Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Alasan Kunjungan ke Pelanggan Perlu Dilakukan Secara Rutin
Aprilia Kasanah

Alasan Kunjungan ke Pelanggan Perlu Dilakukan Secara Rutin

Aprilia Kasanah
Alasan Kunjungan ke Pelanggan Perlu Dilakukan Secara Rutin

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Beban kerja memang seperti tidak ada habisnya. Namun, di tengah kesibukan kerja, kunjungan pelanggan tetap perlu dilakukan secara rutin.

Banyak pelaku bisnis yang terkadang mengabaikan hubungan dengan pelanggan lama. Fokus lebih ditujukan ke menggaet konsumen baru. Padahal, pelanggan yang sudah dimiliki merupakan fondasi bisnis yang paling bagus.

Menurut Smallbiztrendz, sekitar 65 persen penjualan sebuah bisnis akan berasal dari pelanggan lama. Selain itu, pakar pemasaran Neil Patel menyebutkan kemungkinan sukses menjual ke pelanggan lama mencapai 60-70%. Sedangkan bagi pelanggan baru hanya 5-20%.

Hal tersebut sebenarnya sudah menjadi alasan untuk memerhatikan pelanggan lama secara lebih serius. Salah satu caranya dengan melakukan kunjungan rutin. Namun, jika mau melakukannya, masih banyak manfaat lain yang bisa dipetik. Inilah beberapa di antaranya:

Membangun Relasi

Kunjungan ke pelanggan perlu dilakukan secara reguler supaya relasi terbangun. Berinteraksi dengan mereka akan menjadi fondasi hubungan bisnis yang baik. Selain itu, kunjungan juga memperlihatkan keseriusan bisnis dalam memerhatikan pelanggannya. 

Tim penjualan disarankan melakukannya secara teratur. Interaksi reguler dengan pelanggan akan mendukung peningkatan kepercayaan pelanggan untuk berbisnis dengan perusahaan.

Namun, sesekali juga tim dari departemen lain bisa diajak untuk menemui pelanggan untuk menciptakan relasi baru. Bukan hanya itu, hal tersebut akan membuka mata tim dari departemen lain terhadap kebutuhan bisnis ataupun kondisi riil di lapangan.

Mendapat Masukan

Masukan dari pelanggan pantang sekali diabaikan. Sebaliknya, hal itu justru harus digali sebanyak mungkin demi perbaikan diri. Oleh karena itu, kunjungan pelanggan perlu dilakukan secara rutin.

Ketika berkunjung ke pelanggan, Anda bisa meminta masukan dari mereka. Minta mereka untuk mengutarakan apa yang dirasa kurang ataupun hal yang dianggap sudah bagus dalam layanan atau produk perusahaan Anda.

Hasil yang diperoleh merupakan wawasan berharga. Perusahaan bisa menjadikannya sebagai bahan untuk terus meningkatkan proses kerja ataupun kualitas produk atau layanan supaya pelanggan merasa puas.

Baca juga : Tips Memonitor Kinerja Tim Penjualan di Lapangan

Menjauhkan Pelanggan Dari Tangan Kompetitor

Jangan kira pelanggan yang sudah ada akan terus menjadi pelanggan setia. Hal itu tidak mudah diwujudkan. Ingat, ada kompetitor yang berusaha menggaetnya menjadi pelanggannya.

Persaingan dalam bisnis pasti ada. Kompetitor akan memperebutkan pelanggan yang sama. Oleh sebab itu, beragam cara akan digunakan untuk menariknya sebagai pelanggannya.

Hal ini perlu diantisipasi. Kunjungan rutin ke pelanggan bisa menjadi salah satu caranya. 

Dengan memberi perhatian serius, pelanggan akan dijauhkan dari pendekatan yang dilakukan kompetitor. Mereka akan selalu menjadi pelanggan bisnis Anda.

Uji Kualitas Hasil Strategi Bisnis

Banyak yang ingin tahu persis bagaimana hasil strategi bisnis yang diterapkan selama ini. Untuk melakukannya, riset mandiri maupun pengamatan atas hasil penelitian pihak lain sering dijadikan rujukan. Padahal, hanya dengan melakukan kunjungan ke pelanggan, hal serupa bisa didapati.

Menemui pelanggan secara langsung berarti tahu persis kondisi riil di lapangan. Masukan, komplain, atau pujian yang diterima bisa menjadi indikator hasil pelaksanaan strategi bisnis yang selama ini diterapkan.

Jika lebih banyak menerima pujian dari pelanggan yang puas, maka strateginya sudah pasti tepat. Hal tersebut berlaku sebaliknya. Maka, pelaku bisnis dituntut sering berinteraksi langsung dengan pelanggannya agar tahu pendapatnya tentang produk atau layanan yang diberikan.

Demonstrasi Kemampuan

Kunjungan ke pelanggan bisa menjadi sarana mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki. Misalnya pelanggan mengeluhkan tentang sebuah hal. Tim yang datang bisa jadi mampu memberikan solusi dengan cepat. Pelanggan puas karena masalahnya terselesaikan.

Bersamaan dengan itu, pelanggan jadi yakin terhadap bisnis Anda. Mereka percaya bahwa Anda kapabel memberikan layanan yang dibutuhkan karena melihatnya secara langsung.

Oleh sebab itu, kunjungan secara rutin diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan tersebut. Begitu konsumen sudah yakin bisnis Anda kapabel, maka mereka akan selalu memprioritaskan Anda dibanding yang lain.

Kunjungan ke pelanggan terlihat sepele. Namun, jika dilakukan secara reguler, banyak manfaat yang akan diperoleh oleh pelaku bisnis. Lakukan sekarang juga.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555