Training Material

Tips lengkap daftar kerja secara

Apakah proses pendaftaran kerja secara online terlihat rumit? Ragu harus mulai dari mana? Bagaimana sih cara menulis pengalaman kerja dan email lamaran yang ideal?
Berikut adalah panduan lengkap daftar kerja secara online, mulai dari pencarian lowongan, penulisan pengalaman bekerja, penyusunan email cover letter lamaran pekerjaan, sampai proses lamaran pekerjaan secara online.

Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Setiap proses pendaftaran kerja dimulai dari pencarian lowongan kerja yang cocok dengan calon pekerja. Sekarang kebanyakan perusahaan menggunakan platform online untuk mengumumkan lowongan kerja yang tersedia, sehingga calon pekerja dapat dengan mudah mencari dengan menggunakan gadget mereka. Namun tidak semua lowongan kerja cocok untuk setiap calon pekerja. Proses seleksi lowongan kerja perlu dilakukan untuk memudahkan calon pekerja dalam menemukan pekerjaan yang sesuai untuk mereka. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pencarian lowongan kerja.

Tips melamar kerja secara online

  • Sesuaikan dengan bidang yang dikuasai


Pengalaman kerjamu merupakan nilai jualmu, oleh karena itu mencari pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai dapat menjadi nilai tambah dan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan tersebut.

Namun, jika kamu tidak memiliki pengalaman di bidang yang kamu minati, jangan berkecil hati, karena memiliki pengetahuan yang cukup di bidang tersebut juga dapat menjadi nilai jual yang dapat digunakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menunjukan pengetahuanmu di bidang tersebut pada aplikasi atau surat lamaranmu, agar perusahaan bisa melihat minat dan kemampuanmu.

 

  • Sesuaikan dengan pendidikan terakhir

 

  • Kirimkan surat lamaran melalui email atau situs langsung

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mencari lowongan kerja

  • Perhatikan info perusahaan


Pelajari terlebih dahulu perusahaan yang akan kamu lamar, termasuk bidang perusahaan tersebut, besar perusahaannya, alamat, dan latar belakang perusahaannya. Ketika kamu melamar pekerjaan, jangan sampai kamu salah menyebutkan nama perusahaan, karena hal itu dapat memperlihatkan tingkat keseriusanmu saat melamar ke pekerjaan tersebut.

 

  • Perhatikan pengalaman dan kemampuan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut


    Kesalahan yang banyak terjadi yaitu ketika calon pekerja melamar pekerjaan yang tidak sesuai pengalaman maupun latar belakang pendidikannya. Hal ini menjadikan aplikasi otomatis ditolak oleh perusahaan.

 

  • Cari kontak yang dapat dihubungi dari perusahaan tersebut

    Dalam melamar pekerjaan secara online, kamu akan perlu mengirimkan email lamaran pekerjaan. Jangan sampai kamu tidak tahu email ini akan ditujukan kepada siapa. Lakukan beberapa riset agar tahu kepada siapa dan divisi apa lamaranmu akan diproses.

     

  • Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun

 

  • Jangan pernah memberikan imbalan dalam bentuk apapun pada HRD maupun yang mengatasnamakan perusahaan

 

  • Bila merasa curiga dengan info lowongan yang didapat, konfirmasi ulang

Cara Menulis Pengalaman Bekerja

Setelah calon pekerja menemukan lowongan kerja yang sesuai, langkah berikutnya adalah menuliskan pengalaman bekerja. Hal ini penting agar perekrut dari perusahaan penyedia lowongan kerja mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pengalaman calon pekerja dan bisa memutuskan apakah calon pekerja cocok untuk lowongan kerja tersebut. Penulisan pengalaman bekerja yang baik dapat membedakan kamu dengan pendaftar kerja lainnya.

Berikut adalah cara penulisan pengalaman bekerja sesuai dengan pengalaman yang dibutuhkan dalam pekerjaan.

Struktur

1. Jabatan Pekerjaan: Gunakan istilah jabatan yang dimengerti secara luas dan tidak disingkat untuk menghindari kebingungan.

  • Contoh: Jika kamu memiliki pengalaman bekerja sebagai Field Officer/Petugas Lapangan, jangan menuliskan “FO” dalam pengalaman bekerja karena FO dapat diinterpretasikan macam-macam, tapi gunakan jabatan pekerjaan yang umum, yaitu “Field Officer/Petugas Lapangan”.

 

2. Lokasi: Sertakan kota dan negara tempat kamu bekerja.

3. Nama Perusahaan: Tuliskan nama lengkap perusahaan kamu, dan bukan versi singkat.

4. Jangka waktu kerja: Cantumkan bulan dan tahun kamu mulai dan selesai bekerja di perusahaan tersebut.

5. Pengalaman bekerja: Jelaskan deskripsi pengalaman kerja yang sudah kamu lakukan, dan bagaimana hal itu memberi nilai tambah pada perusahaan yang kamu lamar.

Tips-tips dalam menulis pengalaman bekerja

  • Tunjukkan Inisiatif pekerjaan

Tunjukan poin-poin pencapaian yang menunjukkan bahwa kamu memberikan dampak bagi perusahaan kamu yang lama, baik dalam membantu proses maupun membantu meningkatkan penjualan.

    • Contoh: “Menginisiasi strategi pemasaran Media Sosial yang meningkatkan penjualan produk Kopi Lokal sebesar 30% dalam satu tahun.”

       

  • Gunakan deskripsi yang jelas dan objektif

Jelaskan tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan kamu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan jelas, seperti ‘mengembangkan’, ‘menyusun’, ‘mengatur’, dan ‘mengatasi’.

 

  • Menjelaskan tentang kegiatan yang kamu lakukan, bukan hanya tahun pengalaman saja

 

    • Contoh yang benar: “Memimpin tim penyusunan strategi produk Sayur dan Buah sehingga menghasilkan peningkatan proses produksi sebesar 65% dalam sebulan.”
    • Contoh yang salah: “Empat tahun pengalaman menjual berbagai chip komputer dan komponen perangkat keras, dengan kemampuan terbukti meningkatkan penjualan di wilayah saya.”

       

  • Sebutkan keterampilan yang digunakan, tindakan yang diambil, dan hasilnya
    • Contoh: “Menghasilkan Rp 30.000.000  penjualan selama 1 bulan melalui 200 customers dalam seminggu.”

       

  • Mengukur prestasi kamu

Tunjukan prestasi dan tanggung jawabmu menggunakan angka, jumlah, nilai, persentase, atau sesuatu yang dapat diukur.

    • Contoh: “Memberikan pelayanan pelanggan terbaik dengan menangani 90 pelanggan dalam sehari, yaitu naik 25% tiap bulannya.”

Menulis Cover Letter Email Lamaran Pekerjaan

Cover Letter merupakan Surat Lamaran dimana ini merupakan surat pengantar ketika kamu melamar suatu pekerjaan. Jika kamu melamar pekerjaan via online, kamu perlu mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email, dengan menuliskan Cover Letter melalui email. Cover Letter berupa deskripsi singkat tentang diri kamu dan menunjukkan posisi apa yang akan dilamar.

Struktur Cover Letter Email Lamaran Pekerjaan

  • Alamat email perusahaan
  • Subjek email
  • Lamaran kerja di body email
    • Maksud
    • Posisi
    • Sumber
    • Alasan
    • Kontak
    • Email Subject 
    • Body of Email 
    • Relevant Experience
  • Lampiran persyaratan

Hal yang harus diperhatikan dalam mengirimkan lamaran kerja melalui email

1. Gunakan nama asli untuk email

Contoh Benar: adit.gunawan@gmail.com

Contoh Salah: adit.doraemon@gmail.com


2. Persiapkan seluruh dokumen persyaratan yang diminta

3. Lampirkan seluruh dokumen persyaratan dalam format .pdf

Melamar Pekerjaan Lewat Sampingan

Aplikasi Sampingan merupakan platform yang memudahkan Kawan Sampingan untuk mencari dan mendaftar ke berbagai jenis pekerjaan dengan sangat mudah. Banyak Jenis pekerjaan yang dapat kamu daftar di Aplikasi Sampingan:

  • Pengumpulan Data

Kamu bisa langsung daftar pekerjaan jenis Pengumpulan Data pada halaman Pengumpulan Data

 

  • Kerja Harian

Untuk Kerja Harian jenis pekerjaan yang kamu bisa daftar sangat beragam:

Read More

Pekerja
Lapangan

Read More

Staff Event (Kru Acara)

Read More

Pekerja
In-Site/kantoran

Read More

Pekerja
Logistik

Read More

Pekerja FnB (Industri Kuliner)

Alur Melamar Pekerjaan Harian Pada Sampingan

1

Register dan verifikasi akun Sampingan

2

Mendaftar talent pool

3

Seleksi talent pool

4

Lolos talent pool

5

Seleksi pekerjaan

6

Lolos pekerjaan dan memulai pekerjaan

7

Mendaftar pekerjaan

Talent Pool Sampingan

Talent Pool merupakan pengelompokan Agent Sampingan berdasarkan keahlian jenis pekerjaan. Untuk mendaftar Talent Pool, sesuaikan dengan keahlian yang kamu punya dan minat jenis pekerjaanmu.

Kamu dapat klik ini untuk
mendaftar talent pool

Kamu bisa memilih talent pool sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan serta pengalamanmu.

Terdapat beberapa pertanyaan yang perlu kamu lengkapi. Jangan lupa pada pertanyaan ini kamu mengisi sesuai tips-tips di atas.

Dengan lolos talent pool, kamu bisa mendaftar pada jenis pekerjaan yang sesuai dengan jenis pekerjaan talent pool tersebut. Namun, jika kamu ingin mendaftar pekerjaan Admin, kamu perlu kembali mendaftar dan melakukan seleksi Talent Pool Admin.

Demikian panduan lengkap daftar kerja secara online. Proses pendaftaran kerja perlu dijalani dengan teliti dan cermat agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan.

Aplikasi Sampingan memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan kamu untuk mencari berbagai lowongan kerja dan mendaftar langsung ke lowongan yang kamu inginkan.

Ikuti langkah-langkah dan tips di atas agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Jangan lupa untuk tetap semangat dalam menjalankan proses pencarian dan pendaftaran kerja.

 

Selamat mencoba mendaftar pekerjaan!