Strategi-Rekrutmen-untuk-Bisnis-Logistik-Sampingan
Ramadhika Tetuko Putro

Telesales: Pengertian, Jenis-jenis, Skill, dan Perbedaannya dengan Telemarketing

Ramadhika Tetuko Putro
Strategi-Rekrutmen-untuk-Bisnis-Logistik-Sampingan

Subscribe to our
newsletter!

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur lorem.

Pernah mendapat telepon dari sales yang menawarkan produk atau layanan dari suatu perusahaan? Yap, mereka adalah salah satu dari petugas telesales yang bekerja di sebuah perusahaan. Profesi ini sangat dibutuhkan agar bisnis perusahaan dapat meraih keuntungan yang stabil melalui prospek dan klien baru. Nah, bagi kamu yang ingin terjun ke dunia sales dan meniti karier sebagai telesales, ada beberapa skill dan jenis-jenis telesales yang perlu diketahui. Yuk, simak berikut ini.

Apa itu Telesales?

Telesales adalah seorang perwakilan di sebuah perusahaan yang bertugas untuk menjual produk atau layanan perusahaan melalui telepon. Para perwakilan ini diharapkan dapat mendapatkan pelanggan atau prospek secara langsung untuk mendorong pelanggan membeli penawaran dari perusahaan. Untuk itu, telesales biasanya memiliki target yang harus dipenuhi.

Untuk mencapai target yang diharapkan, telesales harus membangun strategi penjualan yang efektif. Seorang telesales harus bisa membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Caranya adalah berfokus pada keinginan dan kebutuhan pelanggan, sehingga tercipta kebutuhan dan kepercayaan dari pelanggan terhadap tawaran yang diberikan.

Jenis-jenis Telesales

Umumnya, perusahaan memiliki dua tipe telesales, yaitu inbound dan outbound. Apa bedanya? Simak penjelasannya.

1. Inbound telesales

Inbound telesales adalah representatif yang bertanggung jawab untuk menerima panggilan dari pelanggan. Mereka biasanya bertugas untuk menjawab semua pertanyaan atau keluhan yang dimiliki oleh pelanggan dan prospek. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan rasa kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan.

2. Outbound telesales

Berbeda dengan inbound, outbound telesales bertugas untuk menghubungi target pelanggan yang sesuai dengan profil dan kebutuhan perusahaan. Biasanya, tim outbound akan diberi daftar yang berisi nama dan akun yang perlu mereka hubungi dan ditawari produk atau layanan milik perusahaan. Tujuan utamanya adalah untuk prospecting serta lead generation, yang nantinya akan berkontribusi terhadap penjualan perusahaan.

Perbedaan Telemarketing dan Telesales

Masih banyak yang menganggap bahwa telemarketing dan telesales adalah dua profesi yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho. Simak penjelasannya.

1. Telemarketing

Telemarketing adalah layanan yang bertugas membangkitkan minat, menciptakan peluang, memberikan informasi, hingga membuat janji temu dengan pelanggan via telepon. Mereka lebih berfokus pada pemasaran dan informasi layanan, bukan menjual produk atau layanan secara langsung. Telemarketing juga biasanya bertanggung jawab untuk menyeleksi calon pelanggan potensial yang dibutuhkan telesales (generate leads).

2. Telesales

Di sisi lain, telesales adalah orang yang bertugas menjual produk atau layanan secara langsung kepada pelanggan melalui panggilan telepon. Telesales-lah yang bertanggung jawab mengubah prospek yang telah dibuat oleh telemarketing menjadi pelanggan tetap untuk produk dan layanan perusahaan. Target dari telesales adalah calon pelanggan yang sudah dianggap potensial dan memiliki kecenderungan atau kebutuhan untuk memakai produk atau layanan yang ditawarkan.

Skills Telesales

Setelah melihat lingkup kerja dan tanggung jawab telesales, kira-kira skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang telesales yang kompeten? Berikut ini adalah kualifikasi dan kemampuan yang dibutuhkan bila kamu ingin meniti karier sebagai telesales.

  1. Kemampuan komunikasi yang baik
  2. Kemampuan public speaking yang baik
  3. Cekatan
  4. Ahli dalam menganalisis data
  5. Memiliki kemampuan networking yang baik
  6. Komunikatif dan persuasif
  7. Fleksibel
  8. Pantang menyerah
  9. Semangat dalam mencapai target

Lowongan Kerja Telesales

Sedang mencari lowongan kerja sebagai telesales? Kamu bisa mencari berbagai lowongan kerja telesales di Sampingan.co.id. Sampingan adalah perusahaan teknologi yang menyediakan suatu platform bagi para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasinya.

LIKE

[wp_ulike]

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
[Sassy_Social_Share]
Views
Likes

Tags:

You may also like

Ready to enhance your staffing?

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.