Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Bagaimana Mempersiapkan Acara Promosi Dengan Baik_
Maria Britta

Bagaimana Mempersiapkan Acara Promosi Dengan Baik?

Maria Britta
Bagaimana Mempersiapkan Acara Promosi Dengan Baik_

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Ada kalanya program promosi harus dilaksanakan dengan menggelar perhelatan di satu lokasi. Dampak aktivitas tersebut sangat penting bagi bisnis. Oleh sebab itu, persiapannya harus optimal supaya kegiatan sukses.

Promosi memang sudah menjadi keseharian dari bisnis. Pelaksanaannya merupakan bagian dari aktivitas pemasaran yang penting bagi kemajuan usaha.

Oleh karena itu, kegiatan promosi harus disiapkan sebaik mungkin. Jangan sampai rusak karena persiapan yang kurang sempurna. Untuk melakukannya, ada beberapa hal yang bisa dijalankan berikut ini:

Buat Anggarannya

Dalam menyelenggarakan kegiatan promosi pasti membutuhkan biaya. Akan ada dana yang dikeluarkan untuk berbagai hal seperti persiapan lokasi, sumber daya manusia pelaksana, hingga aneka material promosi yang diperlukan.

Semua itu pasti membutuhkan perhitungan tersendiri. Oleh karena itu, agar kegiatan promosi bisa berjalan baik, persiapkan perhitungannya sebaik mungkin. Perkirakan dana yang dimiliki untuk menyelenggarakannya.

Tentukan jumlah dana yang akan dipergunakan terlebih dulu. Baru setelah itu, aneka perencanaan kreatif event promosi dapat dilakukan. Sebab, rencana akan dilakukan berdasar bujet yang diperoleh.

Ingat, kreativitas acara bisa bermacam-macam dan bersifat tanpa batas. Namun, semuanya harus sesuai dengan anggaran finansial kegiatan yang sudah dibuat.

Siapkan Sumber Daya Manusia

Kini saatnya menyusun tim untuk menjalankan kegiatan promosi. Tentukan semua yang berkaitan dengan sumber daya manusianya. Apakah dari tim internal atau pihak eksternal perusahaan?

Pertimbangankan berdasarkan anggaran finansial yang sebelumnya sudah dibuat. Namun, sangat disarankan untuk memanfaatkan tenaga kerja alih daya staf event. Hal ini dikarenakan mereka sudah berpengalaman membuat aneka jenis perhelatan promosi sehingga profesional.

Harus diingat, banyak hal yang perlu dipersiapkan supaya event promosi sukses. Maka, perlu pengalaman khusus untuk melakukannya. Berkaitan dengan itulah, tenaga alih daya staf event sangat membantu.

Manfaatkan kemampuannya dengan baik. Lalu, gunakan pula jejaring yang biasa mereka miliki untuk menekan biaya atau mempermudah pelaksanaan kegiatan. Misalnya koneksi ke pemilik tempat acara, penyedia catering, dekorasi, atau lighting. 

Minta tenaga staf event outsource untuk menghubungi mereka dan mempersiapkan semuanya untuk mendukung pelaksanaan kegiatan. Jalannya acara bisa lebih baik.

Membuat Detail Perencanaan Kegiatan

Saatnya membuat perencanaan kegiatan dengan lebih detail. Rancang semua yang akan dilakukan dari sebelum event digelar, saat perhelatan, hingga sesudahnya.

Sebagai contoh, sebelum perhelatan dimulai, bentuk dan jenis acaranya sudah harus dipersiapkan. Penentuannya akan memengaruhi banyak hal seperti pemilihan lokasi, peralatan yang dibutuhkan, maupun pihak pelaksana seperti artis ataupun presenter acara. Pastikan semuanya sejak awal.

Lalu, ketika persiapkan segala sesuatu pada hari kegiatan digelar. Rancang apa saja yang harus dilakukan. Pastikan semuanya didata dengan detail sehingga susunan acaranya berjalan baik. 

Jangan lupakan pula persiapan kegiatan lanjutan jika ada. Misalnya pertimbangkan cara mendapat masukan dari pengunjung terhadap jalannya kegiatan promosi. Itu juga perlu direncanakan agar data bisa diperoleh dengan mudah.

Promosikan Kegiatan 

Jangan lupa memasarkan kegiatan promosi yang sudah digelar. Ini penting supaya gaung acara semakin besar dan target hasil yang dipatok sesuai harapan.

Lakukan upaya pemasaran kegiatan sejak sebelum kegiatan digelar. Tentukan target audience yang cocok untuk perhelatan. Lalu pasarkan ke mereka. Promosikan baik dengan cara digital maupun konvensional. Misalnya dengan membuat publikasi di media massa, membuat pengumuman di media sosial, atau melepas rilis resmi ke pers.

Jelaskan pula bagaimana cara bisa ikut serta dengan kegiatan promosi. Paparkan dengan jelas pendaftarannya jika ada. Lalu, gaungkan kemeriahan acara supaya target audience sesuai yang diharapkan.

Lakukan berbagai hal yang dipaparkan sebelumnya untuk mempersiapkan acara promosi dengan baik. Merencanakan dengan detail bisa membantu memastikan kegiatan berjalan lancar.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555