Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Apa itu Market Research
Ryan Dwi Putra

Kepoin Kuy Apa Itu Market Research Biar Usaha Makin Sukses

Ryan Dwi Putra
Apa itu Market Research

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Memahami apa itu market research menjadi hal penting yang harus dilakukan. Tujuannya, sebagai bekal kedepan untuk mengembangkan usaha lebih tertata dan menjadi besar. Kuy, kita bedah di sini!

Kepoin Yuk Apa Itu Market Research!

Apa itu Market Research 1

Apa itu market research? Nah kita jangan bingung dengan istilah ini. Orang jualan yang dipikirkan pertama kali pasti orang yang mau beli dan produk apa yang mau dijual. Sebagus apapun produknya kalo nggak ada yang beli yah sama aja bohong, mending tidur aja deh. Orang jualan produk pasti yang diharapkan orderan membludak. Nah keuntungan itu didapatkan dengan larisnya produk yang dijual.

Market research tuh dapat diartikan sebagai riset pemasaran sebelum memulai usaha lebih jauh lagi. Jadi kalian harus tahu kalau dalam bisnis apapun, tentu target pembeli adalah hal yang penting harus dipikirkan selain produk yang akan dijual.

Jadi, market research adalah jembatan pertama yang harus kita lakukan untuk mengetahui seberapa besar permintaan pasar, peluang pasar dan semua hal yang berhubungan dengan market sebelum terjun lebih dalam pada dunia bisnis. Kerenkan? Bahkan nih dengan adanya market research bisnis bisa lebih tertata dan menjadi besar mengikuti trend yang ada.

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Melakukan Market Research

Biar nggak makin kepo, ini nih beberapa hal yang berhubungan dengan apa itu market research dan apa aja yang harus dipersiapkan.

1. Tentukan Target Market Research atau Bidikan

Penting banget nih sebelum memulai bisnis untuk mulai rencanakan dengan matang, produk apa yang mau dijual dan siapa target yang akan membeli. Jika itu semua telah jelas maka saatnya kalian bergerak untuk mencari koresponden yang mau dijadikan target mengisi survey. Market research akan dibutuhkan sebelum benar-benar terjun untuk memulai usaha.

(Baca juga: Cara Jitu Memilih Agency Riset Pasar Jakarta yang Tepat dan Profesional)

Kalian juga harus memahami kalau kurangnya pengetahuan bisa banget berdampak pada usaha kedepannya, sehingga  nggak sesuai dengan yang diharapkan dikarenakan kurang riset. Kalo sudah begini tentu nyalahin orang lain bukan solusi jitu. Karena itulah menentukan market research sebagai bentuk simulasi awal penting untuk dilakukan.

Untuk melakukan research  tuh bisa menggunakan jasa market research yang sudah ada atau bisa juga ngelakuin sendiri dengan pengetahuan yang dipahami. Eh tapi, dari segi hasil, akan jauh berkesan jika langsung terjun sendiri untuk mencari data, karena secara tidak langsung pasti akan berinteraksi dengan market research secara langsung. Jangan baper ya kalo ternyata hasilnya gak seperti yang diinginkan, karena begitulah fakta di lapangan yang terjadi.

2. Lakukan Pengujian Pasar
Apa itu Market Research 2

Butuh banget yang namanya pengujian dan ini dilakukan untuk mengetahui respon dari masyarakat terkait produk. Apapun produknya yang penting melakukan research dulu. Kalau udah, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengujian.

Dengan pengujian  dari hasil riset, kalian bisa dapat data valid. Kalau gak dilakukan pengujian ya percuma saja, data market research nggak akan didapatkan dengan akurat dan terpercaya. Nah buat pengujian bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti wawancara langsung, mengisi data, pengamatan secara langsung, menjual contoh produk dan cara lain buat ngedapetin data yang diinginkan.

3. Pahami Kemauan Pasar

Kalo udah dapat data market research yang valid, maka mulai deh menganalisis hasil tersebut, sejauh mana keinginan market research terhadap produk yang ditawarkan. Kalau mau dagangan laris yang jelas harus mengikuti keinginan market yang ada. Kata orang sukses, dalam berbisnis itu ikuti kebutuhan orang, jangan mengikuti apa yang dimau penjualnya. Jadi istilah pembeli adalah raja berlaku dalam hal ini.

4. Menyimpulkan Hasil Market Research

Menyimpulkan tentu jauh lebih mudah setelah melakukan research. Dari market research itulah langkah ke depan harus dilakukan dengan pasti. Supaya nggak salah sasaran, penting banget memperbaiki kalau ada yang kurang tepat. Jadi sah sah aja ganti strategi yang penting tujuannya jualan laris.

Begitulan sedikit penjelasan seputar apa itu market research. Dengan langkah awal yang bisa dibilang penuh persiapan, tentu hasilnya gak akan mengecewakan. Kalo pun ada hambatan, kalian bisa dengan sigap langsung disergap cari solusi bersama. Market research bisa diulang lagi jika hasilnya belum cukup puas. Semoga berhasil ya!

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555