangka panjang pada pelanggan bisnis yang dimiliki.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam mendapatkan atau mempertahankan kepercayaan pelanggan (customer trust) dari bisnis Anda.

Sebelum mengetahui lebih dalam terkait cara-cara yang dapat meningkatkan customer trust pada bisnis, pahami terlebih dahulu penjelasan seputar definisi customer trust berikut ini.

Apa Itu Customer Trust

Kepercayaan pelanggan atau customer trust adalah perilaku timbal balik terhadap apa yang pelanggan terima. Kepercayaan datang saat pelaku usaha memahami kebutuhan pelanggan, menghormatinya, lalu menawarkan layanan yang relevan.

Customer trust penting untuk diraih demi mempertahankan loyalitas dari pelanggan bisnis Anda. Karena, apabila tidak dipertahankan, kemungkinan pelanggan Anda akan berpaling ke kompetitor akan menjadi sangat besar dan kemungkinan terburuk seperti kehilangan pelanggan yang dimiliki juga dapat terjadi.

Tips Mendapatkan dan Mempertahankan Customer Trust

Ketika seorang pelanggan menghubungi perusahaan, yang mereka butuhkan adalah jawaban apakah perusahaan akan memahami masalah yang mereka hadapi. 

Hal tersebut sangat penting untuk dipahami oleh setiap bagian yang bertanggung jawab dalam mengatasi permasalahan pelanggan.

Bagian pertama dari interaksi perusahaan adalah harus menunjukkan bahwa pelaku usaha bisa melihat masalah yang sedang dialami pelanggan.

Setelah itu, perusahaan harus segera memberikan penawaran bantuan. Beritahukan pada pelanggan apa yang perusahaan akan lakukan dan langkah lebih lanjut apa yang diambil untuk menyelesaikan masalah mereka, jika ini bukan perbaikan langsung.

Ketika perusahaan menjaga transparansi, pelanggan akan menghargai hal tersebut dan akan menciptakan sebuah hubungan yang otentik.

Sebagai kesimpulan, simak beberapa tips menarik dalam membangun kepercayaan pelanggan dan menjaga pelanggan berikut ini agar tetap setia pada produk atau jasa dari bisnis Anda.

1. Memiliki customer service yang sangat baik

Tingkat customer service yang diberikan berdampak besar pada loyalitas dan retensi pelanggan. Memiliki staf pendukung yang berdedikasi dan menetapkan standar yang tinggi untuk kecepatan dan kualitas pelayanan menjadi sangatlah penting.

Setelah pelaku usaha menyewa dan melatih tim dukungan, perusahaan harus memudahkan pelanggan dengan beberapa saluran dukungan, dan tampilkan saluran tersebut secara mencolok di situs perusahaan.

Dukung agen perusahaan dengan menyiapkan daftar tanggapan yang perlu diberikan sebagai kerangka dasar interaksi mereka, dan perlakukan setiap pelanggan secara personal.

Karena sulit untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas  pelanggan jika mereka merasa diperlakukan seperti angka. Tujuan perusahaan seharusnya menawarkan layanan yang efisien dan konsisten dengan sentuhan pribadi.

Selain itu, Anda hanya membutuhkan beberapa detik upaya ekstra untuk membuat hari pelanggan Anda lebih menyenangkan.

2. Mempublikasikan ulasan dan testimoni pelanggan

Konsumen hampir selalu lebih mempercayai testimoni konsumen lain, tidak peduli seberapa bagus atau terpercayanya suatu produk dari pelaku usaha. 

Hal tersebut disebabkan karena pelanggan mengetahui bahwa betapapun tidak memihaknya, pada akhirnya pelaku usaha akan memposisikan produknya secara positif.

Pelaku usaha dapat menggunakan kepercayaan audiens dari pelanggan lain untuk keuntungan dengan mempublikasikan ulasan dan testimoni di situs.

Jika pelaku usaha menjalankan toko online, segera ajak pelanggan untuk memberikan ulasan dan menambahkan ulasan tersebut ke halaman produk.

Terlepas dari pendekatan pasti yang diambil, mendengar ulasan positif dari konsumen lain akan membuat calon pembeli lebih nyaman mencoba produk atau jasa sejak awal.

3. Transparansi

Jika ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pelaku usaha terlebih dahulu harus pantas untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

Hal tersebut  berarti jujur ​​dan transparan tentang apa yang akan dapat mereka harapkan dari pelaku usaha.

Hal tersebut harus dimulai sejak interaksi pertama mereka dengan produk yang ditawarkan pelaku usaha. Sebaiknya hindari teks penjualan yang menyesatkan dan gunakan kampanye pemasaran yang menarik perhatian.

Untuk memaksimalkannya, keterlibatan tim penjualan sangatlah dibutuhkan. Mereka harus berterus terang dengan informasi terkait penentuan harga, biaya yang dibutuhkan, dan kebijakan apa pun yang dapat mempengaruhi calon pembeli di masa mendatang, seperti prosedur pengembalian maupun pembatalan.

4. Meminta feedback

Pelanggan ingin tahu bahwa produk yang mereka beli memperhatikan pendapat dan kebutuhan mereka. Meminta feedback dan masukan secara teratur adalah cara terbaik untuk menunjukan apa yang perusahaan lakukan. 

Kirim survei secara teratur dan minta pelanggan Anda untuk memberikan pendapat mereka. Apakah produk Anda memenuhi harapan mereka? Apakah mereka bisa mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan saat memiliki pertanyaan? Apakah mereka puas dengan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan perusahaan Anda?

Yang terpenting, survei Anda harus mencakup area dimana pelanggan dapat memberikan saran tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik.

Kemudian, saat Anda meninjau tanggapan, cari peluang untuk membuat peningkatan. Karena ketika Anda menggunakan umpan balik dari para pelanggan untuk membuat perubahan nyata, Anda tidak hanya menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda menghargai masukan mereka, tetapi juga dapat membuat jenis penyesuaian yang berdampak positif pada seluruh basis pelanggan Anda.

5. Membuat program loyalitas

Program loyalitas adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.

Ketika pelaku usaha menawarkan hadiah untuk pembelian berulang, hal ini akan memberi pelanggan insentif yang jelas untuk tetap menggunakan produk dari pelaku usaha tersebut.

Terlebih lagi, strategi ini dapat digunakan pada hampir setiap industri dan model bisnis. Meskipun diskon adalah bentuk hadiah yang paling populer, kemungkinannya tidak terbatas.

Tingkatkan Customer Trust dengan Bantuan Layanan CXM Sampingan

Kunci dari membangun customer trust adalah penyediaan pelayanan pelanggan yang optimal. Sampingan menyediakan layanan Customer Experience Management (CXM) untuk membantu perusahaan mengoptimalkan customer support yang ingin dibangun terhadap konsumen, dengan begitu, customer trust yang bisnis Anda miliki akan semakin meningkat dan loyalitas yang didapat semakin besar.

Layanan ini terdiri atas jasa Customer Service dan Back Office Center yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan bisnis Anda, serta membantu menjawab pertanyaan dan menemukan solusi dari keluhan yang dihadapi oleh pelanggan.

Untuk mengetahui lebih lanjut fitur dan layanan dari CXM Sampingan, kunjungi laman berikut dan pelajari selengkapnya.

LIKE

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

You may also like

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555