Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
kerja-sampingan-malam-hari
Admin

Bisnis Sampingan PNS

Admin
kerja-sampingan-malam-hari

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Dapatkan newsletter bisnis terkini dari Sampingan!

Bisnis Sampingan PNS – Indonesia merupakan salah satu negara yang potensial untuk mengembangkan pertanian dan perkebunan. Sayang sekali banyak anggapan salah mengenai profesi di bidang pertanian dan perkebunan hanya untuk masyarakat pedesaan. Padahal, potensi bisnis di bidang pertanian dan perkebunan sangat besar. Salah satunya bisnis sampingan PNS.

4 Bisnis Sampingan PNS

Bagi Anda yang berstatus PNS, bisa mencoba bisnis perkebunan lahan sempit di rumah sebagai pekerjaan sampingan. Ada beberapa jenis bisnis sampingan PNS yang bisa Anda jadikan referensi berikut ini.

Tanaman tomat

Bisnis perkebunan lahan sempit yang memanfaatkan taman di depan atau belakang rumah adalah tanaman tomat. Anda bisa mencoba bisnis sampingan PNS yang potensial dengan menanamnya di polybag.

Sistem tanam di polybag memberikan banyak keuntungan untuk perkembangan bisnis tanaman tomat Anda, misalnya perkembangan tanaman tomat yang lebih mudah dikontrol, pemberantasan hama dan penyakit yang jauh lebih mudah, efisiensi perawatan tanaman lahan sempit, dan lain-lain.

Anda wajib mencari info atau riset mengenai media tanam, persemaian, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan tanaman tomat. Siapa tahu Anda bisa menjual hasil panen tomat segar atau organik dengan harga lebih mahal.

Tak hanya sekadar memberikan untung berupa uang semata, aktivitas bisnis sampingan PNS bisa menjadi media menyalurkan hobi dan kelola stress dari rutinitas harian Anda.

Tanaman cabai

Selain tomat, bisnis sampingan PNS yang memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah adalah tanaman cabai. Saat momen kelangkaan cabai, harga bumbu masak ini bisa menembus angka ratusan ribu per kilogram.

Memang banyak orang menganggap bahwa bisnis perkebunan khususnya penanaman cabai hanya bisa dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Sudah sepatutnya Anda sebagai masyarakat yang tinggal di perkotaan mampu menciptakan inovasi penanaman cabai di rumah saja.

Anda wajib mencari informasi lebih akurat baik offline atau online mengenai tata cara penanaman cabai. Tidak menutup kemungkinan usaha Anda untuk memanfaatkan lahan sempit di rumah berbuah manis, lho!

Bawang merah

Potensi bisnis sampingan PNS yang menggiurkan adalah menanam bawang merah di lahan sempit rumah. Toh, Anda hanya membutuhkan media tanam tidak begitu besar untuk menanam bahan pokok memasak ini.

Harga bawang merah cenderung stabil sehingga kemungkinan untung jauh lebih besar. Minimal Anda bisa memenuhi kebutuhan dapur dari tanaman hasil sendiri, bukan? Mengandalkan polybag saja, Anda bisa menanam bawang merah menggunakan media tanah ditambah dengan dolomit.

Pupuk kompos akan membantu pertumbuhan bawang merah lebih baik. Anda bisa bertanya pada ahli atau mencari informasi lengkap kalau tertarik mencoba bisnis tanam bawang merah di lahan sempit.

Sayuran organik

Tentu ada banyak pilihan yang bisa Anda coba untuk bisnis sampingan PNS ini. Menanam sayuran organik dengan sistem hidroponik juga cocok dikerjakan secara part time.

Anda bisa mencoba menanam kangkung, sawi, bayam, dan lain-lain menggunakan media hidroponik yang lebih hemat air. Bergaya tanam dengan konsep vertikal bisa pula Anda terapkan untuk rumah dengan lahan yang sempit.

Bisnis sampingan PNS bisa Anda jalankan dikala waktu luang atau sepulang dari kantor. Lebih fleksibel dan cocok menjadi pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu prioritas Anda sebagai karyawan tetap negara. Keuntungan yang diberikan bisa menjadi tambahan gaji bulanan Anda, bukan?

Kalau Anda mencari informasi bisnis sampingan PNS atau pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan kapan saja, gabung saja bersama program reseller sampingan. Dapatkan keuntungan besar yang bisa menambah pundi rupiah Anda setiap bulan. Mendapatkan gaji ganda yang fantastis, kenapa tidak?

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Dapatkan newsletter bisnis terkini dari Sampingan!

You may also like

Learn more about Sampingan!