manfaat sku
Maria Britta

4 Manfaat SKU Penting untuk Pengusaha

Maria Britta
manfaat sku

Subscribe to our
newsletter!

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur lorem.

Stock Keeping Unit atau SKU merupakan sebuah sistem yang sangat dibutuhkan oleh pengusaha agar memudahkannya melakukan inventarisasi produk.

Manfaat SKU tersebut terutama akan sangat dirasakan oleh mereka yang bergerak di bidang bisnis ritel atau eceran. Dengan banyaknya jenis dan jumlah produk pada toko tentu akan membuat pemilik toko menjadi kerepotan saat harus mencarinya.

Nah, dengan menggunakan SKU maka pemilik toko ataupun pengusaha akan lebih mudah dalam melakukan pendataan atas penjualan barang harian maupun bulanan.

Selain itu SKU juga sangat bermanfaat ketika Anda harus mencari barang di gudang penyimpanan. Tanpa SKU kemungkinan besar hanya untuk mencari satu jenis barang saja Anda harus membongkar seluruh isi gudang.

sampingan manpower


Pengertian Stock Keeping Unit atau SKU

Jadi apa sebenarnya SKU itu? SKU adalah sebuah sistem berupa kode tertentu yang diberikan atau dilabelkan pada masing-masing jenis produk.

Biasanya SKU diberikan dengan menggunakan kode gabungan huruf dan angka yang menjadi identitas dari produk tersebut.

Contoh kode SKU:

  • Produk: sepatu anak perempuan merk BAGUS warna silver ukuran 8 maka SKU yang diberikan BGS-ANP-SL-08. 
  • Keterangan kode:
  • BGS: merek yaitu BAGUS
  • ANP: Anak perempuan
  • SL: kode warna yaitu silver
  • 08: ukuran yaitu 8


Anda tinggal menyesuaikan saja warna dan ukurannya untuk jenis produk yang sama saat membuat SKU.

SKU memang boleh dibuat bebas oleh pemilik toko atau pengguna agar lebih mudah untuk mengenali produk. Buatlah kode SKU dalam jumlah antara 8 hingga 12 digit agar tidak terlalu panjang.

Gunakan kode yang mudah dipahami sehingga Anda sudah bisa tahu apa isinya saat membaca kode SKU yang ada pada kemasan walaupun hanya melihatnya sekilas saja.


Baca juga: Apa Itu Inventory Control: Fungsi, Metode, dan Manfaatnya Untuk Bisnis


Manfaat SKU untuk Pengusaha atau Bisnis

Lalu apa sajakah sebenarnya manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan SKU tersebut? Inilah beberapa manfaat penggunaan SKU bagi para pengusaha terutama bisnis ritel.


1. Memudahkan Identifikasi Produk

SKU memudahkan Anda mengenali apa produk tersebut hanya dengan melihat kodenya saja tanpa harus membukanya satu per satu.

Bayangkan saja bagaimana repotnya Anda dan pegawai toko jika harus mencari sebuah produk di gudang dengan membuka semua barang satu per satu. 

Yang jelas pembeli akan merasa kesal karena menunggu lama dan mereka malas datang lagi ke toko Anda. 

Itulah salah satu alasannya mengapa Anda harus menggunakan SKU agar lebih mudah mengidentifikasi barang yang tersimpan di dalam gudang.

Melalui kode SKU yang dicantumkan dalam rak penyimpanan ataupun kemasan produk maka Anda cukup melihatnya sekilas saja sudah tahu barang apa yang ada didalamnya.

Pembeli Anda tidak perlu menunggu lama hanya untuk menanti Anda mencari barang yang akan dibelinya di gudang.


2. Menjaga Ketersediaan Stok Barang

Manfaat dari SKU antara lain yaitu memudahkan Anda saat melakukan inventori barang yang masih tersimpan di dalam gudang.

Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengetahui jenis barang apa yang sudah habis sehingga harus melakukan restock atau memesan lagi pada supplier. 

Tanpa SKU tentunya Anda akan kesulitan mengetahui jenis barang apa yang sudah hampir habis sehingga terlambat untuk memesan kembali kepada supplier.

Akibatnya saat banyak konsumen yang ingin membeli produk tersebut Anda sudah kehabisan. Dalam sebuah bisnis kondisi seperti ini sangat merugikan Anda.


Baca juga: Cara Memastikan Persediaan di Gudang Selalu Aman


3. Membantu Melacak Penyimpanan Barang

Jika usaha atau toko Anda masih kecil dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak mungkin memang belum membutuhkan gudang penyimpanan.

Namun bagaimana kalau usaha Anda tersebut sudah sangat berkembang dan harus menyediakan gudang untuk menyimpan barang?

Jika seperti itu kondisinya artinya Anda sudah harus menggunakan SKU untuk memudahkan urusan bisnis Anda tersebut.

SKU sangat membantu Anda agar lebih mudah mencari barang yang disimpan di gudang. Gudang penyimpanan barang di toko Anda tentunya tidak hanya menyimpan beberapa jenis produk saja melainkan banyak jenis dan jumlahnya. 

SKU memudahkan Anda melacak di mana tempat penyimpanan suatu jenis barang di dalam gudang tersebut. Anda tinggal memberikan kode SKU pada masing-masing rak penyimpanan sesuai dengan jenis produknya. Setelah itu Anda tinggal membaca kode atau label yang ada pada kemasan produk tersebut. Mudah bukan?


4. Membantu Identifikasi Keuntungan Sebuah Produk

Sebagai seorang pengusaha tentunya Anda ingin mendapatkan keuntungan bukan? Namun tentunya diantara jenis produk yang Anda jual tidak semuanya laris dibeli konsumen.

Nah, bagaimana cara Anda mengetahui jenis produk apa saja yang laris dan mana yang tidak sehingga bisa melihat keuntungan dari bisnis Anda tersebut?

Jawabannya adalah dengan SKU.

Seperti dikatakan sebelumnya SKU memudahkan Anda melakukan inventarisasi barang sehingga otomatis akan membantu Anda juga mengetahui jenis produk mana yang cepat laku. Kalau barang cepat laku artinya keuntungan Anda cukup besar.


Baca juga: Bagaimana Teknologi Dapat Membantu Kinerja Pergudangan?


Kembangkan Bisnis Bersama Sampingan

Itulah penjelasan tentang beberapa manfaat SKU bagi Anda pelaku usaha dan bisnis ritel. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk pengembangan bisnis Anda bisa menghubungi sampingan.co.id yang menawarkan beragam riset serta perencanaan strategi merek atau brand.

Sampingan.co.id menawarkan layanan pengembangan bisnis seperti evaluasi periklanan, survei produk, pengelolaan panel online dan sebagainya. Solusi bisnis terbaik dan penawaran pekerja half time maupun full time bisa Anda dapatkan di sampingan.co.id.

Hubungi Tim Sampingan sekarang!

LIKE

[wp_ulike]

SHARE

Share on linkedin
Share on facebook
[Sassy_Social_Share]
Views
Likes

Tags:

You may also like

Ready to enhance your staffing?

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.

Your customers are waiting,
it’s time to meet their demand.