Curious about what your customers are doing during the pandemic? Get a free market research report here
Memilih Software Workforce Management
Yosifebi Ramadhani

5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Software Workforce Management

Yosifebi Ramadhani
Memilih Software Workforce Management

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
Likes

Get newsletter
from Sampingan!

Software Workforce Management merupakan solusi yang dapat digunakan untuk bisnis Anda guna mempermudah mengelola tenaga kerja. Namun dalam memilih software workforce management, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar penggunaannya dapat mengoptimalkan operasi bisnis Anda.

Apa itu Software Workforce Management?

Software Workforce Management adalah perangkat lunak yang digunakan perusahaan untuk memonitor dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan secara keseluruhan. Manajemen menggunakan software workforce management untuk mengatur dan mengawasi operasi harian karyawan, jam keluar-masuk karyawan, gaji, dan berbagai kebutuhan tenaga kerja lainnya.

Saat ini, ada banyak pilihan software workforce management yang tersedia. Namun, belum tentu semua pilihan yang ditawarkan cocok dengan kebutuhan tenaga kerja perusahaan Anda. Penting untuk memastikan bahwa software workforce management yang akan Anda pilih dapat menjawab permasalahan yang bersangkut dengan pengelolaan tenaga kerja, dan tidak hanya memboroskan budget Anda.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih Software Workforce Management.

1. Kebutuhan pengelolaan tenaga kerja perusahaan

Langkah pertama sebelum memilih software workforce management yang cocok adalah mengidentifikasi isu dan keperluan karyawan-karyawan dan divisi yang akan terpengaruh dengan perangkat lunak tersebut. 

Software Workforce Management bertujuan untuk meringankan permasalahan pengelolaan tenaga kerja. Karena itu penting untuk mengidentifikasi terlebih dahulu kebutuhan manajemen agar solusi yang tepat dapat dicari. 

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis yang menyangkut tenaga kerja:

  • Kebijakan apa yang menghalangi karyawan-karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka?
  • Bagaimana Anda berharap software workforce management akan membuat Anda lebih efektif?
  • Aspek tenaga kerja apa yang perlu dimonitor untuk memastikan efektivitas?
  • Fleksibilitas semacam apa yang diperlukan oleh para tenaga kerja?

2. Kemudahan penggunaan

Tujuan penggunaan software workforce management adalah untuk meringankan operasi harian manajemen tenaga kerja, dan bukan untuk merumitkan. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan perangkat lunak merupakan faktor penting yang perlu diperhitungkan. 

Perangkat lunak yang menawarkan banyak fitur dengan bahasa yang rumit belum tentu menjadi pilihan yang terbaik, karena apa gunanya fitur yang rumit jika tidak bisa dioperasikan oleh staf manajemen.

Jika Anda ingin karyawan terus menggunakan software workforce management dan mempertahankan tenaga kerja yang produktif, perangkat lunak tersebut harus memiliki fitur dan interface yang ramah pengguna. 
Prioritaskan perangkat lunak yang memudahkan Anda untuk mengakses semua informasi penting, seperti lembar kehadiran dan performance tracker, di satu tempat. Kompatibilitas software workforce management dengan ponsel juga diperlukan untuk menyesuaikan mobilitas karyawan.

Using salesforce management software, you can identify and analyze their buying intent. Salesforce management software will capture your potential customers and existing customers’ behavior and interest within your system.

3. Fleksibilitas fitur

Kebutuhan tenaga kerja di tiap perusahaan berbeda-beda. Oleh karena itu penting untuk memilih software workforce management yang dapat disesuaikan fiturnya dengan keperluan bisnis Anda.

Ada beberapa fitur dasar yang diperlukan di dalam software workforce management. Fitur untuk memonitor dan melacak kehadiran karyawan akan memberikan data yang kemudian dapat digunakan untuk manajemen cuti dan penggajian. Perangkat lunak juga harus dapat melacak detail lembur sehingga setiap pekerja diberi kompensasi yang sesuai.

Di luar dari fitur dasar tersebut, memilih software workforce management yang fiturnya bisa disesuaikan dengan operasi bisnis Anda juga akan sangat membantu. 

Sebagai contoh, jika suatu bisnis menggunakan agen sales dalam operasi hariannya, software workforce management yang cocok adalah yang dapat memonitor kinerja harian para agen sales tersebut dengan mudah. Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk mengumpulkan hasil lapangan harian para agen sales.

Semakin fleksibel fitur yang ditawarkan oleh software workforce management dengan jenis bisnis Anda, semakin baik.

4. Kemudahan untuk pembuatan laporan

Efektifitas kinerja tenaga kerja perlu dimonitor secara rutin. Oleh karena itu manajemen perlu membuat laporan untuk periode tertentu agar bisa menggambarkan ringkasan kinerja dengan baik. Data yang dikumpulkan oleh software workforce management dapat membantu manajemen untuk mendapatkan laporan tersebut.

Perangkat lunak yang baik adalah yang mampu untuk menghasilkan laporan secara otomatis. Automated report dapat membantu manajemen menghemat banyak waktu dan menghindari kerumitan pembuatan laporan kinerja secara manual. 
Pastikan laporan yang dihasilkan oleh software workforce management sesuai dengan aspek-aspek yang perlu dimonitor. Beberapa perangkat lunak bahkan menawarkan laporan real-time yang terperinci.

5. Peningkatan efisiensi waktu dan biaya

Jika Anda sudah menggunakan software workforce management, hal yang perlu diperhitungkan berikutnya adalah efisiensi waktu dan biaya operasional. Karena software workforce management mengotomatiskan beberapa proses bisnis Anda, diharapkan waktu karyawan Anda lebih luang untuk difokuskan dalam pengembangan aspek lain.

Jika penggunaan software workforce management ternyata lebih memakan waktu karyawan karena terlalu rumit atau memerlukan usaha lebih untuk dioperasikan, maka Anda perlu mencari perangkat lunak yang lebih efektif.
Software workforce management juga diharapkan untuk mempermudah manajemen memonitor kinerja yang tidak optimal. Pemilihan perangkat lunak yang dapat menghasilkan data dan laporan yang menyeluruh menyangkut tenaga kerja juga dapat menjaga efisiensi biaya operasional.

Salah satu Software workforce management terbaik yang memenuhi kriteria diatas dan saat ini tersedia di pasar adalah Sampingan. Dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Sampingan, perusahaan dapat membuat karyawan terutama yang bekerja di luar ruangan lebih produktif hingga 40% lebih baik. Selain itu dengan harga yang ditawarkan jauh lebih kompetitif dari platform sejenis, membuat Sampingan merupakan pilihan terbaik untuk perusahaan Anda. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi dan diskusikan kebutuhan Software workforce management Anda dengan salah satu representatif kami.

LIKE

0

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
Views
0 Likes

Related Topics:

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Grow your business rapidly anywhere,
anytime nationwide.

Tempo Scan Tower 32nd Floor, Jakarta 12950

+62 21 2550 2555