Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Alasan Setiap Perusahaan Harus Punya Contact Center Agent
Maria Britta

Alasan Setiap Perusahaan Harus Punya Contact Center Agent

Maria Britta
Alasan Setiap Perusahaan Harus Punya Contact Center Agent

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Bagi semua jenis bisnis, pelanggan adalah raja. Oleh karena itu, pelayanan maksimal harus diberikan kepada mereka. Keberadaan contact center agent di perusahaan dapat menjadi wujud nyata.

Sering pula disebut sebagai call center, contact center agent merupakan sentra pelayanan terhadap konsumen. Ini menjadi saluran bagi pelanggan untuk menghubungi satu bisnis.

Bentuk contact center agent terus berkembang. Pada era 1990-an hingga 2000-an, perusahaan banyak yang menggunakan saluran telepon. Mereka khusus menyediakan nomor yang siap dihubungi oleh pelanggan setiap saat karena ada tim yang selalu meresponsnya.

Kini, ketika digitalisasi terjadi di mana-mana, bentuk pelayanan pelanggan juga berkembang. Pelanggan bisa menghubungi bisnis lewat berbagai saluran seperti email, media sosial, atau layanan pesan instan.

Hal ini sering membuat contact center agent dianggap tidak relevan lagi. Padahal, pandangan seperti itu salah. Keberadaan contact center agent tetap akan dibutuhkan sampai kapan pun.

Alasan paling mendasar berkaitan dengan koneksi yang bersifat personal dan manusiawi. Secara mendasar, pelanggan paling suka mendapat layanan yang bersifat pribadi dan langsung dari manusia lain. Hal itu bisa diperoleh dari contact center agent.

Jadi, biarpun jenis layanan lain sudah begitu canggih dengan memanfaatkan teknologi terdepan, sentuhan manusiawi tetap tidak bisa dikalahkan. Maka, lebih baik perusahaan menggunakannya untuk menambah kemudahan berinteraksi dengan pelanggan.

Perlu disadari, contact center agent sering kali menjadi pusat pertemuan bisnis dan pelanggannya yang nyata. Misalnya sebuah bisnis online yang menjual produk di situsnya. Pelanggan berbelanja di sana dengan mudah. Namun, kenyataannya, mereka tidak berhubungan langsung dengan pelaku bisnisnya secara riil.

Padahal, interaksi yang baik bisa menjadi cara untuk menghadirkan pengalaman yang positif kepada pelanggan. Hal itu hanya bisa terjadi di contact center agent. Oleh sebab itu, perusahaan hendaknya memaksimalkannya sebagai cara menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggannya secara langsung. 

Bukan hanya itu, ketika satu bisnis mau berinteraksi langsung dengan pelanggan, wawasan penting juga diperoleh. Mereka tahu persis pendapat pelanggannya. Ini bisa menjadi bekal untuk peningkatan kualitas produk maupun pelayanannya.

Menghadirkan Manfaat Lanjutan

Interaksi menjadi cara bagi bisnis untuk menyapa dan memahami pelanggannya. Oleh sebab itu, semua perusahaan harus memiliki contact center agent. Keberadaannya akan memberi dampak lanjutan yang sangat bermanfaat. Inilah beberapa di antaranya:

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Sebelum memutuskan untuk berbelanja, pelanggan sering mencari nomor kontak satu bisnis terlebih dulu. Mereka ingin memastikan ada saluran yang bisa dihubungi jika terdapat masalah mengenai transaksi pembelian yang hendak dijalankan. 

Begitu sudah menemukannya, pelanggan akan lebih merasa yakin untuk bertransaksi. Oleh sebab itu, contact center agent sangat diperlukan oleh setiap perusahaan.

Melalui contact center agent, perusahaan bisa berinteraksi untuk menghadirkan kepercayaan kepada pelanggannya. Hal ini akan menumbuhkan keyakinan bagi para pelanggan.

Menumbuhkan Kredibilitas di Mata Pelanggan

Memiliki contact center agent bisa memberi kredibilitas tersendiri bagi perusahaan. Pelanggan akan menilai perusahaan tersebut profesional sehingga terpercaya.

Misalnya pelanggan menghubungi contact center agent. Di sana mereka mendapat pelayanan yang menyenangkan. Pelanggan akan merasa perusahaan tersebut kredibel dan layak dipercaya.

Pada akhirnya hal ini akan penting bagi perkembangan bisnis. Kepercayaan pelanggan menjadi fondasi untuk kemajuan. Berawal dari situ, pelanggan mau terus berinteraksi dengan perusahaan hingga akhirnya melakukan pembelian.

Memberi Pelayanan Maksimal

Pelanggan selalu suka dilayani dengan maksimal. Salah satu cara menghadirkannya ialah dengan menghadirkan contact center agent di perusahaan. Melalui saluran tersebut, pelanggan bisa mendapat pelayanan yang diharapkan.

Misalnya perusahaan bisa mendesain contact center agent untuk beroperasi 24 jam dalam sepekan. Hal ini akan menghadirkan keunggulan dibanding pesaing. Sebab, pelanggan bisa menghubungi perusahaan setiap waktu sesuai keinginan.

Ingat, bisa jadi pelanggan sibuk dengan aktivitasnya. Mereka hanya punya waktu luang di luar jam kerja atau hanya pada akhir pekan. Contact center agent dapat menjadi saluran bagi pelanggan untuk menghubungi perusahaan pada masa-masa tersebut.

Contact center agent sangatlah penting. Miliki sekarang juga untuk memudahkan interaksi pelanggan dengan perusahaan. 

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555